Home / Kuliner / 6 Rekomendasi Lokasi Berburu Kuliner Solo Malam Hari

6 Rekomendasi Lokasi Berburu Kuliner Solo Malam Hari

Kuliner Solo tidak pernah tidur. Kamu tidak perlu khawatir kelaparan di tengah malam saat berkunjung ke Kota Solo. Kuliner Solo malam hari tidak kalah lezatnya dengan kuliner yang banyak tersedia pada siang hari. Bahka, ada beberapa kuliner Solo yang khusus dijual pada malam hari. Penasaran?

Solo pada Malam Hari (foto : http://2.bp.blogspot.com)

Seni dalam menikmati kuliner masing-masing orang memang tidak sama. Ada yang seleranya memasak dan makan dirumah, ada juga yang hobinya cari kuliner dil uar rumah. Masing-masing memang memiliki keunggulannya tersendiri.  Kalau kamu suka berkumpul dengan keluarga dan senang berkreasi dengan resep-resep masakan yang baru, maka memasak dirumah cocok untuk kamu. Namun bagi kamu yang gemar jalan-jalan, hang out dengan teman,  atau berwisata, maka makan diluar alias wisata kuliner cocok  banget buat kamu.

Nah, khusus bagi kamu yang kebetulan sedang berada atau tinggal di kota Solo, pasti tahu bahwa kota ini memiliki banyak tempat makan yang terkenal. Bahkan kamu bisa menemukan kuliner dalam 24 jam sehari alias non-stop lho. Asyik kan? Hal Ini tentu menjadi sebuah berita baik bagi kamu, terutama penikmat kuliner di malam hari, atau misalnya kamu memang sedang kelaparan di malam hari, maka sajian kuliner di Solo bisa menyelamatkanmu dari kelaparan serius. Dari mulai warung wedhangan atau biasa disebut dengan HIK (Hidangan Istimewa Kampung) yang ada di hampir tiap sudut-sudut jalan kampung di kota Solo, hingga spot kuliner terkenal yang menjadi langganan para pendatang.

Berikut ini merupakan rekomendasi lokasi berburu kuliner Solo malam hari yang patut kamu coba. Simak ya!

1. Gudeg Ceker Margoyudan

Kuliner Solo Malam Hari Gudeg Ceker Margoyudan (foto : pengusahadahsyat.com)

Di warung Gudeg Ceker Margoyudan tersaji racikan masakan Gudeg yang super lezat. Dengan jam buka operasional mulai jam 00.00 WIB praktis kamu harus siap melawan kantuk dan udara dingin jika ingin ke lokasi  Gudeg Ceker Margoyudan. Selain racikan Gudeg Ceker yang memang komplit, nasi yang dipakai untuk menyajikan gudeg tidak lah sama seperti gudeg jogja lho, kalau di Gudeg Ceker Margoyudan, kamu akan merasakan nasi gurih yang biasa dipakai dalam sajian nasi liwet. Kuliner Solo malam hari ini snagat terkenal loo!

Perpaduan rasa gurih dan manis berpadu menjadi menu yang sangat disukai banyak orang. Kamu akan benar-benar merasakan rasa yang memanjakan lidah saat menyantapnya. Berlokasi di jalan Wolter Monginsidi, Surakarta, Gudeg Ceker Margoyudan tak pernah sepi diserbu pelanggan. Jadi kamu harus siap antri juga yah demi kuliner lezat ini. Pengalaman berburu kuliner solo malam hari akan terasa makin lengkap saat kamu sudah mampir ditempat ini.

2. Nasi liwet Bu Wongso Lemu

Kuliner Solo Malam Hari Nasi Liwet Wongso Lemu (foto : ubermoon.me)

Kuliner Solo malam hari berikutnya yang patut kamu coba adalah nasi liwet. Jika menilik asal muasalnya nasi liwet memang menu yang paling terkenal di kota Solo. Maka tak heran bila ada banyak sekali penjual kuliner nasi liwet di kota Solo, bahkan banyak juga di wilayah-wilayah eks karesidenan Surakarta seperti Sukoharjo, Karanganyar, Boyolali, Sragen, Wonogiri dan Klaten.

Namun bila dilihat dari popularitasnya nasi liwet Bu Wongso Lemu-lah yang paling dikenal orang. Maklum selain memang rasanya yang terkenal khas dan lezat, lokasi warung nasi liwet Bu Wongso Lemu juga berada tepat dijantung ekonomi kota Solo, yaitu di sekitar Jalan Slamet Riyadi, atau persisnya di jalan Teuku Umar, Keprabon, kota Solo.

