Home / Info & Tips / Bisnis & Keuangan / 5 Tips Memilih Nama Domain yang Tepat untuk Bisnis

5 Tips Memilih Nama Domain yang Tepat untuk Bisnis

Strategi promosi yang tepat sangat diperlukan untuk mempercepat perkembangan sebuah bisnis. Salah satu cara yang efektif adalah dengan memiliki sebuah website. Adanya website resmi dapat meningkatkan brand awareness dan menjaring pelanggan lebih luas. Biaya yang perlu dikeluarkan untuk membangun sebuah website juga sangat terjangkau dibandingkan dengan media promosi lain. Oleh karena itu, tidak dapat dipungkiri bahwa memiliki sebuah website merupakan hal yang sangat penting bagi sebuah bisnis. Bisnismu sudah punya website belum?

Baca Juga : Membuat Website untuk Usaha Online, Penting Gak Sih?

5 Tips Memilih Nama Domain untuk Bisnis (foto : Pixabay)

Beberapa Sahabat Nirmala sering curhat bahwa sebenarnya mereka sudah paham tentang pentingnya memiliki website untuk mengembangkan bisnis. Namun, banyak orang masih bingung saat harus menentukan nama domain. Bagaimana tips memilih nama domain untuk bisnis? Apakah harus panjang atau singkat saja? Apakah pakai kata yang umum atau nama yang unik? Bahkan, ketika sudah ditentukan dan website sudah siap, beberapa pemilik bisnis masih bingung dan berubah pikiran lalu ingin mengganti nama domain. Duh, tentu hal ini jadi tidak efektif ya!

Seperti kita ketahui, nama domain merupakan nama unik yang tidak bisa sama dengan milik orang lain. Nama domain ini digunakan untuk mengidentifikasi suatu alamat server komputer di internet. Ketika pengguna internet ingin mengunjungi sebuah website, maka nama domain ini dapat diketikkan di browser maupun mesin penjelajah internet. Oleh sebab itu, sangat penting untuk memilih nama domain yang tepat untuk bisnis. Bagaimana caranya?

Berikut ini Nirmala akan berbagi 5 tips memilih nama domain untuk bisnis. Tips yang akan dipaparkan ini membahas secara umum, kamu bisa menyesuaikannya dengan bidang bisnismu. Kamu juga dapat konsultasi terlebih dahulu dengan pakar digital marketing untuk menentukan nama domain yang tepat. Simak ya!

1. Pilih Nama Domain Sesuai dengan Citra yang Diharapkan

Salah satu tujuan dari membuat website adalah untuk mengukuhkan citra perusahaan dan membangun merek. Maka dari itu, pilihlah nama domain yang dapat meningkatkan citra merek yang ingin dibangun. Kamu juga perlu untuk menghindari nama domain yang tidak berkaitan dengan bisnismu karena akan membingungkan calon pelanggan.

Misalnya produkmu adalah pakaian bayi, tentu saja sebaiknya kamu tidak memilih domain dengan nama yang tidak berkaitan seperti kulinerenak, obatpelangsing, dan semacamnya. Contoh lainnya jika produkmu adalah makanan, tentu kamu ingin citra dari produkmu adalah makanan yang lezat bukan? Jadi sebaiknya nama domain yang kamu pilih bukanlah nama yang nyeleneh seperti bentarlagibasi, cemilanpahit, gaadarasanya, dan semacamnya. Kecuali memang tujuanmu adalah sengaja menabrak aturan umum dan membuat orang penasaran. Semua pilihan dan risikonya tentu ada ditanganmu.

2. Singkat dan Mudah Diingat

Mungkin kamu berpikir untuk memiliki nama domain secara lengkap sesuai dengan nama perusahaan atau nama lengkap kamu di KTP, hehe. Percayalah, hal itu tidak diperlukan. Kamu bisa menampilkan nama lengkap perusahaan di dalam tampilan website, tidak perlu sebagai nama domain. Nama domain dibuat sebagai alamat atau identitas sebuah website. Sebaiknya kamu memilih nama domain untuk bisnis yang singkat dan mudah diingat.

Nama domain yang singkat dan mudah diingat secara tidak langsungdapat meningkatkan penjualan. Hal ini dikarenakan orang akan lebih mudah menemukan website bisnismu dan meningkatkan kunjungan ke website. Kamu juga dapat dengan mudah memberitahu teman-teman nama domain bisnismu walaupun hanya lewat lisan dari mulut ke mulut.

3. Hindari Tanda Penghubung

Tips memilih nama domain untuk bisnisberikutnya adalah hindari penggunaan tanda penghubung pada nama domain. Tanda penghubung antara dua kata pada nama domain lebih sulit diingat oleh pengguna internet. Bila ada dua kata dalam nama domain bisnismu, sebaiknya kamu menyambungkannya saja daripada menggunakan tanda penghubung untuk memisahkan dua kata tersebut.

Adanya tanda penghubung pada nama domain juga berdampak tidak baik pada SEO website. Mesin pencari di internet akan lebih sulit mengenali website yang menggunakan tanda penghubung pada nama domain. Bahkan, bisa saja website bisnismu malah dianggap spam oleh mesin pencari. Ga mau kan?

