Home / Info & Tips / Bisnis & Keuangan / 4 Tips Bisnis Tour & Travel Untuk Pemula Agar Sukses

4 Tips Bisnis Tour & Travel Untuk Pemula Agar Sukses

Salah satu bisnis yang menjanjikan saat ini adalah jasa tour dan travel.Sebab, semakin banyak orang yang senang melakukan perjalanan dengan mudah dan nyaman. Bagi Anda yang ingin memulai bisnis ini, simaklah  tips bisnis tour & travel agar dapat menjadi penyedia jasa yang handal bagi customer. Hal ini sangat penting karena tanpa menguasai ilmunya Anda akan mengalami kesulitan dalam menjalankannya dengan baik dan menarik banyak pelanggan.

Kunci utama dalam tips bisnis tour & travel sebenarnya terletak dalam segi kemudahan, kenyamanan dan juga kepraktisan. Tujuan melakukan tour dan travel pada umumnya adalah ingin mendapatkan kesenangan dan kenyamanan selama berwisata. Anda dapat memberikan penawaran lengkap dalam satu paket dengan pilihan paket wisata, akomodasi hotel, transportasi dan juga tiketnya. Agar Anda lebih tahu tentang hal ini, ada beberapa informasi yang harus diketahui.

Tips Bisnis Tour & Travel (foto : iStockfoto)

Beberapa Tips Bisnis Tour & Travel Yang Harus Anda Tahu

  • Tentukan jenis bisnis tour dan travel

Jenis bisnis tour dan travel ada berbagai macam. Hal ini adalah peluang yang bagus bagi Anda yang ingin mengambil peluang. Lihatlah pangsa pasar di sekitar Anda, apa yang paling dibutuhkan dan jadikan hal tersebut sebagai pilihan yang Anda tawarkan.  Beberapa hal yang paling besar peluangnya adalah penawaran paket wisata dan tiket pesawat.Namun tidak menutup kemungkinan Anda bisa mengambil jenis lainnya seperti penyewaan kendaraan, voucher hotel atau umrah dan haji.

  • Tentukan target bisnis dengan realistis

Anda pasti memiliki target dalam membangun suatu usaha. Namun saat awal merintis, buatlah target yang realistis dan jangan terlalu muluk agar tidak kecewa bila tidak sejalan dengan harapan. Target dibuat juga untuk mengukur seberapa maju usaha yang dijalankan. Lakukan evaluasi setiap bulannya untuk mengetahui apakah target dapat dicapai sesuai dengan keinginan atau tidak.

Disamping itu, Anda juga harus melihat kemajuan hasil dari penjualan melalui online dan offline. Perhitungkan pula jangka waktu dan budget yang Anda butuhkan untuk mencapai target yang sudah dibuat. Apabila masih jauh dari harapan, maka Anda harus merubah strategi agar mendapatkan hasil yang maksimal.

  • Melakukan riset di pangsa pasar

Analisis atau riset ke pangsa pasar merupakan hal yang penting untuk mengukur target pasar yang diinginkan. Hal ini juga akan membantu dalam penyusunan strategi marketing yang berkaitan dengan penggunaan budget dan penentuan harga. Cara yang dapat digunakan untuk melakukan riset ini antara lain adalah dengan melakukan survey ke calon pelanggan dengan meted online ataupun offline. Selain itu Anda juga dapat uji coba pasar untuk mengetahui selera para calon customer.

  • Memulai bisnis tour dan travel dengan sistem referral

Bagi Anda yang masih pemula, cobalahtips bisnis tour & travel dengan sistem referral ini. Cara menjalankan sistem ini adalah dengan merujuk para customer ke perusahaan perjalanan yang sudah memiliki nama dan besar. Dari sini akan ada pemasukan referral fee bagi setiap orang yang melakukan reservasi. Hal ini sangat menguntungkan bagi pebisnis tour dan travel pemula yang belum memiliki banyak modal. Oleh karena itu, pilihlah sistem referral yang tepat karena dapat membuka peluang bagi Anda mengembangkan bisnis lebih mudah ke berbagai tempat.

Setelah mengetahui 4 tips bisnis tour & travel diatas, segeralah mempraktekannya. Semua hal yang dijalani dengan sungguh-sungguh pasti akan memberikan hasil yang maksimal. Jangan lupa juga untuk selalu mengupdate segala macam informasi yang dapat menunjang kemajuan bisnis tour dan travel Anda.

About Maya Nirmala Sari

Citizen Journalist. Gemar belajar dan mencoba hal baru. Mencintai bumi dan buah-buahan. Founder Komunitas Kuliner Solo (KuLo). Owner Galeri Craft @Maenequeen

Check Also

Resmi Diluncurkan, Ini Dia Spesifikasi HONOR 10 Lite dan HONOR 8A

Halo, Sahabat Nirmala! Untuk kamu yang sering kesal dengan smartphone lamamu yang sering lemot dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.