Home / Wisata / Wisata Sejarah dan Budaya / Candi / Candi Abang di Sleman yang Unik

Candi Abang di Sleman yang Unik

Candi Abang di Sleman menjadi daya tarik tersendiri saat berkunjung ke Jogjakarta. Tapi jangan kaget ya saat pertama kali melihat candi ini. Karena tidak seperti candi lainnya, di Candi Abang ini yang kamu lihat bukanlah bangunan berbahan batu, melainkan gundukan tanah berbentuk bukit. Kok bisa ya?

Berfoto di Candi Abang (foto : eksotisjogja.com)

 

Keunikan Candi Abang di Sleman

Ternyata, Candi Abang tersembunyi di dalam bukit hijau ini. Dinamakan Candi abang karena  terbuat dari batu bata merah, berbeda dengan candi lainnya di Jawa Tengah yang pada umumnya terbuat dari batu andesit.  Situs purbakala candi Abang ini terletak di Dusun Sentonorejo, Desa Jogotirto, Kecamatan Berbah, Kabupaten Sleman, Jogjakarta.

Candi Abang di Sleman diperkirakan dibangun pada abad ke-9 dan ke-10 pada masa kerajaan Mataram kuno. Candi Abang ini berbentuk piramida yang tertutup gundukan tanah atau bukit kecil. Jika musim kemarau, lokasi ini tampat gersang dengan tanah merah. Sedangkan pada musim hujan, rumput akan tumbuh subur dan membuat candi ini tampak seperti bukit teletubies.

Candi Abang di Sleman yang Unik (foto : yogieperdana)

Candi ini sengaja di bangun di dataran tinggi karena dipercaya Dewa dan Dewi tinggal di tempat yang tinggi. Cerita rakyat menyebutkan bahwa Candi Abang adalah tempat penyimpanan harta karun. Sampai saat ini sebagian masyarakat percaya bahwa Candi Abang dijaga oleh sosok yang dituakan dan dihormati. Sosok ini bernama Kyai Jagal yang bertubuh tinggi besar dan berambut panjang. Kyai Jagal ini bertugas melindungi Candi Abang dan daerah sekitarnya dari kerusakan.

Candi Abang di Sleman yang Unik (foto : Shetochenko)

Kamu boleh percaya boleh tidak tentang adanya Kyai Jagal. Namun, kamu harus percaya bahwa tugas melindungi Candi Abang dari kerusakan adalah tugas dari kita semua. Baik pemerintah, warga setempat, maupun wisatawan harus bersinergi untuk terus melestarikan situs purbakala ini. Siap?

About Ivana

Check Also

Main ke Pulau Kotok Kepulauan Seribu, Yuk!

Membahas tentang Kepulauan Seribu, DKI Jakarta Raya, memang tidak ada habisnya. Tentu saja bukan tentang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *