Home / Info & Tips / Tips Memilih Minyak Goreng yang Berkualitas Baik

Tips Memilih Minyak Goreng yang Berkualitas Baik

Indonesia kaya akan ragam kuliner yang menggugah selera. Salah satu makanan yang menjadi favorit adalah yang cara memasaknya digoreng. Namun, jangan salah pilih minyak goreng ya! Untuk menghasilkan makanan yang tidak sekedar lezat, namun baik untuk kesehatan, kita harus cerdas memilih minyak goreng. Yuk, simak tips memilih minyak goreng yang sehat berikut ini!

Tips memilih minyak goreng yang berkualitas baik (foto : selerasa.com)

Bagaimana Cara memilih Minyak Goreng yang Berkualitas Baik dan Sehat?

Mengetahui tips memilih minyak goreng yang sehat sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan keluarga.  Selain itu, minyak goreng yang sehat dan berkualitas baik dapat menjaga cita rasa makanan dan membuatnya lebih lezat. Tentu Anda tidak ingin masakan teroksidasi karena minyak goreng yang digunakan tidak baik, bukan?

Tidak sulit untuk memilih minyak goreng yang sehat. Anda hanya perlu lebih teliti untuk memperhatikan hal-hal berikut ini :

  1. Perhatikan Warnanya

Minyak goreng dengan warna kuning jernih lebih baik kualitasnya dibandingkan dengan yang berwarna keruh. Minyak goreng dengan kualitas rendah cenderung berwarna kuning bercampur putih.

  1. Amati Teksturnya

Minyak goreng yang sehat dan berkualitas baik memiliki tekstur yang cair dan ringan. Minyak goreng yang kental dan cenderung beku menandakan kandungan lemak jenuhnya tinggi, ini tidak baik untuk kesehatan. Minyak goreng yang kental akan meningkatkan risiko bertambahnya kadar kolesterol jahat dalam darah.

  1. Teliti Komposisinya

Tips memilih minyak goreng yang sehat berikutnya adalah teliti komposisi minyak goreng yang akan Anda gunakan. Jangan malas untuk membaca informasi yang tertera dalam kemasan minyak goreng. Pilihlah minyak goreng yang rendah lemak. Bukan saja baik untuk kesehatan, minyak goreng rendah lemak juga akan menghasilkan masakan yang lebih lezat.

Selain itu, pastikan minyak goreng yang Anda pilih kaya akan omega 3. Omega 3 merupakan nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan jantung dan organ penting lainnya. Tidak kalah penting juga, minyak goreng yang baik tentu saja tidak mengandung pengawet dan bahan kimia berbahaya lainnya.

Tips memilih minyak goreng yang berkualitas baik (foto : eva-health.com)

Nah, sekarang Anda telah mengetahui tips memilih minyak goreng yang sehat dan berkualitas baik. Namun, jangan lupa untuk tetap memperhatikan cara menggunakan minyak goreng yang tepat. Tuangkan minyak goreng secukupnya saja, jangan berlebihan. Sebaiknya Anda tidak menggunakan minyak goreng yang telah dipakai berkali-kali. Karena minyak goreng akan mengalami oksidasi jika digunakan berulang kali.

Semoga informasi ini bermanfaat ya, selamat memasak!

 

 

About Maya Nirmala Sari

Citizen Journalist. Gemar belajar dan mencoba hal baru. Mencintai bumi dan buah-buahan. Founder Komunitas Kuliner Solo (KuLo). Owner Galeri Craft @Maenequeen

Check Also

Cara Membuat Kerajinan Decoupage – DIY Decoupage

Crafts ada banyak macamnya. Selain bermanfaat untuk mengisi waktu luang, kita juga dapat membangun bisnis yang …

3 comments

  1. Sebagai calon ibu, info kayak gini penting bgt buat diketahui. Thanks artikelnya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.