Home / Info & Tips / Mengenal Aviophobia dan Cara Mengatasi Takut Naik Pesawat

Mengenal Aviophobia dan Cara Mengatasi Takut Naik Pesawat

Seorang pramugari menderita aviophobia atau takut naik pesawat? yang benar saja! Tapi ini benar terjadi loo. salah satu Sahabat Nirmala di kompasiana yang merupakan seorang psikiater pernah menceritakan kisah tersebut. Jadi, rasa cemas dan takut yang berlebihan saat naik pesawat bisa menyerang siapa saja. Namun jangan khawatir, kita bisa mencegahnya kok. Caranya dengan mengenal aviophobia dan mempelajari cara mengatasi takut naik pesawat. Yuk, simak ulasannya!

Jangan takut terbang! Yuk, Mengenal Aviophobia dan Cara Mengatasi Takut Naik Pesawat (foto : BBC )

Mengenal Aviophobia, Anxiety, dan Pannic Attack

Dilansir dari CNN Indonesia, lebih dari 38% orang di seluruh di dunia mengalami aviophobia. Aviophobia  merupakan salah satu jenis fobia atau takut berlebihan terhadap penerbangan. Sederhananya, aviophobia adalah takut naik pesawat. Penyebabnya sering kali tidak jelas. Bahkan, seperti diceritakan teman saya, seorang pramugari pun bisa tiba-tiba mengalami aviophobia.

Orang yang mengalami aviophobia memiliki tingkat keparahan bervariasi. Beberapa yang mengalami gangguan ini bisa mengatasi masalahnya sendiri, namun yang lainnya membutuhkan bantuan lebih lanjut dari ahlinya. Bagi yang mengalami kecemasan parah, gangguan ini akan berdampak panjang dalam kehidupannya.

Sedangkan anxiety disorder merupakan gangguan rasa cemas pada berbagai macam hal. Termasuk anxiety disorder ini contohnya takut berbicara di depan umum, mimpi buruk terus menerus, dan trauma masa lalu. Jenis-jenis fobia termasuk aviophobia merupakan bagian dari anxiety disorder. Gangguan kecemasan atau anxiety disorder ini termasuk salah satu bentuk stres yang dialami baik secara fisik, emosional, maupun sudut pandang  terhadap kehidupan.

Orang dengan anxiety disorder akan lebih rentan mengalami panic attack saat naik pesawat. Kenyataan ini akan memperparah aviophobia. Panic attack terjadi secara tiba-tiba dan dalam waktu yang singkat. Gejala panic attack diantaranya jantung berdebar, sesak napas, mual, keringat dingin, dan seluruh tubuh terasa lemas. Bahkan pada tingkat lanjut, panic attack dapat menyebabkan kejang.

Mengenal Aviophobia dan Cara Mengatasi Takut Naik Pesawat  (foto : alodokter)

Bagaimana Cara Mengatasi Takut Naik Pesawat?

Dilansir dari klikdokter.com, seorang psikolog dari University of Vermont, Matthew Price, meneliti mengenai gangguan kecemasan. Beliau menjelaskan bahwa tidak ada penyebab pasti mengapa seseorang menderita aviophobia atau takut naik pesawat. Namun beberapa alasan mungkin bisa menjadi pemicunya. Contohnya, takut karena belum pernah naik pesawat, punya pengalaman buruk sebelumnya, atau mendengar berita kecelakaan pesawat yang sampai membuat trauma. Rasa takut naik pesawat juga dapat dipicu oleh perasaan cemas karena berada di ruang tertutup tanpa jalan keluar.

Dibutuhkan strategi yang tepat dan latihan bertahap untuk mengatasi takut naik pesawat. Berikut ini merupakan beberapa cara yang bisa kamu coba untuk menghilangkan rasa takut naik pesawat.

Kenali Apa Sebenarnya Ketakutan Terbesarmu

Apakah kamu takut karena belum pernah naik pesawat? Atau kamu takut jatuh? Atau kamu takut tiba-tiba mengalami serangan jantung sedangkan di dalam pesawat tidak ada dokter? Padahal siapa tahu kamu bertemu jodoh di dalam pesawat seperti di film-film 😀

Mengetahui apa sebenarnya ketakutan terbesarmu saat naik pesawat dapat mempermudah cara mengatasinya. Kita dapat membuat analisa langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mengatasi rasa takut naik pesawat. Kita juga dapat mengantisipasi hal-hal yang dapat memicu hadirnya gangguan kecemasan. Jika bisa dihindari, maka akan lebih baik jika kita menghindarinya.

Aviophobia atau takut naik pesawat juga bisa diperparah oleh gangguan kecemasan dan gelisah berlebihan. Sebaiknya kamu menghindari zat-zat yang dapat memicu jantung berdebar dan rasa gelisah dalam tubuh. Misalnya kafein, minuman berenergi, obat-obatan, dan stimulan lainnya. Lebih baik kamu mengonsumsi makanan yang enak dan sehat sebelum bepergian. Kamu bisa melihat rekomendasinya di website Kuliner Solo Raya.

Pergi Bersama Saudara atau Teman

Melakukan perjalanan wisata seorang diri tentu tidak masalah bagi kamu yang seorang solo traveler. Namun untuk penderita gangguan aviophobia, sebaiknya hal ini dihindari. Pergi sendirian dapat meningkatkan risiko hadirnya gangguan kecemasan maupun panic attack. Dengan kehadiran saudara atau teman dalam perjalanan, kita bisa lebih nyaman mengobrol. Selain itu, kita akan merasa lebih nyaman dan tidak sungkan untuk menyampaikan jika mulai terserang aviophobia.

Tentu saja tidak selamanya penderita aviophobia tidak bisa bepergian sendiri. Untuk mengatasi rasa takut naik pesawat, bisa dilakukan latihan secara bertahap. Jika pada awalnya penderita sama sekali tidak berani naik pesawat, bisa dicoba naik pesawat dengan di dampingi orang terdekat. Kemudian dicoba berangkat satu pesawat dengan teman, namun pilihlah tempat duduk yang berjauhan. Selanjutnya, cobalah beranikan diri naik pesawat sendiri dengan rute yang tidak terlalu jauh.

Beri tahu kru pesawat atau penumpang di sebelah tempat duduk kamu jika kamu punya riwayat aviophobia. Hal ini akan mempermudah komunikasi lanjutan ketika kamu benar-benar mengalami gangguan kecemasan selama perjalanan. Kru pesawat dan penumpang lain bisa membantu menenangkan dan memberikan saran untuk mengatasi rasa takut naik pesawat yang kamu alami.

Alihkan Perhatian Selama Perjalanan

Untuk mengatasi rasa takut naik pesawat, sebisa mungkin alihkan konsentrasi kepada hal-hal yang disukai. Sahabat Nirmala bisa mengikuti beberapa tips berikut ini selama perjalanan agar terhindar dari cemas berlebihan.

  • Tarik napas dalam-dalam kurang lebih selama 4 detik. kemudian embuskan napas secara perlahan selama 6 detik. Ulangi beberapa kali sampai tubuh dan pikiran lebih tenang. Lakukan juga gerakan kecil seperti mengangkat kedua tangan dan menggerakkan kaki.
  • Kamu bisa menutup jendela pesawat bila merasa tidak nyaman saat melihat pemandangan dari ketinggian.
  • Lakukan kegiatan menyenangkan yang membantumu tetap fokus. Misalnya mendengarkan musik, menonton film, membaca buku, atau mengobrol dengan teman di sebelahmu. Kegiatan ini akan mengalihkan perhatianmu dari rasa takut dan cemas.
Cara Mengatasi Takut Naik Pesawat  (foto : celebesonline)

Menyesuaikan Waktu Penerbangan

Untuk mengatasi rasa takut naik pesawat, waktu penerbangan mungkin saja berpengaruh. Sahabat Nirmala dapat menyesuaikan jadwal penerbangan agar merasa lebih nyaman. Mungkin kamu sering mual di pagi hari, atau takut terbang di kegelapan, maka hindari waktu-waktu tersebut. Atau kamu juga dapat memilih waktu penerbangan malam hari agar dapat tertidur selama perjalanan. Kamu lah yang paling mengetahui kapan waktu terbaik untuk melakukan perjalanan dengan pesawat terbang.

Konsultasi kepada Ahlinya

Pada dasarnya, untuk menyembuhkan aviophobia dibutuhkan tekad yang kuat dari diri sendiri. Namun konsultasi dengan ahlinya merupakan cara yang tepat untuk mempercepat proses penyembuhan. Sahabat Nirmala dapat meminta bantuan psikolog, psikiater, hypnoterapist, atau pihak lain yang ahli menangani masalah fobia dan gangguan kecemasan.

Dengan konsultasi kepada ahlinya, gangguan cemas dan takut berlebihan dapat diteliti lebih saksama. Para ahli masalah ini akan membantu menemukan solusi untuk mengatasi rasa takut naik pesawat. Jika rasa cemas sudah tidak terkendali dan mengganggu aktivitas, seorang profesional yang sudah terlatih akan membantumu menghilangkan ketakutan naik pesawat. Kamu juga bisa menjalani terapi relaksasi dan hypnoterapy untuk mengatasi rasa takut naik pesawat. Bahkan, psikiater bisa memberikanmu obat penenang dan anti depresi jika diperlukan.

Mengenal Aviophobia dan Cara Mengatasi Takut Naik Pesawat (foto : Istock)

 

Aviophobia atau takut naik pesawat merupakan salah satu jenis fobia yang sering terjadi. Jadi jangan khawatir, kamu tidak sendirian kok. Jangan sampai rasa takut tersebut menghalangimu untuk melakukan hal yang kamu gemari. Bagaimanapun suatu saat kamu mungkin saja harus memenuhi tuntutan pekerjaan untuk tugas ke suatu tempat. Kamu juga perlu bepergian, traveling, atau bersenang-senang ke tempat lain yang sayang sekali jika dilewatkan.

Btw, saya pernah mengalami panic attack satu kali saat traveling sendirian. Padahal sebelumnya sudah sering menghadapi situasi yang sama, dan baik-baik saja. Sahabat Nirmala dapat menyimak cerita lengkapnya di personal blog Mayawa Gi. Sekarang saya tidak lagi berjuang melawan anxiety, tetapi saya bersahabat dengannya. Yakin deh, kita lebih kuat dari rasa cemas dan takut. Tetap tersenyum ya 🙂

 

About Maya Nirmala Sari

Citizen Journalist. Gemar belajar dan mencoba hal baru. Mencintai bumi dan buah-buahan. Founder Komunitas Kuliner Solo (KuLo). Owner Galeri Craft @Maenequeen

Check Also

Gugur Gunung, Gathering Hotel Best Western Premier Solo Baru

Bertemu dan berkumpul bersama antara relasi bisnis, pemerintah, dan awak media menjadi kegiatan penting yang …

109 comments

  1. Saya phobia naik pesawat 😫 selama perjalanan perasaan ga pernah tenang apalagi masuk cuaca buruk, bisa teriak kalo keguncang 😂 ya ampun pengen banget sembuh dari phobia ini deh 🙂

  2. makasih sharingnya

  3. Waj kok bisa ya pramugari takut naik pesawat. Jadi terdengar lucu ya hihihi. Tapi berarti dia hebat bisa mengatasi rasa takut terbesarnya

  4. waktu itu termasuk anxiety jugakah May? but anyway semoga rasa cemas mu tidak datang lagi. amin

  5. awalnya takut sih bener, tapi karena dulu dinas luar terus ke luar kota akhirnya malah ketagihan naik pesawat hihi.. paling ngeri kalo udah turbolensi

  6. Bahagia banget mengawali minggu dengan artikel yang penuh motivasi. Jadi diingatkan bahwa anziety itu ada untuk diajak bekerja sama, bukan dijadikan hambatan.

    • kalau dibikin seru malah jadi seru… misal kita bayar mahal-mahal buat naik roller coaster itu biar apa sih? biar deg-degan kan.. nah, aku pernah ngerasain naik kereta api biasa tapi rasanya kayak naik roller coaster, wkwkwkk

  7. Alhamdulillah enggak phobia kak. Tapi tetep aja takut kalo cuaca lagi buruk 😂

  8. Info da tipsnya baus mbak..
    Terutama buat yg memiliki fobia jika naik pesawat..

  9. Repot juga ya, kalau harus naik pesawat tapi punya phobia. Untunglah, ada cara untuk mengatasinya.

  10. Pramugari aja bisa terkena aviophobia, jadi sangat wajar kalo orang yang pertama kali naik pesawat merasa takut juga ya Mbak? Thanks buat sharing dan tipsnya Mbak Maya

  11. Aku termasuk orang yang harus sering berpergian naik pesawat. Ketakutan-ketakutan yg dibahas di atas pernah juga aku alami dulu. Dan menurutku solusi yg dibahas di atas cukup membantu.

  12. Nggak pernah takut naik pesawat..tapi doa nggak pernah berhenti..ehhehehe
    Sampai sekarang sering ngalamin telinga sakit pas mau landing..duh, jadi males kalau kemana-mana naik pesawat jadinya

  13. Alhamdulillah nggak takut sik, cuma nggak betah aja berjam-jam di atas pesawat. Boring, cuma nonton, baca, tidur. Etapi, di beberapa maskapai internasional sudah ada inflight internet connection. Cuma ya gitu, mahal. Kalau liat ke jendela pemandangannya itu2 aja 😀

    • Wah ini pengalaman terbang ke tempat-tempat yang jauh yaa.. Dulu saya nyaman-nyaman saja terbang berjam-jam masih ditambah delay lama. Malah punya waktu buat baca buku. tapi sekarang jadi sering gelisah klo nunggu kelamaan.

  14. Oohh ada juga ya aviophobia.. Nice info..

  15. Pernah ada pengalaman penerbangan dari Makassar ke Manado, tinggal bbrp waktu lagi mendekati Manado tapi pilot memutuskan kembali ke Makassar karena cuaca tidak memungkinkan untuk landing.

  16. Aku juga takut-takut sih naik pesawat. Ketakutan terbesar adalah takut ketinggalan pesawat dan kehilangan bagasi. Selalu was-was kalau membawa bagasi apalagi kalau ada transitnya.

    • Wah, bener-bener ketakutan manusia itu berbagai macam rupa ya! Selain takut ketinggalan pesawat dan kehilangan bagasi, ada juga lho yang takut duduk sebelahan sama orang yang bisa mencuri hati. Ahay!

  17. Aku juga takut pesawat, klo tabrakan/ jatuh kemungkian kecil banget bisa menyelamatkan dirinya

  18. Aku alhamdulillah ga phopia naik pesawatnya sih kak. Tapi agak parno ketika ada getaran getaran kecil saat di udara. Haha

    Tapi kalo dengan mengalihkan perhatian aku juga ga mempan, gampang terpengaruh banget ya kak anaknya. Hahah

  19. Kalau aku kadang suka merasa kurang nyaman ketika take off sampai pernah satu kali tidak sadar megang tangan penumpang sebelahku..untung orangnya maklum..padahal itu bukan kali pertama aku naik pesawat loh..
    Jadi kadang kadang saja aku mengalami Aviophobia ini dan untuk mengatasinya aku makan permen saja.

  20. Pernah merasakan Aviophobia pada saat pertama kali naik pesawat Bouraq Airlines. Pada saat mau take off, tiba-tiba keringat dingin dan selama perjalanan tidak mau bicara. Alhamdulillah sekarang sudah teratasi.

  21. Artikelnya bermafaat banget buat temen-temen/penderita aviophobia. Izin share ya, mba..
    Kalo aku alhamdulillah sampe sekarang ga ada yg ditakutin banget smpe phobia gitu. Cuma paling kalo naik pesawat kadang suka sakit banget telinganya sampe kepala rasanya mau pecah 😂 pengaruh tekanan itu mah yaa. Tp itu menakutkan rasanya hehe

    • Saya juga mengalami sakit telinga ini juga kalau ada di ketinggian. Bukan cuma naik pesawat, termasuk naik lift ke gedung tinggi dan lewat dataran tinggi. Solusinya pakai ear plug dan rutin minum. Pernah ditulis juga di blog mayawagi.com

  22. Semuanya berawal dari pkiran kita sendiri ya… Pengalihan kegiatan juga supaya kita gak berpikir bahwa kita takut naik pesawat. Kalau bisa punya kontrol pikiran yang bagus, banyak masalah yg bs selesai dgn cepat

  23. Terimakasih kak untuk infonya. Mungkin bisa dibuatkan untuk acrophobia (takut ketinggian) juga kak? Dan ada korelasinya atau tidak antara acrophobia dengan aviophobia. Hehe

  24. Kita lebih kuat dari rasa cemas dan takut 👍
    Terima kasih artikelnya bagus 😁

  25. Kita lebih kuat dari rasa cemas dan takut 👍
    Terima kasih ya arrikelnya bagus 😁

  26. Bener banget nih. Sebagai orang yang diharuskan banyak berkeliling dan naik pesawat aku pernah nih ngerasaain yang kaya begini

  27. Aku baru tahu ada jenis fobia naik pesawat. Heheehe. Alhamdulillah belum pernah ada pengalaman yang aneh2 selama naik pesawat. Mba, aku izin share artikel ini di Twitter ku ya. Hehehe. Soalnya bermanfaat banget hehehe

  28. Ini aku banget nih, takut naik pesawat. Kalo mau naik pesawat selalu cemas. Nggak sampe fobia sih untungnga. Apalagi kalo terbangnya bawa anak. Cemasnya berkali2 lipat. Jadi sekarang siasatin, menghindari terbang malam, terus pake bajunya warna terang. Duh, takut deh, pokoknya.

  29. Aku baru tahu istilah aviophobia, Alhamdulillah belum pernah ngalamin. Aku jadi ingat film seri zaman dulu, The A Team, kan ada tuh anggotanya yang paling besar, BA Baracus. Sepertinya Baracus ini mengidap aviophobia, dia selalu takut terbang dan dibuat pingsan dulu.

  30. Alhamdulillah aku malah suka naik pesawat. Enggak pernah takut atau aneh-aneh gitu ih hehe

  31. Alhamdulillah saya enggak ada anxiety ini. Tapi kadang kalo pas lagi turbulance itu yang bikin takut.
    Sekarang ini ada satu maskapai yang saya paling hindari karena 2kali berturut naik maskapai ini rasanya pusing dan mual..

  32. Alhamdulillah saya ga takut naik pesawat, apalagi waktu pertama kali naik pesawat saat dinas luar kota dari kantor. Duduk dekat jendela dan nempelin muka ke kaca sepanjang perjalanan saking pengen liat pemandangan dari dalem pesawat dan faktor nora juga si karena pertama kali juga sih hahahah.

  33. selalu ada kecemasan saat detik-detik take off dan landing…apalagi kalau ada pengumuman cuaca buruk…

  34. Agak khawatir kalau naik pesawat yang jangka waktunya agak lama (lebih dr 1,5 jam), dan di malam hari.. lebih rentan cuaca buruk dan turbulensi, ini sih yang bikin takut hehehe..

  35. Temanku baru kemarin cerita kalau dia takut naik pesawat, aku rasa aku bakal share artikel mba maya ini supaya dia bisa mencoba tips-tips dari mba maya. Terima kasih atas sharingnya ya, mba

  36. Oh jadi rasa cemas saat naik pesawat itu namanya aviophobia. Jadi ingat drama korea yg judulnya its ok thats love. Temanya tentang dokter psikiater, menangani beberapa ganguan psikologis dan sang dokter yg selalu menyakinkan pasiennya kalau kesembuhan itu berawal dari diri sendiri. Obat paling ambuh adalah si pasien sadar kalau dia sakin dan berusaha untuk sembuh.

  37. Wah makasih infonya, sangat bermanfaat banget buatku. Dari pertama kali naik pesawat sampai sekarang kalau naik pesawat masih takut dan tegang.. Semoga bisa segera diatasi rasa takutnya ini..

  38. saya ada anxiety disorder, tp ga phobia naik pesawat. Dibawa tidur aja kalo di pesawat mah hehehe

  39. Wah baru tahu nih istilah Aviophobia. Naik pesawat selalu bikin deg-degan sih. Terutama Take off sama landing. Artikel yang menarik dan informatif Mba.

  40. Akubjuga punya phobia bicara di depan umum. Tp keadaan buat aku melawan phobia itu saat ditunjuk jd asisten dosen untuk ngajar di depan kelas. Gak kebayang aku bisa ngelewatinnya

  41. aku takut ketinggiannya paling kalau dari mall lantai paling atas lihat ke bawah langsung, serasa mau ditarik ke bawah, hahhaha.

    kalau di pesawat paling takut kalau turbelensi dan landing yang ga smooth, bikin deg-degan hahahha.

  42. Beruntungnya saya enggak perlu mengalami aviophobia, cuma pernah sedikit shock waktu balik Jakarta pesawatnya tiba-tiba mengalami turbulensi dan cuacanya lagi buruk. Saat itu saya cuma bisa berdoa dalam hati, memohon untuk masih diberi hidup… Hehehe… Jadi lucu kalo mengingatnya, sekarang kalo Si Mba Dan Si Mas Pramugara on duty dan bicara panjang lebar soal how to deal with unpredictable condition, saya jadi lebih aware. Takut lupa soalnya. Terima kasih sharingnya Kak Mae.

  43. Pengalaman pertama kali naik pesawat ke manado, sempet di takut-takutin temen karena itu merupakan jalur pesawat adam air yang pernah jatuh dan tenggelam dulu. Sempet ketakutan tiap ada sedikit getaran langsung pegangan, tapi sekarang karena kerjaan menuntut sering naik pesawat, malah sangat terbiasa bahkan cenderung hampir bosan hehe

    • Duh, temennya kok iseng banget sih nakut-nakutin orang. Untungnya lama-kelamaan sudah terbiasa yaa. Wah ini bisa jadi ide tulisan selanjutnya : tips menghilangkan bosan karena keseringan naik pesawat, wkwkk

  44. Aku pernah nonton film tentang Aviophobia, tapi baru tahu istilah dan penjelasan konkritnya melalui tulisan Kak Mae. Terima kasih infonya, Kak.

  45. tuty prihartiny

    Assalamualikum Kak Mae,
    Pas banget nih, teman saya selalu saja mencari alasan untuk menghindari perjalanan menggunakan pesawat. Izin ya Kak, saya share link tulisan ini ke ybs, semoga dengan tips yang kakak sampaikan, dia sedikit demi sedikit bisa mengatasi kondisi aviophobia nya. Terimakasi untuk tulisan berfaedahnya.

    • Waalaikum salam, Kak Tuty. Semoga teman Kak Tuty bisa mengatasi ketakutannya terhadap penerbangan ya. Terimakasih sudah meluangkan waktu membaca dan share artikel di website Nirmal Media ini.

  46. Alhamdulillah yah aku mah enggak pernah takut naik pesawat. Malah suka aja kalo naik pesawat. Biasanya orang kaloe nggak suka naik pesawat, ambil malem biar bisa tidur di pesawat.

  47. pas Banget nih materinya. Gw jujurbaj blom pernah naik pesawat. Selalu ngindar. Karena takut nyoba, ngebayanginya aj udah ngeri

  48. duh.. untung banget saya gak kena aviophobia ya… secara seneng banget jalan-jalan… dan semoga someday gak sampai terkena aviophobia ini… makasih infonya kak Mae

  49. Alhamdulillah aku tidak takut naik pesawat. Malah suka naik pesawat. Pernah sih agak ngeri ketika semacam belok gitu. Tapi sekali aja. Dan udahannya biasa aja juga.

  50. Nice Artikel Ka.

    Om ku takut banget Naik Pesawat, sampai sekarang kalau pulang kampung ke Plembang, maunya naik kapal laut.

    Thank you for sharing 😉

  51. Walaupun sudah sering naik pesawat rasa takut itu akan tetap ada terutama diwaktu take off dan pesawat sedang melawan gaya gravitasi bumi disitulah jantung deg degan

  52. Dosenku takut banget naik pesawat. Pernah kepepet harus naik, tangannya panas dingin. Thank you sharingnya yak, aku share ke beliau

  53. takut naek pesawat?? jadi inget film the A team.. si BA yang harus di pingsanin dlu atau pemain bola denis berngkamp.. nice inpoh kak..

  54. Aku malah bahagia bukan main saat pesawat mulai naik. girang gtu rasanya, like, yeay Im fly

  55. Ini sepupuku banget ini. Udah beli koper demi pengen naik pesawat. Ehh pas dikasih pilihan buat beli tiket pesawat atau kereta, pada akhirnya milih lereta gegara sadar kalau dia nggak berani. Haha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
Lewat ke baris perkakas