Home / Info & Tips / Bisnis & Keuangan / 4 Strategi Service Marketing untuk Mendatangkan Banyak Konsumen

4 Strategi Service Marketing untuk Mendatangkan Banyak Konsumen

Marketing adalah salah satu hal yang tidak bisa dipisahkan dari dunia bisnis. Salah satu hal yang erat kaitannya adalah strategi service marketing dimana produsen memberikan pelayanan terbaik untuk customernya. Dengan adanya service marketing yang baik, para customer pasti akan merasa puas. Inilah salah satu cara untuk mendapatkan kepercayaan dan pelanggan yang akan membantu perusahaan agar tetap berjalan dengan lancar.

Ketatnya persaingan di bidang bisnis dan banyaknya perusahaan lain yang sejenis menjadi suatu tantangan bagi sebuah perusahaan. Karena banyak pilihan produk, konsumen bisa bebas memilih produk mana saja yang ingin digunakan.Jika strategi service marketing tidak dikuasai dengan baik oleh perusahaan, bisnis yang dijalankan akan kalah saing dengan kompetitor. Dengan begitu, laba yang didapatkan tidak bisa maksimal. Oleh sebab itulah, pikirkan strategi apa yang paling cocok untuk digunakan supaya usaha dapat tumbuh dengan pesat.

Baca Juga : Kesalahan Pemasaran Produk Anak-Anak yang Harus Dihindari

Strategi Service Marketing (foto : Pixabay)
Strategi Service Marketing (foto : Pixabay)

Karakteristik Service Marketing

Kenalilah beberapa karakteristik service marketing yang biasanya digunakan dalam strategi service marketing sehingga Anda sudah cukup familiar dan mengetahuinya.

  1. Intangibility (tidak berwujud)

Sifat dasar dari service adalah sesuatu yang tidak bisa dilihat namun dapat dirasakan manfaatnya.

  1. Inseparability (tidak dapat dipisahkan)

Jasa yang ditawarkan akan dikonsumsi didalam kurun waktu dan tempat yang sama.

  1. Variability atau inconsistency (keanekaragaman)

Banyak hal yang membentuk sebuah service diantaranya adalah kualitas, kuantitas, kapan diproduksi, siapa dan lain sebagainya.

  1. Perishability (tidak tahan lama)

Produk jasa tidak bisa tahan lama dan tidak bisa disimpan karena saat digunakan, saat itu juga manfaatnya dapat dirasakan.

  1. Lack of ownership

Hal ini berkaitan dengan akses pembeli akan jasa yang digunakan hanya dapat digunakan pada jangka waktu tertentu saja.

Baca Juga : Bagaimana Cara Membangun Brand Equity? Yuk Cek 4 Strategi Berikut Ini!

Strategi Service Marketing (foto : Pixabay)

Strategi Service Marketing (foto : Pixabay)

Strategi Service Marketing yang Bisa Dicoba

Sebuah produk dikatakan baik tidak hanya karena kualitasnya tetapi juga tentang service yang diberikan. Dengan service yang baik, customer akan merasa dihargai dan puas. Terkadang seorang customer berpindah ke produk lain bisa jadi karena merasa pelayanan yang diberikan buruk, tidak memuaskan dan tidak lagi nyaman. Analisis ini perlu dilakukan oleh perusahaan untuk meningkatkan pelayanan terhadap customer. Berikut ini adalah strategi service marketing yang dapat Anda coba.

  1. Berikan pelayanan prima

Memberikan pelayanan prima adalah kunci utama dalam hal service marketing. Tanpa disadari saat Anda memberikan service marketing yang terbaik, proses marketing sudah mulai berjalan. Customer yang merasa cocok pasti akan terus berlangganan dan bisa menjadi marketing kita karena menceritakan pengalamannya ke orang lain dan mendatangkan customer secara tidak langsung. Hal ini sangatlah bagus karena dapat mendatangkan keuntungan dan upaya marketing kita dapat dikatakan sukses.

  1. Tentukan harga yang sebanding dengan kualitas

Dalam menjalankan bisnis jasa, sebaiknya Anda mampu mengukur harga yang sesuai dengan kualitas yang diberikan.Jika harga yang dipatok terlalu tinggi karena tidak sesuai dengan manfaat yang didapatkan, tentu saja konsumen akan pergi. Dengan begitu, dampaknya ialah Anda tidak akan mendapatkan penghasilan karena kehilangan konsumen.

  1. Ikuti perkembangan teknologi

Jaman semakin maju dan teknologi juga berkembang dengan pesat. Sebagai pelaku bisnis Anda harus mengikuti perkembangan teknologi dan memanfaatkannya. Dengan adanya teknologi, pekerjaan Anda akan semakin mudah, cepat, hemat waktu dan biaya.

  1. Maksimalkan sumber daya manusia

Untuk melakukan pemasaran, carilah sumber daya manusia yang dapat berkomunikasi dengan baik, persuasive dan dapat menarik perhatian konsumen. Dengan cara tersebut, banyak customer yang akan tertarik sehingga menambah keuntungan Anda.

Baca Juga : Tips Bisnis Mainan Untuk Pemula Agar Laris dan Untung Banyak

Setelah mengetahui strategi service marketing, sekarang saatnya Anda mengambil langkah yang tepat. Susunlah strategi sebaik mungkin sesuai dengan keadaan perusahaan Anda. Semoga usaha yang dilakukan dapat membuahkan hasil yang maksimal.

About Maya Nirmala Sari

Citizen Journalist. Gemar belajar dan mencoba hal baru. Mencintai bumi dan buah-buahan. Founder Komunitas Kuliner Solo (KuLo). Owner Galeri Craft @Maenequeen

Check Also

Mau ke Taman Bermain Anak di Yogyakarta? Beli Tiketnya di Traveloka Xperience!

Hmmm, setelah satu minggu anak-anak merasakan penat dengan segala aktifitas sekolahnya, alangkah serunya jika akhir …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *