Home / Kuliner / Review Tempat Makan / Hotel & Restaurant / Inilah Rahasia Membuat Cokelat yang Lezat Ala Chef Rudy

Inilah Rahasia Membuat Cokelat yang Lezat Ala Chef Rudy


Solo – www.nirmalamedia.com – Siapa yang tidak suka cokelat? Makanan berbahan dasar biji kakao ini memiliki banyak penggemar di seluruh dunia. Apalagi pada bulan Februari ini, pamor cokelat semakin melejit sebagai kado spesial di hari kasih sayang. Sahabat Nirmala tertarik untuk mencoba membuatnya sendiri?


Sebelum mencoba membuat sendiri, ada baiknya Sahabat Nirmala mengetahui jenis-jenis olahan cokelat. Karena proses pengolahannya akan berbeda-beda.

Cokelat Praline

Cokelat praline merupakan olahan cokelat yang biasa kita temukan dalam toples. Bentuknya unik-unik dengan berbagai kreasi warna. Cokelat praline cenderung keras agar lebih awet disimpan. Biasanya cokelat praline tidak memerlukan banyak bahan tambahan lain. Cukup cokelat blok yang dicairkan saja. Tapi ada tips khusus agar adonan cokelat tidak menggumpal. Suhu saat proses pencairan pun harus sangat diperhatikan.

Cokelat Truffle

Sahabat Nirmala pernah mencicipi kue coklat yang di dalamnya ada biskuit atau corn flakes? Nah, itu namanya cokelat truffle. Rasanya renyah gurih biskuit bercampur manisnya cokelat. Membuat cokelat truffle bersama si kecil seru juga loo… Ananda jadi bisa lebih kreatif dan melatih saraf motoriknya.

Cokelat Ganache

Cokelat ganache teksturnya lembut. Biasanya digunakan sebagai toping cake atau brownies dengan tambahan lain seperti butter dan susu. Rasa cream lebih dominan pada cokelat ganache ini. Tapi sekali coba, uhh bakalan ketagihan! Dijamin banyak orang yang menjilat jari-jemari saat menikmati cokelat ganache ini.

Cokelat Stick

Seperti cokelat praline, cokelat stick atau lolipop ini merupakan olahan cokelat yang dibentuk sesuai keinginan menggunakan stick. Anak-anak sangat menyukainya karena bisa dibuat karakter tokoh kartun seperti Mickey Mouse, Sponge Bob, Doraemon, dll.

White & Love Chocolate By. Chef  Rudy Cahyono, Hotel Alila Solo (foto : Maya Nirmala Sari)


Mengolah cokelat bisa dibilang susah-susah gampang. Pastikan semua peralatan yang digunakan bersih dan kering. Cokelat sangat sensitif dengan material lain yang tercampur. Wah, bisa-bisa cokelatnya rusak duluan sebelum kita olah, huhuhu.

Belum lama ini Nirmala berkesempatan melihat proses pembuatan cokelat langsung dari Chef Rudy Cahyono, Chef Pastry di Hotel Alila Solo. Olahan cokelat ini diberi nama “White and Love Chocolate” yang bisa dipesan di Epice Restaurant. Uwaahh, dari nama dan penampakannya saja sudah bikin ngiler ya?

Berikut ini resep dan sedikit rahasia membuat cokelat yang lezat dari Chef Rudy Cahyono. Eh, kok cuma sedikit? Iya dong. Karena rahasia sebenarnya dari cokelat yang lezat adalah yang dibuat dari hati penuh cinta. Oke.

Chef Rudy Cahyono

1. Resep Cokelat White & Love

·         White Chocolate Mousse

 
100      gram    eggs
250      gram    white chocolate
5          gram    gelatin powder (soak the gelatin in cold water)
750      gram    whipped cream
 
Methods:
Whisk eggs until double volume, add white chocolate melted keep the mixture warm
After that add melted gelatin mix properly
And last whipped cream
 

·         Tropical curd

50        gram    mango puree
50        gram    passion fruits puree
5          gram    sugar
50        gram    eggs
10        gram    corn flour
8          gram    unsalted butter
 
Methods:
Mix together all ingredients except butter, and then boil blended after that add butter.
Mix properly till homogenies
Pipe in the half dome and keep in the freezer.
 

·         Coconut dacquase

100      gram    desiccated coconut
100      gram    icing sugar
20        gram    cake flour
150      gram    eggs white
25        gram    sugar
5          gram    salt
 
Methods:
Mix coconut, icing sugar and cake flour.
Beat eggs white and sugar (meringue) add salt
Mix dry ingredients to meringue and spread to baking tray and bake at 180°C about 15 minutes.
 

·       Dark Chocolate truffle

100      gram    Dark chocolate 60%
120      gram    Fresh Cream
10        gram    Honey tamarind
10        gram    Unsalted Butter
 
Methods:
Boil cream and add to dark chocolate stir until corporate add honey and last unsalted butter, blended and pipe to small dome silpat and keep overnight or keep in the chiller for faster to get hard.

·   White chocolate lime crumble

131      gram    unsalted butter
88        gram    white chocolate
2          ea         Lime zest
61        gram    sugar
66        gram    almond powder
2          gram    Baking Soda
153      gram    flour
 
Methods :
Melt and mix together
Spread in the silpat and keep in the fridge to set about 3 hours
Bake at 160°C.
Leave to cool and turn into crumble.


 

2. Bagaimana Cara Melumerkan Cokelat 

Cokelat yang dijual di pasaran biasanya berbentuk balok, kelereng, maupun koin padat. Untuk mencetaknya ke berbagai macam bentuk lucu kita perlu melumerkannya terlebih dahulu. Banyak orang salah kaprah dalam melumerkan cokelat. Ada yang mencampurnya dengan air lalu merebusnya. Itu kesalahan besar!

Chef Rudy Cahyono, Pastry Chef Alila Hotel Solo.

Gunakan panci stainless steel yang bersih dan kering untuk wadah cokelat. Panaskan dengan suhu sekitar 40 – 60 derajat celcius saja di kompor elektrik sambil terus diaduk. Cara lainnya adalah dengan men-tim cokelat. Siapkan air panas di baskom besar. Lalu rantang alumunium yang lebih kecil berisi cokelat dapat diletakan di atasnya. Tapi hati-hati jangan sampai cokelat terkena percikan airnya. Adonan cokelat harus selalu diaduk agar tidak menggumpal. Dalam suhu ruangan, cokelat secara perlahan akan kembali mengeras, kita perlu melumerkannya lagi saat akan dibentuk atau dicetak kembali.

3. Cara Membuat Cokelat Spiral

Sahabat Nirmala tau dong cokelat spiral seperti apa? Selain rasanya yang enak, penasaran ga sih bagaimana cara membuatnya? Ternyata cara membuat cokelat spiral tidak sesulit yang kita bayangkan. Cokelat yang sudah dilelehkan “diuleni” di meja marble untuk menurunkan suhunya. Hal ini juga bermanfaat untuk membuat tekstur cokelat lebih solid dan tidak mudah patah. Kemudian oleskan merata adonan cokelat pada permukaan mika panjang dan disisir menggunakan chocho comb. Cokelat yang setengah keras tersebut dapat diletakan di cetakan spiral. Tunggu beberapa menit agar cokelat keras dan siap disajikan.

4. Jangan Takut Membuat Kreasi Cokelat

Kita dapat mempadu-padankan beberapa jenis cokelat untuk mendapatkan rasa sesuai keinginan. Untuk Cokelat White and Love Spesial Alila ini yang menonjol adalah cokelat berbentuk hati dengan warna merah menggugah selera. Cokelat ini terdiri dari 3 lapisan. Lapisan terdalam merupakan saus raspberry yang manis asam segar. Lapisan berikutnya adalah cokelat lembut dan langsung lumer di mulut. Kemudian dilapisi kembali dengan spray merah menyala rasa raspberry.

Dalam penyajiannya, Cokelat White and Love Spesial Alila terdiri dari cokelat hati lembut berwarna merah, cokelat bulat berlapis bubuk kakao, cokelat spiral, saus raspberry, edible flower, dan pelengkap lain berupa coconut dasquase putih yang rasanya gurih seperti remah cookies. Jika dilihat satu persatu sepertinya perpaduan ini begitu out of the box. Namun, saat lidah mulai mencecapnya, cukup pejamkan mata dan rasakan keharmonisan antara rasa yang satu dengan lainnya dalam Cokelat White and Love Spesial Alila ini.

5. Simpan Cokelat pada Suhu yang Sesuai

Cokelat masih layak konsumsi lebih dari satu tahun. Namun jangan salah, penyajian terbaik hanya dalam waktu kurang dari satu bulan saja. Itu pun cokelat harus disimpan pada suhu stabil antara 20 sampai 24 derajat celcius. Lebih dari itu cokelat akan mudah lumer dan bentuknya rusak. Cokelat pun ternyata tidak baik disimpan di dalam lemari es. Apalagi di dalam freezer, cokelat akan membatu dan teksturnya tidak bagus saat diolah. Cokelat yang kemasannya telah dibuka sebaiknya langsung digunakan untuk kualitas terbaik.



Berikut ini adalah video bagaimana serunya Dessert Show at Epice Restaurant – Hotel Alila Solo – with Chef Rudy Cahyono. Simak Ya!




Satu hal lain yang tak kalah pentingnya adalah, cokelat yang lezat itu adalah cokelat yang benar-benar dibuat, bukan cuma direncanakan di alam pikiran saja ya!

Kalau setelah membaca ulasan ini dan menonton videonya, Sahabat Nirmala malah jadi ingin mencicipi cokelat buatan Chef Rudy Cahyono, Cuzz ke alamat Hotel Alila di bawah postingan ini ya.

Love Is In the Air Romantic Dinner @AGRA Rooftop

 

Banyak cinta di bulan Februari yang dari tahun ke tahun diperingati sebagai bulan ungkapan kasih sayang. Kali ini Alila Solo memberikan sajian mewah nan elegan untuk para pasangan yang ingin menghabiskan malam romantis dengan suasana yang berbeda. “Love Is In the Air “ satu konsep yang diusung untuk mewujudkan keindahan malam yang tertuang dalam rangkaian makan malam romantis di Agra Rooftop Alila Solo.
 
Alila menawarkan pengalaman makan malam yang unik di atas ketinggian lantai 29 Agra Rooftop. Pasangan dapat menikmati menu spesial yang disajikan dengan pemandangan kota yang gemerlap. Valentine dinner ini akan menyajikan 5 courses set menu yang special yaitu“ Amouse Bouche , Chiken Consomme , Saered Canadian Scallop , Chan – marked Wagyu Tenderloin , White Chocolate Sphere”. Sensasi menarik yang ditawarkan ada beberapa pilihan mulai dari IDR 1.500K ++ / Couple sudah termasuk special mokcktail / satubotol Sparkling Grape Juice atau dengan IDR 2.000K ++ / couple sudah termasuk dengan white wine. Acara dikemas eksklusif hanya untuk 5 pasangan. 

Tentang Alila, Mengesankan dan Berbeda

Ciri khas dari Alila adalah kombinasi dari desainnya yang inovatif dan mewah. Tempat yang khusus dengan keramahan untuk pengalaman yang ta kterlupakan . Alila berarti “Kejutan” dalam bahasa Sansekerta, yang sangat sesuai dengan propertinya dan reaksi tamu pada saat tingal di sana. Dalam mendukung program pemerintah mengenai ramah lingkungan, hotel Alila mengacu pada standar earth check, serta mengintegrasikan unsur-unsur alam, fisik dan lingkungan budaya. 




    Alila Hotels Solo

Jl. Slamet Riyadi No.562, Jajar, Laweyan, 
Kota Surakarta, Jawa Tengah 57144  Telp. 0271- 6770888
https://www.alilahotels.com/solo








Baca juga :
 
Konsep Modern atau Tradisional? Indoor or Outdoor? Semua Ada di BaReLo Solo!

About Maya Nirmala Sari

Citizen Journalist. Gemar belajar dan mencoba hal baru. Mencintai bumi dan buah-buahan. Founder Komunitas Kuliner Solo (KuLo). Owner Galeri Craft @Maenequeen

Check Also

Penasaran dengan Ayam Geprek Blenger Mozarella di Ayam Keprabon?

Solo – www.nirmalamedia.com – Namanya lidah orang Indonesia ya, kebanyakan suka sama masakan dengan citarasa …

11 comments

  1. Ya ampuunn… Sumpah, bikin mupeng coklatnyaaa itu, Mbak Mae 😍😍😍 jadi makin paham macam2 coklat deh hihihi

  2. Cokelatnya enak banget lumer dimulut.

  3. Saya juga suka coklat, jadi ngiler.

  4. haduuuuhh siang2 liat coklat gini ikutan meleleh akuh 🙁

  5. Salah buka postingan.. ������
    Bikin mupeeeeng huhuhu

  6. Aku suka coklaat.
    Sayang gak bisa ikutan nyicipin.

  7. Aku suka coklaat.
    Sayang gak bisa ikutan nyicipin.

  8. Bisa bikin sendiri di rumah mak…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *