5 Cara mendapatkan Modal Usaha untuk Mahasiswa

Cara mendapatkan modal usaha menjadi tantangan tersendiri bagi mahasiswa. Di mana motivasi untuk mengembangkan bisnis sedang menggebu-gebu, namun ternyata sulit menambah modal. Ingin mencari pinjaman usaha pun khawatir akan keribetannya.

Mulai membangun bisnis sejak masih pelajar dan mahasiswa telah menjadi tren yang positif saat ini. Tidak heran jika akhirnya banyak anak muda yang telah mendulang kesuksesan di awal usia 20 tahun-an. Sehingga bisa terhindar dari fenomena quarter life crisis.

Sayangnya, tidak semua mahasiswa memiliki sumber daya keuangan yang memadai. Sedangkan untuk membangun suatu bisnis membutuhkan modal finansial. Apakah hanya anak orang kaya yang bisa mulai berbisnis sejak mahasiswa? Tentu tidak.

Cara mendapatkan modal usaha

Jika kamu ingin memulai usaha namun belum memiliki modal yang cukup, jangan berkecil hati. Berikut 5 cara mendapatkan modal usaha untuk mahasiswa yang bisa kamu terapkan.

1.  Menyisihkan Uang Saku

Memulai sebuah bisnis tidak harus selalu membutuhkan modal yang besar. Kamu bisa mulai mengumpulkan modal usaha sedikit demi sedikit dengan menyisihkan uang saku atau uang jajan yang diberikan orang tuamu.

Kondisi finansial setiap orang tua atau keluarga tentu berbeda-beda. Kamu tidak perlu membanding-bandingkan uang saku yang diterima dengan milik teman-temanmu, karena hanya akan melemahkan semangatmu.

Tetaplah fokus mengumpulkan modal usaha dari menyisihkan sebagian uang saku secara rutin. Kamu dapat menghimpunnya pada rekening tabungan terpisah dari rekening operasional sehari-hari. Hal ini juga berguna sebagai pelajaran awal untuk terbiasa memisahkan rekening pribadi dengan rekening bisnis.

2.  Bekerja Sampingan

Cara dapat tambahan modal yang dapat dilakukan mahasiswa selanjutnya adalah dengan bekerja sampingan. Kamu bisa melakukan pekerjaan sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki, misalnya sebagai pengajar les privat, penulis lepas, fotografer, dan lain-lain.

Baca Juga :  Tips Memilih Nama Domain untuk Blog Personal

Manajemen waktu yang baik perlu diterapkan jika kamu memutuskan untuk bekerja sampingan atau side job sambil kuliah. Bagaimana pun pendidikanmu perlu diutamakan agar dapat selesai tepat waktu. Jangan sampai aktivitasmu dalam bekerja dan berbisnis akhirnya mengganggu kuliah.

3.  Memenangkan Lomba

Sebagai salah satu ujung tombak perekonomian negara, UMKM mendapatkan dukungan dari berbagai pihak, baik dari pihak pemerintah maupun swasta. Dukungan mengembangkan bisnis untuk mahasiswa juga bisa diwujudkan dalam bentuk penyelenggaraan lomba dengan hadiah modal usaha ratusan juta.

Kriteria lomba yang diselenggarakan bermacam-macam. Kamu bisa mengikuti lomba yang sesuai dengan kompetensi yang dimiliki. Sebagai contoh lomba inovasi usaha, lomba ide kreatif, lomba ide bisnis, dan lain-lain.

Selain untuk mendapatkan tambahan modal usaha, mengikuti lomba juga bisa menjadi ajang menjaring relasi bisnis. Kamu bisa berkenalan dengan sesama peserta, juri, panelis, dan pebisnis yang terlibat dalam acara tersebut.

4.  Mengajukan Proposal Bisnis

Cara mendapatkan modal usaha selanjutnya adalah dengan mengajukan proposal bisnis. Dana yang didapatkan bisa berupa dana hibah dari pemerintah, BUMN, maupun perusahaan swasta yang tidak ada kewajiban untuk bagi hasil atau mengembalikan dana pinjaman.

Kamu juga dapat mengajukan proposal bisnis kepada investor. Biasanya investor akan menganalisis prospek bisnis yang kamu kembangkan untuk mempertimbangkan kelayakan untuk mendapatkan dana investasi. Tentu saja nantinya ada bagian keuntungan yang perlu diberikan kepada investor.

5.  Memanfaatkan Akses Permodalan UMKM

Pada era digital saat ini akses permodalan UMKM dapat dimiliki siapa saja, termasuk mahasiswa. Kamu dapat memperoleh informasi tentang pinjaman usaha maupun Kredit usaha Rakyat (KUR) dari bank pemerintah dengan lebih mudah melalui smartphone.

Kabar baik nih buat kamu yang ingin mengetahui cara mendapatkan modal usaha. Kamu bisa mengajukan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari BNI, BSI, maupun pinjaman usaha dari Julo melalui fitur Pemodalku.

Baca Juga :  7 Tips Jitu Meningkatkan Traffic Website

Fitur Pemodalku merupakan fasilitas yang disediakan platform 99% Usahaku dari Telkomsel. Ini menjadi salah satu bukti nyata upaya Telkomsel dalam mengakselerasi inklusifitas keuangan yang lebih merata lagi bagi seluruh lapisan masyarakat.

Fitur Pemodalku di platform 99% Usahaku memudahkan pelaku UMKM mengakses produk keuangan dan menghubungkan dengan pemodal. Sehingga dapat membantu UMKM membuka peluang bisnis yang lebih luas guna mengembangkan usahanya.

Dikutip dari rilis yang diterbitkan Telkomsel, diharapkan hadirnya fitur Pemodalku dan pengembangan yang terus dilakukan dapat meningkaykan kapabilitas 99% Usahaku sebagai platform yang terus relevan bagi pelaku usaha serta menjadi andalan dari aneka ragam tantangan dari waktu ke waktu. Diharapkan inovasi ini dapat menjadikan platform 99% Usahaku sebagai mitra yang senantiasa hadir memberikan kemudahan bag UMKM di seluruh pelosok negeri.  

Ternyata cara mendapatkan modal usaha untuk mahasiswa tidak sesulit yang dibayangkan, bukan? Terdapat banyak akses permodalan UMKM yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan serta kemampuan.

Perlu diingat bahwa mengembangkan bisnis perlu diiringi dengan kehati-hatian dan manajemen risiko yang terukur. Setiap adanya peluang tentu terdapat risiko yang perlu dipertimbangkan. Tetaplah bijaksana dalam mengambil keputusan.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.