Home / Wisata / Wisata Sejarah dan Budaya / Desa Wisata / Sensasi Beraktivitas di Hamparan Pasir Putih

Sensasi Beraktivitas di Hamparan Pasir Putih

Sumenep – www.nirmalamedia.com – Ada yang unik di Desa Legung Timur, Sumenep, Jawa timur. Sebagian aktivitas warga dilakukan di atas hamparan pasir putih. Warga biasa bercengkrama dengan keluarga, bermain, dan bersantai sambil duduk-duduk di atas pasir putih. Desa yang dikenal dengan julukan “Kampung Pasir” ini telah menjadi andalan wisata budaya di Madura. Jangan heran bila kita akan menjumpai hamparan pasir putih yang halus, bersih, dan lembut di setiap sudut rumah warga. Mulai dari halaman rumah, sampai ke dalam kamar-kamarnya. Wah, Sahabat Nirmala penasaran ga sih ingin coba gelundungan di atas pasir?


Desa ini juga terkenal dengan sebutan “Kampung Kasur Pasir”. Disebut demikian karena mayoritas warganya tidur diatas pasir. Tradisi tidur ditas pasir sudah menjadi kebiasaan sejak nenek moyang di daerah pesisir Madura ini. Sensasi rasanya yang dingin membuat warga gemar memilih tidur di atas pasir daripada kasur. Mereka percaya bahwa tidur dan bersantai di atas pasir baik untuk kesehatan dan dapat menghilangkan rasa lelah.

kasur pasir (foto : http://bocahpetualang.com)

Sahabat Nirmala ingin mencoba sendiri di rumah? Eits, pasir yang digunakan warga di kampung Pasir ini bukan pasir sembarangan loo. Pasir putih ini khusus diambil dari pinggir pantai. Sebelum digunakan, pasir tersebut disaring terlebih dahulu. Tujuan penyaringan ini untuk memisahkan kotoran dan batu kerikil yang dapat membahayakan jika tergores kulit.

Selain memiliki tradisi yang unik, warga di Kampung Pasir ini juga sangat ramah terhadap wisatawan. Kita bakalan betah berlama-lama menginap di kampung ini. Wisatawan dapat membaur dengan warga dalam beraktivitas agar leluasa belajar kearifan budaya lokal. Tapi jangan lupa untuk tetap berperilaku santun dan saling menghormati.

Jangan lupa untuk menonton video liputan CJ Deni Agustian tentang kampung Pasir berikut ini yaa…

 Baca Juga : 

 

About Maya Nirmala Sari

Citizen Journalist. Gemar belajar dan mencoba hal baru. Mencintai bumi dan buah-buahan. Founder Komunitas Kuliner Solo (KuLo). Owner Galeri Craft @Maenequeen

Check Also

Candi Plaosan yang Penuh Aura Cinta di Klaten

Tidak jauh dari Candi Prambanan yang ramai wisatawan, kita dapat menemukan sepasang candi kembar yang …

11 comments

  1. Unik skali ya kampungnya hehe. Dulu pernah nonton tv ada kampung yg wrganya melarang pakai kasur gitu. Lupa juga kampung apa hihi.nice post, salam kenal 😊

  2. Unik skali ya kampungnya hehe. Dulu pernah nonton tv ada kampung yg wrganya melarang pakai kasur gitu. Lupa juga kampung apa hihi.nice post, salam kenal 😊

  3. Jadi kapan kita bobok cantik di sana? Hehe…
    Halo, salam kenal juga 🙂

  4. Mbak, itu tidur langsung diatas hamparan pasirnya gitu atau dialasi kain lagi?

  5. Langsung di atas pasirnya… pasirnya lembuuttt

  6. Apa rasanya ya tidur di atas pasir begitu? Apa nggak nempel nempel di baju, pasirnya?

    Unik banget deh desa di Sumenep ini.

    Kalo traveling ke sini, bisa ngerasain tidur di atas pasir kayak warga di sana juga nggak ya?

  7. Sepertinya menarik untuk dicoba nih!

  8. Ayolah cobain! Iya dong bisa menyatu dengan warga lokal 🙂

  9. keren eh…kalau malem gak bakal kepanasan tuh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *