Home / Tamasya / Kalimantan / Wisata ke Taman Laut Terbaik ke-3 di Dunia? Ayo ke Derawan!

Wisata ke Taman Laut Terbaik ke-3 di Dunia? Ayo ke Derawan!

Menyelam bersama penyu di Perairan Derawan via sobatpetualang.com

Kabupaten Berau, kalimantan Timur, memiliki destinasi yang menyandang gelar sebagai salah satu wisata bahari terbaik di dunia. Kepulauan Derawan seperti surga tropis yang sempurna. Hamparan lautnya gradasi warna hijau biru dengan pasir putih yang sangat mempesona. Suasana bawah laut Derawan diincar wisatawan dari seluruh dunia. Bahkan, di Pulau Kakaban, salau satu pulau di Kepulauan Derawan, memiliki danau air asin yang hanya ada dua di dunia. Wow!

Kepulauan Derawan di Kalimantan Timur

Kepulauan Derawan terletak di sebelah timur Pulau Kalimantan, Indonesia. Ada sekitar 31 pulau di wilayah ini. Beberapa pulau sudah cukup terkenal di kawasan Taman laut Derawan yaitu Pulau Derawan, Pulau Kakaban, Pulau Maratua, Pulau Sangalaki, Pulau Panjang, dan Pulau Semama. Penamaan pulau-pulau ini pun ada cerita tersendiri dari legenda lokal di Kabupaten Berau.

Senja di Derawan via disbudpar.beraukab.go.id

Perairan Derawan masih sangat alami. Air lautnya jernih dengan beraneka macam biota laut yang hidup dengan bebas. Ada penyu, ubur-ubur, terumbu karang, dan beraneka ragam jenis ikan yang cantik. Keindahan bawah laut Derawan ini menjadikannya sebagai salah satu tempat menyelam terbaik ketiga di dunia.

Fasilitas di Pulau Derawan terbilang lengkap. Tersedia dive resort, resort berstandar internasional dengan fasilitas sangat memadai. Ada cottage untuk menginap, rental alat selam, snorkling, banana boat, kano, dan perahu layar. Pilihan menu makanan pun sangat beragam. Tersedia berbagai restaurant dan cafe di Pulau Derawan.
Jika ingin penginapan yang lebih terjangkau, wisatawan dapat menyewa rumah penduduk dan menikmati ramahnya kearifan lokal. Suku Bajau sebagai suku asli di Berau menjadi daya tarik tersendiri. Menikmati panorama pantai dan taman bawah laut Derawan semakin lengkap dengan berinteraksi langsung dengan penduduk lokal.

Simak juga pesona Kepulauan Derawan dalam video berikut ini,

 

About Maya Nirmala Sari

Citizen Journalist. Gemar belajar dan mencoba hal baru. Mencintai bumi dan buah-buahan. Founder Komunitas Kuliner Solo (KuLo). Owner Galeri Craft @Maenequeen

Check Also

Pesona Pantai Pink di Lombok

Lombok selalu saja punya tempat-tempat mempesona. Pantai Tangsi adalah salah satu surga tersembunyi di Lombok …

8 comments

  1. Indah ya, pengen rasanya mengeksplore wisata bahari sampai ke Derawan.

  2. Mba . Cantiknya pulau itu..hmm kapan saya bisa kesana..

  3. Iya, bangga ya tinggal di Indonesia

  4. tinggal ke sana aja kak.. cuzz

  5. Keren bgt ya Derawan. Bbrp hr lalu sy krm paket ke Berau tuh. Salam kenal ya mbak. Kita sdh berteman di IG. Saya ada di http://www.nurulsufitri.com tks 😊

  6. Halo Kak Nurul.. sementara baru paketnya aja ya yang ke Berau hehe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.