Home / Kuliner / 5 Rekomendasi Sate Kambing Enak di Solo

5 Rekomendasi Sate Kambing Enak di Solo

Sate kambing digemari oleh banyak kalangan. Dari masyarakat umum, mahasiswa, pedagang, hingga pejabat banyak yang menyukai menu yang satu ini. Racikan bumbu kecap dan rempah yang dipakai dalam sajian sate kambing membius orang untuk menikmatinya kembali. Antusiasme masyarakat di kota Solo pun demikian. Banyak dari mereka yang menyukai hidangan sate kambing sebagai menu pilihan di kala santap siang maupun kuliner Solo di malam hari. Namun tahukah kamu dimanakah lokasi penjaja kuliner sate kambing enak di Solo? Berikut ini Nirmala sajikan 5 rekomendasi sate kambing enak di Solo.

1. SATE & TENGKLENG RICA KAMBING PAK MANTO

Rekomendasi sate kambing enak di Solo, Sate Kambing Buntel Pak Manto (foto : travelingyuk.com)

 

Rekomendasi sate kambing enak di Solo yang pertama adalah warung sate kambing Pak Manto. Warung sate kambing Pak Manto terletak di Jalan Honggowongso 36, Solo. Warung ini buka mulai pukul 07.00 hingga 22.00 WIB. Kamu bisa menikmati sate kambing dan berbagai olahan daging kambing lain yang rasanya sudah terkenal lezat. Tak heran jika warung ini selalu dipadati pembeli. Daging yang digunakan pun daging yang segar diolah langsung di warung ini. Jadi kita bisa melihat proses memasaknya.

Rekomendasi sate kambing enak di Solo, Tengkleng Rica Kambing Pak Manto Solo (foto : news.detik.com)

 

Di warung sate kambing Pak Manto, tengkleng disajikan dengan bumbu rica-rica yang kental dan pedas. Sedangkan biasanya, tengkleng disajikan berkuah cair berwarna kuning. Buat kamu yang ingin merasakan sensasi unik, kamu bisa menikmati sumsum kambing. Bumbu yang digunakan sama dengan tengkleng rica. Namun sumsum hanya bisa dinikmati dengan cara menyeruput sela-sela tulang. Akan lebih nikmat lagi jika kamu menyantapnya dengan tangan langsung.

2. SATE KAMBING PAK MESRAN

Apa jadinya jika bahan utama sate kambing memakai daging kambing muda? Wah pasti akan enak yah, lebih empuk, lebih lembut seratnya, dan tidak berbau. Wow, ini adalah sebagian keuntungan yang kamu bisa dapatkan ketika mengunjungi dan menyantap hidangan sate kambing enak di Solo ala warung Pak Mesran. Kamu bisa menemukan warung sate kambing Pak Mesran di jalan Kapten Mulyadi, tepatnya di samping BRI Ruko Beteng, Solo. Mulai buka dari jam 18.00 – 24.00 WIB, warung sate Pak Mesran juga menyediakan menu-menu pilihan lainnya lho seperti Tongseng dan Krengseng.

Sate Kambing Pak Mesran (foto : www.opensnap.com)

 

O iya, selain buka di malam hari, warung sate kambing Pak Mesran juga buka di pagi jam 08.00 hingga jelang sore hari jam 15.00 WIB. Hanya saja, lokasinya ada di ujung Jalan Ir Juanda, yang berada di perbatasan kota sebelah timur, atau lokasi tepatnya di sebelah timur Taman Makam Pahlawan Kusuma bhakti, di daerah Jurug, sebelah timur kota Solo. Ini bisa jadi rekomendasi sate kambing enak di Solo nih!

3. SATE KAMBING TAMBAK SEGARAN

Sate Kambing Tambak Segaran (foto : www.tripadvisor.co.id)

 

Jika kamu bepergian di sekitar Pasar Legi Solo, kamu bisa menemukan warung Sate Kambing Tambak Segaran yang merupakan salah satu sate kambing enak di Solo. Lokasinya berada di sebelah timur lokasi pasar, atau di jalan Tambaksegaran 39 (atau dikenal juga dengan Sutan Syahrir 149). Ditempat ini kamu bisa menikmati keunikan rasa sate kambing yang banyak digandrungi oleh masyarakat lokal maupun luar kota Solo. Cocok sebagai rekomendasi sate kambing enak di Solo.

