Home / Events / Community / Inspiratif! TOP Community CSR Serempak di 20 Kota

Inspiratif! TOP Community CSR Serempak di 20 Kota

Solo – Perusahaan e-commerce terbesar di Indonesia Tokopedia menggandeng komunitas seller-nya untuk menggelar aksi sosial serempak di 20 kota dalam rangka memperingati Hari Komunitas Nasional 2016 yang jatuh pada Rabu (28/9/2016).

“Kami percaya Top Community (komunitas seller Tokopedia, ed.) mampu membawa semangat Ciptakan Peluangmu ke lebih banyak masyarakat demi Indonesia yang lebih baik,” terang Head of Community Development Tokopedia Neneng Putri Sari Ramadhan (Puput).

Praktiknya, Top Community yang tersebar di sebagian besar kota tujuan CSR Tokopedia—atau yang biasa dikenal dengan Tokopedia Beraksi—turun mengajar kewirausahaan di berbagai institusi pendidikan.

Institusi pendidikan yang dituju komunitas seller Tokopedia antara lain SMKN 56 dan Yayasan Rama-rama milik Andy F. Noya di Jakarta, SMK PGRI 2 Denpasar, SMKN 3 Bogor, SMK Kharismawita 3 Depok, SMK Kristen Kanaan Tangerang, SMK Ananda Bekasi, SMK Daarut Tauhid Bandung, SMK Wahidin Cirebon, SMKN 3 Yogyakarta, SMK Swadaya Klaten, SMK Batik 1 Solo, SMKN 04 Semarang, SMK YP Blitar, SMK 1 Pujon Malang, SMK GIKI 1 Surabaya, UPT SMKN 1 Pasuruan, SMK 1 Jember, SMK Al-Washliyah Pasar Senen 1 Medan dan SMK 3 Banjarmasin.

Berbeda dengan di kota lain, seller Tokopedia di Garut, fokus membantu korban banjir bandang bersama Jelajah Garut. “Kami membantu menyalurkan sejumlah barang kepada para korban banjir bandang berupa seragam sekolah, perlengkapan mandi, floor wiper dan item lain yang memang sangat dibutuhkan di sini,” ungkap salah satu seller Tokopedia Fadiel Muhammad.

CSR yang dilakukan secara serempak di 20 kota itu diketahui melibatkan lebih dari 2.000 partisipan. Tokopedia melalui Puput berharap aksi sosial yang dilakukan bersamaan dengan Hari Komunitas Nasional 2016 ini membawa dampak bukan hanya bagi komunitas seller, namun juga untuk masyarakat luas. “Seperti tongkat estafet. Tokopedia memberdayakan Top Community, Top Community memberdayakan masyarakat di sekitar mereka,” tutup Puput.

Berikut ini videonya kegiatan dari teman-teman TOP Community di Solo,

 

 

About Maya Nirmala Sari

Citizen Journalist. Gemar belajar dan mencoba hal baru. Mencintai bumi dan buah-buahan. Founder Komunitas Kuliner Solo (KuLo). Owner Galeri Craft @Maenequeen

Check Also

Film Filosofi Kopi 2 Mengangkat Citra Kopi Nusantara

“Setiap yang punya rasa, pasti punya nyawa,” itulah salah satu kutipan favorit Nirmala saat menghadiri …

6 comments

  1. aksi sosial tokopedia perlu di contoh perusahaan-perusahaan berkembang lainnya… salut (y)

  2. Salut buat perusahaan satu ini. Banyak sekali membantu perekonomian masyarakat yg awalnya coba2 akirnya benar2 jd pengusaha 🙂

  3. Termasuk beberapa orang di sekitar kami 🙂

  4. Kegiatannya sangat bermanfaat. Jempol dah ^^

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *