Home / Wisata / Wisata Alam / Laut dan Pulau / Taman Nasional Kepulauan Togean, Surga Tersembunyi di Sulawesi Tengah

Taman Nasional Kepulauan Togean, Surga Tersembunyi di Sulawesi Tengah

Kepulauan Togean Sulawesi Tengah merupakan surga tersembunyi di Kabupaten Tojo Una – Una, Provinsi Sulawesi Tengah. Alamnya yang super cantik mampu mengundang siapa saja untuk ke datang ke tempat ini. Sejak Kementerian Pariwisata merilis tagline Wonderful Indonesia dengan Togean sebagai salah satu obyek wisata yang dipromosikan, Taman Nasional Laut ini menjelma menjadi satu destinasi wisata baru yang amat digemari.

Foto @yanuarriansyah

Keunikan Kepulauan Togean Sulawesi Tengah

Daya tarik utama Togean adalah kekuatan diversitas alamnya. Alam bawah laut Kepulauan Togean begitu kaya akan biota laut. Jika kita snorkling dan terjun ke dalam laut, akan kita temukan berbagai terumbu karang cantik nan berkilauan. Di tempat ini, kamu akan menemukan tiga gugus karang dengan karakteristik berbeda. Salah satunya ada karang atol, karang barier, dan karang pantai.

Terumbu karang yang ada di Kepuluan Togean sangat menyilaukan mata, itulah kesan awal bagi para penyelam saat pertama kali terjun ke dalam perairan Kepulauan Togean. Mata kamu akan dibuat semakin berbinar – binar, dengan kemunculan biota-biota langka. Lha kok langka? Betul, ada sebagian biota laut di Kepulauan Togean yang langka juga sekaligus dilindungi.

Namanya aja dilindungi, sudah pasti sekali kalau biota yang ada di perairan Teluk Togean ini tidak boleh dibunuh, apalagi dijadikan kuliner khas. Beberapa biota laut langka di perairan Teluk Togean salah satunya yaitu ada pesut mahakam, prisstis microdon, ikan naga laut, dan masih banyak biota langka lainnya.

Kepulauan Togean bisa semenarik itu karena proses pembentukan Kepulauan Togean sendiri sangat unik. Kepulauan Togean dibentuk oleh aktivitas vulkanis berjuta-juta tahun yang lalu. Aktivitas vulkanis yang begitu tinggi itu kemudian membuat retakan-retakan tektonik di kawasan Kabalutan.

Sehingga Kepulauan Togean mempunyai 6 pulau besar, dan beberapa pulau-pulau kecil lainnya. Total pulau yang terbentuk oleh aktivitas vulkanis di pulau ini mencapai 60 pulau. Gak salahlah, jika dilihat dari helikopter, kalau kawasan Kepulauan Togean ini nampak seperti komplek perpulauan berjejer-jejer rapi, ya karena memang jumlah pulau-pulaunya sendiri yang sangat banyak.

Kendati ada banyak pulau di tempat ini. Tidak semua pulau berpenghuni lho, juga tidak semua pulau menjadi destinasi utama para pelancong. Hanya ada beberapa pulau tertentu yang pengunjungnya membuncah setiap hari.

Foto @tetraodontiform

Ada Wisata Apa Saja di Kepulauan Togean?

Wisata di Togean banyak banget. Di sini ada wisata kebudayaan masyarakat Togean, binatang khas Sulawesi, hingga bentang alam tanah dan pantainya yang menawan. Tapi yang paling menarik tentu wisata pantai dan wisata bawah lautnya. Beberapa destinasi wisata lain yang diunggulkan di Kepulauan Togean salah satunya ada wisata Gunung Colo, Karina Beach, Danau ubur-ubur, Pantai Sera, California Reef, Taipi Wall, dan masih banyak yang lainnya lagi.

Pulau dengan pengunjung sangat banyak bisa kamu temui di Pulau Taupan, Pulau Pangempa, Pulau Bolilanga, Pulau Kulingkinari, Pulau California, dan beberapa pulau lainnya.

Foto @tetraodontiform

Berkunjung ke Kepulaun Togean serasa di surga. Gradasi warna laut yang bening, serta bebas sampah menjadikan tempat wisata Kepulauan Togean menjadi salah satu kawasan dengan lingkungan yang terjaga. Perumahan dan penginapan yang ada di Togean sangat memperhatikan betul sistem persampahan. Sampah berupa organik maupun un-organik diolah dengan SOP kepariwisataan. Karena sistem pengaturan sampah yang bagus inilah, kenapa kamu gak bakalan nemuin sampah berserakan di laut.

Baca juga : Wisata Embung Nglanggeran di Gunung Kidul

Bahkan banyak orang menilai. Kebersihan perairan di Kepulauan Togean ini setara dengan kebersihan perairan yang ada di Maldives. Ya tidak “lebay-njeblay” sih, menyamakan Kepulauan Togean dengan pusat snorkling terbaik dunia Maldives, karena memang pemandangan visual bawah lautnya sendiri yang sangat rupawan.

Berkunjung ke Kepulauan Togean bisa dilakukan oleh orang – orang dari profesi apapun. Mau dokter kek, arsitek kek, guru kek, penulis kek, atau buat kamu yang ngaku seorang sejarawan cocok-cocok saja berkunjung ke Kepulauan Togean ini. Bahkan buat kamu yang berprofesi sebagai sejarawan nih ya, ada spot menarik di Kepulaun Togean yang recommended banget untuk diamati.

Salah satu spot menarik yang cocok untuk diamati oleh seorang sejarawan salah satunya yaitu bangkai pesawat B24. Bangkai pesawat ini jatuh di sekitaran perairan Pulau Enam. Pesawat milik AS ini diperkirakan jatuh pada tahun 1945. Pesawat ini kini ditumbuhi banyak lumut, dan karang. Pesawat B24 menjadi tempat menginapnya para ikan, sekaligus menjadi objek menarik bagi para snorkling, juga pemerhati sejarah.

Foto @rikasharsa

Akses Transportasi Menuju  Kepulauan Togean Sulawesi Tengah

Seperti yang sudah di jelaskan sebelumnya ya, Togean ini terdiri dari 60 gugus pulau yang agak sedikit berjauhan. Untuk menuju satu pulau ke pulau lainnya, para pengunjung harus menggunakan nelayan, speed boad atau Kapal Fery.

Foto newakurat.com

Bagi kamu yang pingin banget buat datang ke Kepulaun Togean. Kepulaun Togean sendiri bisa diakses melalui beragam cara. Berikut beberapa cara terbaik untuk menuju ke Kepulauan Togean.

Via Kota Ampana

Kamu bisa pergi ke Kepuluan Togean melalui ibu kota Provinsi Sulawesi Tengah, yaitu melalui Kota Palu. Setelah berada di Kota Palu, perjalanan berikutnya ke Kota Ampana. Jarak antara Kota Palu dengan Kota Ampana sendiri sekitar 375 kilometer. Melewati Kota Poso, dan kota-kota lainnya. Jarak sejauh 375 KM ini biasanya bisa ditempuh selama 10 jam lamanya.

Setelah sudah mencapai kawasan Kota Ampana, tepatnya di Pelabuan Ampana. Perjalanan berikutnya kemudian dilanjutkan dengan memakai kapal motor selama 4-5 jam menuju Pelabuhan Wakai. Di Kota Ampana juga tersedia kapal yang lebih cepat, bisa dipersingkat waktu tempuhnya.

Via Gorontalo

Setelah berhasil mendarat sukses di Bandara Jalaluddin Gorontalo. Selanjutnya kita melanjutkan perjalanan ke Pelabuhan Gorontalo. Di pelabuhan, gunakanlah Kapal Fery, dengan rutte Tuna Tomini – Waka Togean.

Tapi sayangnya jadwal keberangkatan Kapal Fery ini tidak beroperasi setiap hari. Hanya ada di hari Selasa dan hari Jumat saja. Sementara waktu keberangkatannya sekitar pukul 18:00 WITA. Dengan jarak tempuh kurang lebih sekitar 12 jam lamanya.

Foto @tife89

Penginapan dan Resort di Kepulauan Togean Sulawesi Tengah

Kendati ada beberapa pulau yang sama sekali belum berpenghuni. Tetapi ada lho sebagian pulau di Kepulauan Togean yang sudah ada resort dan penginapannya. Beberapa resort dan penginapan yang ada di Togean salah satunya sebagai berikut.

Poya Lisa

Mau yang lebih murah lagi ? Datang saja ke penginapan Poya Lisa. Harga sewa per malamnya sendiri kurang lebih sekitar 150 ribu saja. Penginapan ini sendiri terletak di Pulau Poyalisa. Pembokingan penginapan bisa melalui kontak berikut 081239538675.

Lestari Cottage

Mau yang murahnya lebih kebangetan ? Datang saja ke penginapan Lestari Cottege. Di tempat ini biaya menginap per malamnya hanya Rp 110 saja. Pembokingan penginapan di Lestari Cottage bisa melalui kontak berikut 085241998586

Foto : Tripadvisor.com

Black Marlin

Black Marlin, salah satu tempat penginapan dengan harga termurah ini terletak di Pulau Kediri. Untuk harga sewa per malamnya sendiri hanya Rp 200 ribu hingga Rp 300 ribu saja. Untuk mencapai ke tempat penginapan ini, bisa ditempuh selama 30 menit dari Pelabuhan Wakai. Reservasi bisa melalui contact 0856 5720 2004.

Foto blackmarlindiving.com

 

Kamu penasaran buat datang ke Kepulauan Togean Sulawesi Tengah? Kalau iya, segera saja deh!  Dijamin pucat di mukamu bakalan hilang, hehe. Semoga informasi ini bermanfaat ya!

Sumber : Backpacker Jakarta

 

 

About Maya Nirmala Sari

Citizen Journalist. Gemar belajar dan mencoba hal baru. Mencintai bumi dan buah-buahan. Founder Komunitas Kuliner Solo (KuLo). Owner Galeri Craft @Maenequeen

Check Also

Candi Abang di Sleman yang Unik

Candi Abang di Sleman menjadi daya tarik tersendiri saat berkunjung ke Jogjakarta. Tapi jangan kaget …

53 comments

  1. Cantik banget alamnya kak! Ah, jadi penasaran ingin mengexplore sulawesi nih. Alamnya gak kalah indah dari indonesia bagian timur. Bikin jatuh cinta liatnya

  2. Wah menarik banget, udah masuk list ku sih pualu Togean ini. Semoga tahun depan bisa kesampaian datang ke sana..

  3. Via Bandara Luwuk dan Poso juga bisa kak, lebih dekat malah dengan Ampana. Memang Pesona Togean akan memikat pencinta diving.

  4. Obyek wisata ini sungguh terlihat asri. Semoga di waktu yang akan datang keindahannya akan tetap lestari.

  5. Wah menarik sekali bisa menemukan fauna langka di tempat ini. Semoga dengan semakin populernya Togean, tempat ini tetap lestari.

  6. Warna air lautnya bikin pingin datang kesana.
    BTW, ada pesut mahakamnya juga ya. Baru tau saya…

  7. Indonesia Timur alam dan bawah lautnya emang juarak !!!
    Semoga suatu hari bisa menjejakkan kaki ke tempat ini..

  8. Togean salah satu big 5 yang masuk Lonely Planet Indonesia, setelah Bromo dan Ijen. Termasuk yang mahal karena aksesnya yg rada susah

  9. Pemandangan alamnya indah banget, ngebayangin duduk di pinggir pantai sambil baca buku duh nikmat sekali. Btw aku baru denger Prisstis microdon, jadi penasaran sejenis apa.

  10. Indah sekali ya kak.. Infonya lengkap tinggal kapan bisa mengikuti jejak kesana

  11. Ih mantap kali ini tempat… Jadi pengen ke Togean juga! Makasih infonya ya.

  12. Waw salvador dalinya besar banget. Semoga tetap eksis sepanjang tahun. Tidak memutih terkontaminasi aktivitas wisata.

  13. Asli si kalo Indonesia timur itu bikin ngiler buat dikunjungin, togean boleh juga nih buat dijadikan salah satu list detinasi wisata

  14. Heran deh, Sulawesi itu nggak pernah nggak bagus, ya. Itu lautnya bikin pengen nyebur aja. Warnanya bagus banget. Menurutku nama Togean itu unik. Mengingatkan pada sayuran yang biasa buat campuran soto dan bakwan 😀

  15. wah kak pesona alamnya indah banget. beruntungnya yang sudah pernah kesana. Indonesia memang kece semua alamnya. Love.

  16. Aku ini seorang yang mengaku backpacker, tapi menginjakkan kaki ke Sulawesi aja belum pernah, hiks. Harus diniatkan ke Togean nih, cantik banget pantai dan lautnya

  17. Beberapa waktu lalu saya sempat mengunjungi Togean, sengaja lewat jalur darat dari Kendari, agar dapat menikmati keindahan alam yang luar biasa sepanjang jalan sebelum menyeberang ke Togean.
    Yang paling berkesan adalah wisatawan diminta untuk menjaga kelestarian alam seperti mandi dengan air saja,
    serta kapal beberapa kali berhenti atau memperlambat jalan, agar hiu dan hewan laut lainnya tidak terganggu.
    Yuks Kak Mae, bareng saya ke sana lagi.

  18. Wah terharu. Ternyata mereka sangat peduli dan menjaga kekayaan alam. Semoga tetapn lestari

  19. Indah banget pemandangannya. Masuk whislist nih buat berkunjung ke sana. Semoga segera terkabul

  20. Huaaaa aku jadi kepingin banget deh ke kepulauan togean. Emg lagi butuh bgt liburan Kak. Ku stress nih kerja muluk hehe

  21. Foto-fotonya keren banget ya kak Nirmala. Dan penginapannya tergolong murah menurutku untuk pemandangan secakep itu. Semoga suatu saat bisa ke Togean.

  22. Duh viewnya bener-bener memanjakan mata banget kak. Suka banget

  23. Aaa bagus banget foto-fotonya jadi mau ke sana.. Rasanya mau nyebur, Kak. Makasih ya sudah memanjakan mata saya dan membuat saya berkhayal sedang berenang di laut. Hehe!

  24. Indah sekali alamnya,,, jadi pengen pergi kepulauan togean

  25. bagus banget view nya. terima kasih ka udah nge-share pilihan untuk penginapan beserta harganya. sungguh lengkap 😀

  26. Duh liat foto2nya langsung ngiler pengen masukin togean ke bucketlist.. sulawesi jempolan sekali.. warna airnya biru.. bikin yang liat pengen nyebur.. tapi kayaknya bakal lebih afdol kalo punya diving lisence nih.. biar bisa nyelem2 cantik di dalemnya

  27. Kalau liat laut indah, view bawah laut indah. jadi pengen belajar diving. Tongean keren banget sih.

  28. Bawa budged berapa amannya kesana May….? itu yang foto divingnya kereen banget…

  29. Infonya lengkap sampe ada no kontaknya. Baru tahu kalau ditogean ada bangkai kapal perang. Menarik buat di jelajahi

  30. pengen deh kesana!!!
    aduh bikin baper aja nih kak >_<

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
Lewat ke baris perkakas