Home / Info & Tips / Cara Membuat Kerajinan Decoupage – DIY Decoupage

Cara Membuat Kerajinan Decoupage – DIY Decoupage

Crafts ada banyak macamnya. Selain bermanfaat untuk mengisi waktu luang, kita juga dapat membangun bisnis yang menghasilkan dari kegemaran berkreasi dengan keterampilan yang dimiliki. Salah satu kerajinan tangan yang sedang naik daun akhir-akhir ini adalah Decoupage. Cara membuat decoupage tidaklah sulit. Kita hanya perlu menyiapkan alat dan bahannya. Bagaimana cara membuat kerajinan tas pandan decoupage?

Decoupage tuh apaan sih? Karena sebelumnya Mae bergelut di bidang kaleng lukis, Pas lihat kaleng bermotif cantik kayak foto diatas itu, Mae kira itu dilukis juga, cuma dengan cat tertentu yang uapikk dan mihiill, hihihi.

Ternyata eh ternyata, Decoupage itu dari tisu! Iya tisu yang lembek lembut itu. Memang bukan tisu biasa kayak yang biasa kita pakai di toilet atau di meja makan itu sih. Tissue ini biasa disebut Servietten. Tisu dengan motif cantik ini sama rapuhnya dengan tisu biasa, tapi teksturnya lebih kasar.

Tisu motif decoupage import

 

Decoupage berasal dari bahasa Perancis, Découper, artinya memotong. Decoupage adalah seni menghias suatu objek dengan menempelkan kertas tissue ke objek tersebut. Kerajinan Decoupage ini sudah populer di mancanegara terutama di Eropa.

Eh, beneran? Itu tisu yang ditempel di kaleng atau media lain? Yah, klo kena air langsung ambyar dong! Hohoho, mungkin Sahabat Mae juga bertanya-tanya begitu yess. Tapi Mae dijelaskan sama Teh Sassa di Ngemplak, Boyolali, bagaimana proses pembuat kerajinan Decoupage ini. Mau Mae ceritain gaaaa :p

Cara Membuat Kerajinan Decoupage pada Clutch pandan

Cara membuat decoupage yang diterapkan pada media tas, dompet/clutch, dan barang lainnya yang terbuat dari anyaman pandan tidak sulit. Sama seperti pada media lain, pada dasarnya cara membuat decoupage hanyalah “menempel” saja. Hal pertama yang harus kita lakukan adalah menyiapkan alat dan bahannya. Jangan khawatir, Sahabat Nirmala bisa membeli paket STARTER KIT DECOUPAGE di @maenequeen  dengan harga tidak sampai 200 ribu loo. Murah kan! Paket ini sudah termasuk media (clutch pandan), tisu motif, kuas, glue, dan gloss.

Starter kit decoupage (foto : bukalapak)

Gunting tissu sesuai motif yang diinginkan. Setelah semua bahan siap, mulailah mengoleskan lem dipermukaan clutch pandan. Arahkan kuas lem searah dan jangan terlalu tebal. Kemudian kupas tissu motif (ada 3 lapisan, yang ditempel hanya 1 lapisan). Tempelkan tisu ke clutch dengan hati-hati. Ini bagian tersulit, karena sekali gagal maka tisu akan hancur. lapisi tisu yang telah ditempel dengan lem. Lem ini akan mengering dan transparan. Jangan khawatir yaa. Setelah lem kering, kita dapat menerapkan glooss agar hasilnya lebih mengkilap.

Clutch Pandan Decoupage

 

Decoupage pada Media Kaleng

Setelah kaleng dibersihkan, lalu dilapisi lem khusus. Tempel tisu motif sesuai keinginan dengan hati-hati. Jangan sampai rusak ya! Asli, ini butuh tangan yang terampil. Setelah kering, lapisan tisu dilapisi cairan khusus. Nah, lapisan ini yang akan membuat Tisu tidak akan rusak walaupun terkena panas hujan badaisekalipun. Jadi produk kerajinan Decoupage itu awet dan tahan lama. Warnanya pun ngga mudah pudar seperti cintaku padamu yang tak lekang oleh waktu.

Selain unik dan eksklusif, memakai produk Decoupage juga fashionable. Kerajinan ini dapat diaplikasikan di tas, sepatu, topi, dompet, kaleng, toples, talenan, pigura foto, apaaa ajaaa suka-suka kita deh!
Macam-macam hasil kerajinan Decoupage
Jadi gimana, Sahabat Mae tertarik? Kalau berminat untuk belajar Decoupage, bisa follow dan daftar di Instagram @Maenequeen. Biayanya cuma sekitar 150 ribu  sudah dapat materi dan alat praktek lengkap. Hasil kerajinanmu juga boleh dibawa pulang. Asyik, kan!

About Ivana

Check Also

Yuk, Bersinergi Bikin Taman Gesang di Solo Zoo Makin Kece!

“Bengawan Solo, riwayatmu kini…” begitulah petikan lagu yang sangat populer berjudul Bengawan Solo. Lagu ini …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
Lewat ke baris perkakas