Home / Events / Community / Yuk, Bersinergi Bikin Taman Gesang di Solo Zoo Makin Kece!

Yuk, Bersinergi Bikin Taman Gesang di Solo Zoo Makin Kece!

“Bengawan Solo, riwayatmu kini…” begitulah petikan lagu yang sangat populer berjudul Bengawan Solo. Lagu ini diciptakan tahun 1940 oleh Gesang. Bukan saja populer di Indonesia, lagu Bengawan Solo diterjemahkan dalam 13 bahasa asing, sehingga dapat dinikmati di negara-negara lain, khususnya Asia. Di Jepang, Gesang memiliki perkumpulan penggemar yang sangat loyal. Untuk mengenang Sang Idola, perkumpulan ini membangun Taman Gesang di Solo Zoo, yang lokasinya dipinggir sungai Bengawan Solo.

Taman Gesang di Solo Zoo

Taman Gesang diresmikan tanggal 1 Oktober 1991 atas jasa baik perhimpunan dana Gesang di Jepang. Tanggal 1 Oktober ini dipilih untuk mengenang Gesang yang lahir pada tanggal 1 Oktober 1917. Taman Gesang di Solo Zoo terletak di sisi sungai Bengawan Solo. Luas taman ini sekitar 1500 meter persegi. Taman Gesang ini dilengkapi dengan gapura, panggung pertunjukan, tribun penonton, aula, patung, dan jalan paving.

Taman Gesang di Solo Zoo, beberapa tahun lalu ( foto : www.enjoyourtrips.com )

 

Bagaimana kondisi Taman Gesang di Solo Zoo di tahun 2018 ini? Kalau Sahabat Nirmala mengikuti informasi tentang Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) atau Solo Zoo beberapa tahun terakhir ini, tentu paham ya kalau Solo Zoo sedang terus berbenah. Saat ini TSTJ telah berbentuk PERUSDA atau perusahaan daerah. Ini artinya, Solo Zoo membuka diri kepada pihak-pihak yang ingin turut membantu membuat Solo Zoo makin keren lagi. Termasuk memperbaiki Taman Gesang di Solo Zoo yang kondisinya banyak mengalami kerusakan.

Sayang sekali, bukan? Padahal Taman Gesang di Solo Zoo merupakan tempat yang nyaman untuk mengadakan event pertunjukan budaya loo. Berbagai fasilitas sudah dibuat sejak tahun 1991, karena jarang digunakan akhirnya menjadi terlihat kusam dan tidak terawat. Untuk itu, atas inisiatif dari Dompet Dhuafa, dicarikanlah beberapa peluang kerjasama untuk bikin Taman Gesang makin kece. Salah satunya dengan menggandeng NGO asal jepang, Sasakawa Peace foundation (SPF).

Taman Gesang di Solo Zoo saat ini (foto : misterransel.com)

 

 

Sinergi Dompet Dhuafa dan Sasakawa Peace Foundation di Solo Zoo

Dompet Dhuafa menggandeng sebuah NGO asal Jepang untuk memberdayakan masyarakat di kawasan Solo Zoo. NGO asal Jepang ini adalah Sasakawa Peace Foundation (SPF) yang terbentuk sejak tahun 1986 di Jepang. Salah satu misinya adalah memberikan kontribusi terhadap pelestarian alam dan kebudayaan.

Nirmala dan beberapa sahabat lainnya berkesempatan untuk menemani perwakilan SPF saat kunjungan ke Solo Zoo belum lama ini. Perwakilan dari SPF yang berkunjung ke Solo Zoo adalah Kazuhiko Tada (Director SPF), Akiko Horiba (Program Director SPF), dan Mariko Hayashi (Program Officer SPF). Tentu saja kami juga ditemani sahabat dari perwakilan Dompet Dhuafa, Pemkot Solo, dan pengurus Solo Zoo sebagai tuan rumah.

Diskusi di Taman Gesang Solo Zoo

 

Kami berdiskusi membahas program-program yang mungkin dapat diimplementasikan untuk pemberdayaan  Solo Zoo, khususnya Taman Gesang di Solo Zoo. Seperti dikutip dari Republika, Yudha Abadi sebagai Direktur Pengembangan Jaringan Dompet Dhuafa mengungkapkan, bahwa keinginan merestorasi Taman Gesang sebagai bentuk inisiasi Dompet Dhuafa dalam membantu persaudaraan dua negara, yakni Jepang dan Indonesia. Lantaran kondisi Taman Gesang di Solo Zoo saat ini sudah banyak mengalami kerusakan.

Taman Gesang di Solo Zoo

Kami juga membahas kemungkinan untuk membentuk program sister city antara Kota Solo dengan Tono City, di Jepang. Seperti diungkapkan Mariko Hayashi yang baru pertama kali mengunjungi Kota Solo, antara Solo dengan Tono tidak jauh berbeda. Mirip Solo, Tono City juga merupakan Kota yang nyaman dengan penduduk yang ramah. Kebudayaan daerah masih kental dan dilestarikan masyarakat. Sehingga terlihat adanya kecocokan antara Solo dan Tono untuk menjadi sister city.

Kunjungan SPF ke Solo Zoo dilengkapi dengan kegiatan dongeng sejarah kebudayaan Taman Gesang. Ratusan anak-anak PAUD di Kota Solo ikut serta memeriahkan acara ini. Dengan banyaknya kegiatan yang dilangsungkan di Taman Gesang, harapannya Taman Gesang akan menjadi lebih hidup dengan cepat. Sebagaimana namanya, Gesang artinya “hidup”.

Pict : misterransel

Mengenal Dompet Dhuafa Lebih Dekat

Sahabat Nirmala tentu sudah kenal dengan Lembaga Dompet Dhuafa, ya? Betul, sebagai lembaga nirlaba milik Masyarakat Indonesia, Dompet Dhuafa berkhidmat untuk mengangkat harkat sosial kemanusiaan kaum dhuafa. Dana yang digunakan berasal dari ZISWAF (zakat, infaq, shadaqah, wakaf) serta dana lainnya yang legal dan halal. Donatur Dompet Dhuafa terdiri dari perorangan, komunitas, maupun perusahaan.

Yayasan Dompet Dhuafa didirikan pada tanggal 4 September 1994. Berawal dari kepedulian komunitas jurnalis yang kerap berinteraksi dengan masyarakat miskin dan masyarakat kaya. Dompet Dhuafa berperan untuk menjembatani dan menyalurkan dana dari pihak yang berlebihan ke pihak yang kekurangan. Tidak hanya di Indonesia, Dompet Dhuafa juga membentang kebaikan di berbagai belahan dunia. Berdasarkan data tahun 2014 saja, ada lebih dari 17 cabang Dompet Dhuafa dan 250 aksi yang dihelat Dompet Dhuafa di seluruh dunia. Luar biasa!

Bersinergi bikin Taman Gesang di Solo Zoo makin kece, yuk!

Sebagai orang yang mencintai Solo, tentu Nirmala sangat mendukung beberapa aksi dari Dompet Dhuafa untuk membentangkan kebaikan di Kota Solo. Khususnya di Solo Zoo, sebelumnya Dompet Dhuafa telah membangun shelter untuk masyarakat di sekitar Solo Zoo menjajakan barang dagangannya. Hal ini dikarenakan sebelumnya tempat berjualan mereka tidak tertata dengan baik dan terkesan kumuh. Produk yang dijual berupa souvenir dan makanan oleh-oleh khas Solo.

Saat ini, Taman Gesang di Solo Zoo menjadi target Dompet Dhuafa berikutnya untuk dibikin makin kece lagi. Kehadiran Sasakawa Peace foundation menjadi harapan baru untuk mempercepat terwujudnya mimpi ini. Tentu Dompet Dhuafa tidak bisa bergerak sendiri tanpa partisipasi dari kita semua. Sebagai generasi yang beretika tinggi, Sahabat Nirmala semua dapat berperan serta menginformasikan kepada netizen lainnya, untuk bersama-sama kembali menghidupkan Taman Gesang di Solo Zoo. Kalau bukan kita, siapa lagi?

About Maya Nirmala Sari

Citizen Journalist. Gemar belajar dan mencoba hal baru. Mencintai bumi dan buah-buahan. Founder Komunitas Kuliner Solo (KuLo). Owner Galeri Craft @Maenequeen

Check Also

Mengejar Fajar di Awal Tahun – Kontes Video NET

Awal tahun baru menjadi momentum tersendiri untuk memulai lembaran baru. Kita dapat menyulam kembali mimpi-mimpi …

83 comments

  1. Semoga taman gesang jadi tambah cantik..
    Saya masukin ke list klo nanti ke Solo. 😁

  2. Baru tahu ada teman gesang

  3. Kalau jadi Sister City, wah pas banget tuh kota Solo dan kota Tono… Nama Tono juga mengingatkan pada nama yang jawa banget ya #salfok 😃

  4. Harus dikunjungi kalo main ke Solo nih Kak Mae.

  5. Tuty prihartiny

    Saya sering ke Solo, tapi belum pernah ke Taman Gesang di Solo Zoo. InsyaAllah kunjungan saya ke solo berikutnya ke Taman Gesang, di temani Kak May yah…please

  6. Wah aku baru tau ada Taman Gesang di Solo.. Nanti mau ke Solo, tapi kayaknya ga sempat buat ke sana. Next kalo kesana lagi berkunjung aah. Terima kasih kak

  7. Semoga Taman Gaesang semakin kece.

  8. Belum pernah ke sini. Jadi penasaran. Solo tuh kecil tapi lengkap, ya. Digarap dengan sangat serius sih, ya. Kayak Taman Gesang ini.

  9. Gesang si pencipta lagi bengawan solo,,,,semoga museumnya juga tida menjadi riwayatmu kini

  10. Tono nama kaka mamaku yang sudah tiada. orang solo juga. ya jelaslah mamaku dari solo. jadi kangen ke Solo

  11. kegiatan-kegiatan Mba Mae seru-seru ya hehee

  12. masuk list nih kalau mudik ke Solo

  13. Baru tahu kalah ada Taman Gesang. Terimakasih infonya.

  14. Kata temenku yang tinggal di Solo, Solo itu ga ada apa-apanya. Ternyata ini ada Taman Gesang.

  15. Wah kalau ke Solo harus mampir ke sini nih. Berhubung baru ikutan trip ke Belitung, next ngetrip ke solo kali ya..

  16. wah harus masuk list nih kalo ke Solo.
    btw, kegiatannya postif sekali, Kak Mae! keren!

  17. Boleh juga nih buat daftar wisata kalo ke berkunjung ke solo.

  18. Waah, Taman Gesang harus masuk list kalau sedang pelesiran di Solo. Hihi, maklum kalau ke Solo gak pernah lama, cuma mampir bentar makan aja

  19. Belum pernah ke Solo, tapi udah masukin Solo ke list next destination. Semoga kalo kesana bisa sekalian ke Taman Gesang 😊

  20. Baru tahu Gesang ada tamannya 🙂

  21. Semoga pembaharuan taman gesang bisa membuat taman gesang nantinya tujuan wisata di kota Solo

  22. Hmmmm boleh juga tuh mampir kesana..

  23. Saya pikir dompet dhuafa hanya terpaku di masalah kemanuasian saja, ternyata ada juga dana untuk kebudayaan. Sukses terus sahabat Nirmala dan dompet dhuafa

  24. baru tau ada taman gesang. thx infonya
    https://helloinez.com

  25. baru tau ada taman gesang. thx infonya
    kapan2 kesana
    https://helloinez.com

  26. Nice info, Kak. Jujur saya baru tau loh hehe nanti kalo ke solo mau mampir ke sana.

  27. Tinggal gak terlalu jauh dari solo, tapi baru tau ada tan gesang ini. Hiks… Nanti kalau mudik mudah2an bisa ke sini.

  28. Orang-orang yang punya sumbangsih buat negara sangat pantas untuk diabadikan namanya.

  29. Baru tahu ada taman Gesang di Solo

  30. Dan aku baru tahu tempat ini. huhuhu

    Thank you for info mbak 🙂

  31. Note kak, jd referensi juga wisata santai di solo

  32. sedih ke solo ga kemana-mana, tp wisata kulinernya enak dan murah banget.. adem yaa tamannya

  33. Caret nih… Klo kesolidan mesti main kemari

    Sinergi yg hebat

  34. ada patung gesangnya ngga ya disana?

  35. Taman gesangnya banyak pohon, tampak adem kaya dia. eh

  36. Masukin Taman Gesang jadi wishlist.

  37. taman gesangnya adem, gak gersang kaya namanya. hhe

  38. Solo makin ngangenin…mudah”an bisa ke Solo lagi dalam waktu dekat …

  39. duh.. kok kemaren pas ke solo gak ke sini ya? hiks….

  40. Ini blakang UNS bukan sih?? Ihhh kusam bgt yah..padahal kan ada riwayatnyaa..😢

  41. Ini blakang UNS bukan sih?? Ihhh kusam bgt yah..padahal kan ada riwayatnyaa..😢

    Mbak..comentnya jdn pakek verify im not robot donk

    Aku cukup sebel… wkwkwk #IMHO

  42. Mantap ini blogger solo rame… Jadi pengen ikutan, hehehe 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.