Home / Kuliner / Kreasi Kuliner / Kenikmatan Bersantap Ayam Geprek Mbah So Banjarsari

Kenikmatan Bersantap Ayam Geprek Mbah So Banjarsari

Tempat nyaman dan makanan enak, dua hal ini sudah menjadi kebutuhan primer bagi keberlangsungan aktivitas sosial di masyarakat. Berbagai komunitas bermunculan di Kota Solo dengan beragam kegiatannya. Semuanya membutuhkan tempat kumpul yang nyaman dan makanan lezat dengan harga yang bisa menyesuaikan budget. Nirmala akan kasih kamu rekomendasi salah satu tempat makan di Solo yang cocok dengan dua kriteria ini. Namanya AYAM GEPREK MBAH SO di Rumah Seni Banjarsari.

Kumpul Bareng Sahabat di Rumah Seni Banjarsari

Hujan tidak juga bosan mengguyur Kota Solo hampir setiap sore hari. Padahal Saya berharap bisa melepas penat sepulang kerja dengan berkumpul bersama teman-teman sambil menyeruput minuman hangat. Hang out kalau kata orang mah. Tapi kalau hujan, ya pasti pengennya cepat sampai rumah, nggak pengen kemana-mana.

Maka, Sabtu sore tanpa guyuran hujan menjadi keistimewaan tersendiri yang sudah dinantikan. Saya dan beberapa teman meluncur ke Rumah Banjarsari. Rumah Banjarsari merupakan ruang publik dan seni tempat anak-anak muda ngehits kayak Saya (uhuk) berkumpul dan berekspresi. Kita bisa bernyanyi, menari, atau menonton film.

Kumpul bareng teman di food court Rumah Seni Banjarsari (foto : nirmalamedia.com)

Lokasinya sangat strategis di Kota Solo, Jawa Tengah, tidak jauh Stasiun Balapan. Kamu dapat mengikuti petunjuk google maps dengan mencari lokasi “Rumah Banjarsari”.

Tapi tujuan Saya kali ini bukan untuk menyaksikan pertunjukan seni. Tujuan saya ke Rumah Seni Banjarsari adalah untuk MAKAN AYAM GEPREK di Rumah Seni Banjarsari. Loh? Kok makan ayam geprek? Kamu ga salah baca. Saya memang penasaran dengan AYAM GEPREK di Kantin Rumah Seni Banjarsari. Rumah Seni Banjarsari punya tempat makan yang cozy, yang terbuka untuk masyarakat umum. Letaknya di pinggir jalan pas. Nah, di sinilah kita bisa makan ayam geprek yang konon katanya beda dari biasanya. Namanya AYAM GEPREK MBAH SO. Seperti apa ya?

Apa Bedanya Ayam Geprek Mbah So dengan Ayam Geprek Lain?

Saya sempat berbincang dengan Kanjeng Mami Sari yang merupakan juru masak di Ayam Geprek Mbah So. Beliau menceritakan “Resep Rahasia di Balik Kelezatan Ayam Geprek Mbah So”. Kanjeng Mami Sari ini merupakan teman SD dari Pak Sugiarto “Mbah Rowo” yang merupakan pemilik bisnis kuliner ini.

Kamu sudah pernah makan ayam geprek? Ayam geprek adalah ayam berbalut tepung yang digoreng, kemudian digeprek dengan sambal bawang. Biasanya, daging ayamnya kecil dan tepungnya tebal. Jadi hampir-hampir saya menyebutnya “tepung geprek” lantaran lebih banyak tepungnya dibandingkan ayamnya.

Nah, di Ayam Geprek Mbah So, daging ayamnya tebal. Porsi kenyang, istilahnya. Fillet daging ayamnya rasanya fresh karena langsung dari daging segar yang dibeli pagi hari dan diberi bumbu racikan sendiri. Bukan ayam frozen yang sudah dibekukan berhari-hari.  Ini perbedaan pertama dari ayam geprek lainnya di Kota Solo.

Perbedaan kedua adalah tepung krispi di Ayam Geprek Mbah So adalah buatan juru masak sendiri, bukan dari tepung instant. Rasanya lebih renyah dan gurihnya tidak bikin pusing. Catet, ini bukan tepung dari generasi micin.

Perbedaan berikutnya adalah level pedas yang benar-benar “sak karepmu” artinya terserah kamu. Bagi kamu yang penggemar pedas, bisa pesan sambal dengan jumlah cabai yang banyak. Namun, kamu juga perlu memperhatikan kesehatanmu loo, jangan terlalu menuruti selera lidah tapi mengabaikan kekuatan lambungmu. So, bijaklah dalam menentukan level pedasmu!

Ayam Geprek Mbah So di Rumah Seni Banjarsari (foto : misterransel.com)

Ayam Geprek Mbah So dengan Lima Pilihan Toping

Selain keunggulan yang sudah disebutkan tadi, Kamu juga bisa terhindar dari rasa bosan dengan sambal ayam geprek yang itu-itu saja. Di Ayam Geprek Mbah So ini, kamu bisa memilih sambal atau saus apa yang kamu suka. Ada 5 pilihan rasa yang semuanya lezat.

  1. Ayam Geprek Original

Kelezatan ayam geprek yang sudah tidak diragukan lagi dalam khasanah kuliner Indonesia dapat kamu peroleh di sini. Ayam Geprek Mbah So original ini cocok buat kamu yang seleranya tidak neko-neko, hehe. Cukup merogoh kocek sebesar lima belas ribu rupiah saja, kamu bisa menikmati ayam geprek original lengkap dengan seporsi nasi putih.

  1. Ayam Geprek Sambal Bawang

Sambal bawang memang tidak pernah mengecewakan. Perpaduan antara bawang putih, cabai rawit, dan garam yang diracik juru masak berpengalaman tidak pernah gagal membuat diet kamu gagal, hahaha. Karena asli, ini enak banget!

Ayam Geprek Mbah So Sambal Bawang di Rumah Seni Banjarsari (foto : misterransel.com)
  1. Ayam Geprek Sambal Matah

Sambal matah semakin populer saja di Kota Solo akhir-akhir ini. Sambal yang berasal dari Bali ini memang terasa unik di lidah. Aromanya menguar membuat perut keroncongan dan ingin segera makan dengan lahap. Bagaimana tidak, irisan cabai, bawang, daun jeruk, dan terasi dengan campuran minyak kelapa ini begitu menusuk aromanya. Membangkitkan selera!

Ayam Geprek Mbah So Sambal Matah di Rumah Seni Banjarsari (foto : misterransel.com)
  1. Ayam Geprek Saus Lada hitam

Ayam geprek dengan guyuran saus lada hitam menjadi pilihan yang tepat saat kamu bosan dengan aneka sambal yang “itu lagi-itu lagi”. Saus lada hitam dengan rasa pedas dan gurih yang berkolaborasi harmonis di atas ayam geprek, akan membuat anganmu melayang tentang betapa beruntungnya kita tinggal di Indonesia dengan beragam olahan kuliner lezat.

Ayam Geprek Mbah So Saus Lada Hitam di Rumah Seni Banjarsari (foto : misterransel.com)
  1. Ayam Geprek Saus Asam Manis

Ayam geprek saus asam manis merupakan menu baru di Ayam Geprek Mbah So. Menu ini hadir untuk menjawab permintaan penggemar ayam geprek di Kota Solo. Saus asam manis memang punya penggemar sendiri . Tidak heran, karena perpaduan antara saus tomat yang masam dan gula pasir yang manis serta bumbu lainnya menjadi pemikat dalam aktivitas bersantap. Ayam geprek dengan siraman saus asam manis dapat menjadi pilihan anda dan orang tersayang.

Ayam Geprek Mbah So di Rumah Seni Banjarsari (foto : misterransel.com)

 

Rasa penasaran saya pun sudah tertunaikan. Ternyata tidak salah yang saya dengar dari orang-orang. Ayam Geprek Mbah So di Kantin Rumah Seni Banjarsari memang layak direkomendasikan. Dari segi rasa, porsi, dan pilihan menu cukup sesuai dengan selera saya dan teman-teman yang lain. Kami akan sering makan dan kumpul bareng di tempat ini. Kalau ada acara kopi darat (kopdar), kamu juga bisa pesan konsumsinya di Ayam Geprek Mbah So ini. Menunya pun tidak harus ayam geprek, kamu bisa memesan menu apa saja sesuai budgetmu.

Wedhangan Mbah Rowo di Rumah Seni Banjarsari (foto : nirmalamedia.com)

 

Sahabat Nirmala di Ayam Geprek Mbah So (foto : misterransel.com)

 

Ayam Geprek Mbah So juga bisa dipesan melalui aplikasi Go-Food dari Gojek. Kamu tinggal duduk manis di rumah atau dimana pun, Babang Gojek akan dengan senang hati mengantarkan pesananmu. Kamu dapat menikmati Ayam Geprek Mbah So dengan kemasan yang kekinian. Jangan lupa difoto dulu sebelum makan ya, hehe.

Sahabat Nirmala, kapan nih kita makan bareng di Ayam Geprek Mbah So?

Ayam Geprek Mbah So

Buka Jam : 10.00 WIB – 24.00 WIB

Rumah Banjarsari – Ruang Publik & Seni.

Alamat : Jl. Syamsurizal No. 10, Setabelan, Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Telp : 0812 1533 9691 / IG : Ayamgeprekmbahso

Harga Ayam Geprek Paket : Rp15.000 –  Rp17.000,-

Harga camilan dan sayur : Rp500 -Rp6000,-

Harga Minuman : Rp3000 – Rp7000,-

About Wagito Hafidz

Check Also

Umbut Rotan Kuliner Langka Khas Kalimantan Tengah

Kamu tahu rotan? Yup, tak ada rotan akar pun jadi. Kita pasti sering menjumpai rotan pada …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.