Menu andalan warung Sate Kambing Tambak Segaran adalah Sate Kambing Buntel. Selain menu andalan tersebut, warung Sate Kambing Tambak Segaran juga memiliki menu olahan kambing yang lezat lainnya seperti Gule yang terdiri dari Sumsum, dengan sajian tulang sumsung kambing, dan Gule daging seperti yang umum kita kenal. Juga terdapat menu tengkleng, yaitu potongan tulang dan daging yang disajikan dengan jeroan kambing dengan bumbu santan, rasanya sudah pasti gurih dan nikmat.

Warung Sate Kambing Tambak Segaran buka setiap hari dari jam 06.00 – 16.00 WIB, dan kini telah beroperasi dengan 2 cabang utama, yaitu di jalan Brigjend Katamso no 192 serta jalan Kaliurang KM 9 Yogyakarta.

4. SATE KAMBING MBOK GALAK

Wah segalak apa yah Sate Kambing Mbok Galak sampai-sampai terkenal sampai diberbagai daerah di Indonesia?Yang jelas, bukan tanpa sebab banyak pejabat dan artis yang menyambangi warung sate kambing yang berlokasi di jalan Mangunsaskoro No 122, Banyuanyar, Solo dan buka setiap hari dari jam 06.00-16.00 WIB. Lokasinya yang tak jauh dari kediaman Presiden Jokowi, membuat Presiden juga pernah mampir ke Sate Kambing Mbok Galak dikala pulang ke Solo. Benar-benar tempat ini rekomendasi sate kambing enak di Solo yang patut dicoba. Lalu apa saja menu andalan ditempat ini?

Sate Buntel adalah menu yang paling banyak disukai oleh para pelanggan di tempat makan ini. Seperti yang sudah dijelaskan diatas, sate buntel memang dibuat dari daging kambing pilihan yang dihaluskan dan dibalut dengan balutan (buntelan) lemak. Aroma sedap dan rasa lemak yang enak menjadi lumer dan menyatu dengan daging kambing saat dibakar. Setelah matang, sate buntel tersebut disajikan dengan bumbu kecap yang kental akan menambah rasa manis sate buntel lezat tersebut. dijamin kamu pasti akan tergoda dengan kenikmatan rasa dan bau dari Sate Kambing Mbok Galak.

Rekomendasi sate kambing enak di Solo, Sate Kambing Mbok Galak (foto : www.rynari.wordpress.com)

5. SATE KAMBING BUNTEL PAK SAMIN

Rekomendasi sate kambing enak di Solo berikutnya adalah Warung Sate Buntel Pak Samin. Warung Sate Buntel Pak Samin menawarkan berbagai hidangan dengan bahan utama daging kambing. 2 menu yang terkenal ditempat ini diantaranya adalah Sate Kambing Buntel dan Gule Goreng. Sate Buntel adalah sejenis sate yang berasal dari daging kambing yang telah dihaluskan (dicincang), diberi bumbu serta dibungkus dengan lemak kambing hingga menyerupai buntelan (bungkusan), cara mengolahnya dengan cara dibakar dengan dilapisi bumbu kecap dan rempah.

Kamu bisa menemukan Sate Buntel Pak Samin di daerah jalan Diponegoro, dekat dengan pasar barang antik Triwindu Ngarsopuro, di Perempatan Pasar Pon, Solo. Buka mulai pukul 06.00 – 14.00 WIB. Letaknya yang tepat ditengah kota Solo membuatnya mudah dijangkau dan disukai banyak pengunjung. Selain itu, kamu juga mesti coba gule goreng di tempat ini ya!

Gule Goreng Pak Samin (foto : www.wisatajiwa.wordpress.com)

 

Nah demikian sebagian dari beberapa rekomendasi sate kambing enak di Solo. Tentu saja masih ada banyak warung sate kambing yang enak di Solo, namun beberapa contoh warung sate kambing diatas bisa memberi gambaran dan referensi untuk wisata kuliner di Kota Solo buat kamu. Kamu harus mampir dan mencobanya jika sedang berada di kota ini. Siapa tahu cocok dan pas dengan seleramu.

About Maya Nirmala Sari

Citizen Journalist. Gemar belajar dan mencoba hal baru. Mencintai bumi dan buah-buahan. Founder Komunitas Kuliner Solo (KuLo). Owner Galeri Craft @Maenequeen

Check Also

Sejarah Pasar Gede dan Kuliner Legendaris di Pasar Gede Solo

Pasar Gede menjadi saksi sejarah perkembangan Kota Solo dan dinamika masyarakatnya. Bukan hanya sebagai tempat …

4 comments

  1. PARAHHH….
    Sate kambingnya menggoda selera kak..
    Kalau ke solo harus wajib coba nih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *