Home / Wisata / City Tour / Wisata ke Kuala Lumpur Malaysia, Yuk!

Wisata ke Kuala Lumpur Malaysia, Yuk!

Mengunjungi Kuala Lumpur menjadi salah satu liburan yang biasa dipilih untuk sekedar mencicipi luar negeri dengan budget yang sangat murah. Lokasinya yang masih tetangga dengan Indonesia membuat bahasa dan budayanya tidak jauh beda, sehingga untuk para pemula akan lebih mudah beradaptasi dan menemukan informasi.

Sebagai kota yang maju di Malaysia, Kuala Lumpur menawarkan akses transportasi yang nyaman untuk mengunjungi destinasi wisata populernya. Akses transportasi pun sangat mudah. Bagi yang baru pertama kali ke Kuala Lumpur, yuk simak perjalanan saya ke Kuala Lumpur berikut ini!

Petronas twin tower, wisata ke kuala lumpur Malaysia (Foto : extracapsa.wordpress.com)

Proses Keberangkatan

Proses keberangkatan mengunjungi Kuala Lumpur sangatlah mudah. Hanya perlu paspor yang masih berlaku minimal 6 bulan mendatang serta tiket pesawat PP beserta persiapan barang-barang pribadi seperlunya. Untuk berkunjung ke Malaysia, tidak memerlukan visa sehingga tidak akan memakan banyak waktu untuk bersiap-siap.

Mengapa harus mempunyai tiket pesawat PP? Karena biasanya akan ditanyakan ketika memasuki proses imigrasi keberangkatan dan di imigrasi Malaysia. Catatan lain adalah jika pulang melalui Singapore atau menggunakan metode transportasi lainnya selain pesawat, harus membuktikan tiket, baik tiket bus maupun tiket kapal. Jika tiket belum ada, bisa menunjukkan dengan bukti booking.

Agar lolos imigrasi ketika berangkat dan setibanya di Malaysia, pastikan dokumen perjalanan lengkap, termasuk penginapan dan itinerary. Karena biasanya antrian imigrasi di Malaysia sangat panjang, bisa dengan cepat berjalan menuju antrian atau memilih untuk mengisi air minum gratis dan ke kamar kecil sambil menunggu antrian berkurang.

 

Transportasi di Kuala Lumpur

Transportasi di Kuala Lumpur bagi turis baik lokal maupun mancanegara sangat mudah dan mempunyai beberapa pilihan. Dari Bandara Internasional Kuala Lumpur (KLIA), wisatawan dapat memilih untuk menuju KL Central, yaitu pusat transportasi MRT untuk akses ke tempat-tempat wisata khusus di Kuala Lumpur.

Dari bandara menuju KL Central bisa ditempuh dengan bus yang ada di bandara. Jika dari terminal KLIA 1 menuju KL Central akan dikenakan biaya 10 RM (Ringgit Malaysia). Sedangkan dari KLIA 2 yang merupakan terminal untuk maskapai low cost akan dikenakan biaya 12 RM. Dengan membayar tiket, langsung bisa menuju bus. Bus akan berangkat setiap 30 menit sekali, tanpa menunggu penumpang. Sebagai informasi tambahan ketika mengunjungi Kuala Lumpur, bus paling pagi adalah pukul 5 dan paling akhir adalah pukul 11 malam. Untuk menuju KL Central dengan bus, setidaknya memakan waktu satu jam.

Ketika sampai di KL Central, bisa langsung menuju ke pusat informasi.Menurut pengamatan saya, KL Central merupakan pusat stasiun yang mewah. Informasi mengenai jadwal kereta dan jalur kereta bisa dengan mudah didapatkan.Untuk bisa menaiki kereta, harus membeli koin yang diproses dengan mesin. Semua sistem transportasi disini diatur menggunakan mesin, tidak ada petugas di bagian informasi dan mesin koin ini.Namun petugas banyak ditemukan berjalan-jalan diseberang area jika ingin bertanya. KL Central sangatlah luas, perlu memperhatikan papan informasi agar tidak tersesat.

 

KL Central di Malaysia

Mengunjungi tempat wisata melalui KL Central sangatlah mudah. Saya sempat mengunjungi KLCC atau Petronas Twin Towers hanya dengan melewati 4 stasiun saja (stasiun kelima adalah stasiun pemberhentian). Untuk mengunjungi Petronas Twin Towers, dari KL Central menggunakan Rapid KL LRT Train yang bernama Kelana Jaya Line dan berhenti di Stasiun Gombak. Dari stasiun ini, hanya perlu berjalan beberapa menit untuk bisa menyaksikan keindahan gedung kembar tersebut. Penulis menyarankan untuk mengunjunginya pada malam hari karena akan terlihat sangat indah. Jika pada siang hari, pastikan mencoba naik sehingga bisa melihat Kuala Lumpur dari atas.

Batu Caves di Selangor, Malaysia (Foto : anekatop10.com)

 

Informasi penting lainnya adalah setiap stasiun yang dimulai dari KL Central menawarkan objek wisata yang harus dikunjungi.Sebagai contoh jika turun di Masjid Jamek Stasiun, bisa mengunjungi Masjid Jamek. Stasiun lainnya bisa langsung mengantar ke objek wisata Kuala Lumpur terkenal seperti Batu Caves, Genting Highlands dan Chinatown.

Wisata Kuliner di Kuala Lumpur Malaysia

Mengunjungi Kuala Lumpur juga tidak lengkap rasanya tanpa mencicipi kuliner khasnya.Salah satu yang menjadi kuliner favorit dan terkenal adalah nasi lemak. Nasi ini menyerupai nasi uduk, namun dengan tampilan yang berbeda.Harganya cukup terjangkau, bisa dibeli warung maupun di mini market modern.Jika membeli di mini market, maka perlu dipanaskan melalui microwave selama 5-7 menit. Beruntungnya, mini market di Kuala Lumpur telah menyediakan microwave. Menu lainnya untuk dicoba adalah nasi kandar, laksa, nasi daun pisang dan nasi goreng khas Malaysia.

Nasi Lemak Malaysia (Foto : resephariini.com)

 

Jika ingin kembali ke KL Central dan KLIA, maka bisa menggunakan LRT dari stasiun terdekat, atau menggunakan taksi online yang sudah banyak digunakan oleh warga Malaysia.Taksi online juga banyak digunakan untuk mengunjungi tempat-tempat wisata populer di Kuala Lumpur.Setelah sampai di KL Central, untuk mengunjungi KLIA bisa menggunakan KL Express atau bus.Bus ini berada di ujung stasiun utama KL Central.Dari pusat informasi, jalan terus hingga ke ujung dan menuruni tangga.Dan, usailah episode mengunjungi Kuala Lumpur dengan akses transportasinya yang mudah.

About Ivana

Check Also

Pesona Pantai Pink di Lombok

Lombok selalu saja punya tempat-tempat mempesona. Pantai Tangsi adalah salah satu surga tersembunyi di Lombok …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.