Warung nasi liwet Bu Wongso Lemu akan memberikan sensasi berburu kuliner Solo malam hari yang patut dicoba. Karena warung nasi liwet Bu Wongso Lemu  telah menggunakan resep keluarga yang sudah dipakai sejak tahun 1950-an. Warung nasi liwet Bu Wongso Lemu buka dari sore jam 16.00 hingga 01.00 (dini hari).

3. Wedhangan atau HIK (Hidangan Istimewa Kampung)

Kuliner Solo Malam Hari Wedhangan (foto : bola.inilah.com)

Wedhangan di kota Solo, atau biasa disebut Angkringan di kota Yogyakarta, adalah sebuah warung makan dengan hidangan khas berupa nasi kucing (atau nasi sambal bandeng), nasi oseng-oseng, aneka gorengan dan berbagai varian minuman. Kuliner Solo malam hari ini patut kamu coba.

Di beberapa lokasi wedhangan, kamu bisa memesan berbagai jenis minuman panas maupun dingin disini, mulai dari teh, kopi, susu, dan berbagai minuman instan sachet. Wedhangan juga menjadi tempat favorit kebanyakan masyarakat solo dikala sedang santai dengan kolega, atau sekadar makan malam. Penjual dan makanan yang dijual pun, berasal dari kampung setempat. Itulah mengapa tempat ini sering disebut HIK (Hidangan Istimewa Kampung) oleh warga Solo.

4. Galabo (Gladak Langen Bogan)

Kuliner Solo Malam Hari GaLaBo (foto : kuliner.panduanwisata.id)

Bila kamu ingin mencoba tempat kuliner yang lebih seru bisa berkunjung ke lokasi GALABO atau Gala Boga yang terletak persis di sepanjang Jalan Mayor Sunaryo, atau tepatnya didepan lokasi Pusat Grosir Solo (PGS). Kamu bisa mulai menikmati Galabo dari sejak pukul 17.00 WIB hingga tengah malam. Selain lengkap dan bernuansa outdoor cafe. Tempat ini juga sering diadakan acara pertunjukan musik, sehingga cukup ramai dikunjungi pengunjung. Galabo sendiri dahulu petama kali diresmikan oleh Presiden Jokowi sendiri lho, sewaktu masih menjabat walikota Solo.

5. Susu Segar Shi Jack

Kuliner Solo Malam Hari Susu Segar Shi Jack (foto : twitter.com/tentangsolo)

Kuliner yang satu ini rajanya Susu Segar dikota Solo. Selain sebagai pionir atau perintis warung susu segar di kota Solo sejak 1986, warung susu Shi Jack juga telah memiliki 12 cabang yang  tesebar di seluruh area Solo. Selain nama-nama menu racikan susu segar yang unik, warung Shi jack hadir dengan 50 jenis menu susu, dan berbagai makanan pelengkap. Misalnya sate telur puyuh, daging puyuh, gorengan, nasi bandeng, nasi goreng dan lain sebagainya. Dengan jam operasional buka mulai jam 18.00 sampai jam 02.00 WIB, warung susu Shi jack sangat cocok untuk kamu jadikan tempat berburu kuliner Solo malam hari.

 

6. Soto Mbak Ronggeng

Kuliner Solo Malam Hari Soto Mbak Ronggeng (foto : hartonotradecenter.com)

Nah menu terakhir kita berburu kuliner Solo malam hari kali ini adalah Soto Mbak Ronggeng! Apa istimewanya? Banyak. Kuah bumbu dari Soto Mbak Ronggeng membuat jatuh hati para pelanggan setianya. Apalagi jika kamu sedang lapar ditengah malam, atau perlu yang segar-segar tapi menghangatkan dan mengenyangkan. Soto Mbak Ronggeng jawabannya.

Lokasinya mudah ditemukan kok, yaitu di sekitar jalan S. Parman, Setabelan, Banjarsari. Tepatnya didepan toko kain ‘Spesial’ di barat Pasar Legi, kota Solo. Buka dari jam 23.00 WIB sampai jam 04.00 WIB menjelang subuh,  Soto Mbak Ronggeng dijamin akan memberikan sensai kehangatan dan kenikmatan kuliner yang mantap untuk layak kamu coba.

Demikian 6 rekomendasi berburu kuliner Solo malam hari yang terkenal dan layak untuk kamu coba. Selamat berburu kuliner Solo malam hari yah!

About Wagito Hafidz

Check Also

Kenikmatan Bersantap Ayam Geprek Mbah So Banjarsari

Tempat nyaman dan makanan enak, dua hal ini sudah menjadi kebutuhan primer bagi keberlangsungan aktivitas …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
Lewat ke baris perkakas