4. Jangan Menunda

Nama domain antara website yang satu dengan website lainnya tidak bisa sama. Jadi ketika sudah ada orang lain yang memiliki nama domain yang kamu inginkan, kamu tidak bisa untuk memilikinya lagi. Padahal setiap harinya ada ribuan domain baru yang didaftarkan. Jika kamu menunda terlalu lama untuk mendaftarkan nama domain pilihanmu, bukan tidak mungkin nama domain tersebut diambil oleh orang lain. Maka tips memilih nama domain untuk bisnis yang perlu kamu perhatikan adalah jangan menunda untuk mendaftarkan nama domain yang telah kamu tentukan.Sebaiknya kamu segera beli domain di Qwords sebelum nama domain yang kamu pilih dibeli oleh orang lain.

5. Perhatikan Masa Aktif Domain

Tips memilih nama domain bisnis selanjutnya adalah perhatikan masa berlaku domain yang telah kamu miliki. Jangan sampai kamu tidak mengetahui saat domain bisnismu mendekati kadaluarsa. Jika kamu tidak memperpanjang domain bisnismu sampai tenggat waktunya berakhir, nama domain bisnismu akan hilang dan kamu tidak dapat menggunakannya lagi. Sayang sekali, bukan?

Selain memperhatikan masa aktif domain, kamu juga perlu untuk memilih jasa penyedia domain yang tepercaya. Jangan sampai perusahaan tempat kamu membeli domain akhirnya tutup dan tidak bertanggung jawab atas kelangsungan nama domain bisnismu. Sebaiknya kamu memilih penyedia jasa hosting dan domain yang sudah berpengalaman dan reputasinya baik seperti Qwords.

(Foto : Pixabay)

Itulah 5 tips memilih domain untuk bisnis yang perlu kamu perhatikan. Sekarang kamu tidak perlu bingung lagi untuk menentukan nama domain yang tepat untuk mendukung kesuksesan bisnismu. Jangan lupa bahwa strategi digital marketing ini hanyalah salah satu cara untuk meningkatkan kinerja bisnis. Kamu juga perlu memperhatikan faktor penting lainnya seperti efektivitas produksi, inovasi produk, dan tentu saja doa yang baik kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Semoga bisnis Sahabat Nirmala semua semakin berkah melimpah, ya!

About Maya Nirmala Sari

Citizen Journalist. Gemar belajar dan mencoba hal baru. Mencintai bumi dan buah-buahan. Founder Komunitas Kuliner Solo (KuLo). Owner Galeri Craft @Maenequeen

Check Also

Bagaimana Cara Membangun Brand Equity? Yuk Cek 4 Strategi Berikut Ini!

Sudah tahukah kamu apa itu Brand Equity? Brand Equity adalah nilai pada sebuah brand atau …

42 comments

  1. Mantul banget mbak, aku setuju semua hehee
    Aku pengen bikin domain lagi dengan barnding beda, tapi 1 blog aja kadang nulisnya naik turun, ihihiii
    emang penting banget kok pemilihan nama domain, apalagi buat bisnis,
    jadi nggak sembarangan hehee
    Maacih Mbak Maya

  2. Lah tadinya aku pengen loh milih nama nyeleneh buat website keduaku. Ternyata jangan ya hahahahah.. diskusi dong buat nama web ku yang nanti isinya gambar gambar tok

  3. Poin kedua dan ketiga bener tuh mba, cari yang namanya mudah diingat dan kalo perlu ga usah kebanyakan tanda baca hehehe

  4. Waktu buat domain pertama, yang pertama terpikir adalah nama sendiri, Rosanna Simanjuntak.
    Keren dong, punya situs dengan nama sendiri, sesuai KTP lagi^^

    Namun saat perpanjangan ada sedikit masalah sehingga aku harus buat domain baru lagi, Anna Rosanna.
    Kali ini aku klaim domain di QWords dan untung masih tersedia.

    Begitulah, kini sudah memasuki tahun kedua aku di QWords

    Setuju, pilih nama domain apalagi untuk bisnis kudu kreatif dan brandable.
    … karena berkaitan dengan branding

  5. Pas banget rencana mau buat website baru untuk usaha online saudara, dan baru pertama kali ini membuat website yang fokus untuk usaha online, ternyata untuk usaha online tidak bisa sembarangan memilih nama domain ya mak. Makasih tipsnya mak, buat referensi cari nama domain yang simpel tapi berpotensi menaikkan SEO.

  6. Wah kebetulan banget nih mba, saya dan suami berinisiatif untuk membuat Web usaha kami, tp msh bingung soal penamaan

  7. Duh, sayang banget kalau domain kita hilang gara-gara lupa perpanjangan, harus rajin dicek ya..kalau pakai nama susah bisa bikin orang malas berkunjung juga hihi

  8. Betul mba.. yang mudah dan singkat.. kadang kalau ejaannya sulit juga orang sulit mengingatnya..apalagi untuk akun bisnis memang harus dicari yang mudah yaa

  9. Nama domain dengan tanda penghubung memang kurang baik, ya. Jadi yang mencari suka lupa kalau itu ada tanda penghubungnya. Sebaiknya memang langsung nama yang singkat dan mudah diingat oleh banyak orang.

  10. Yup, pilh nama domain yang simple, menarik, mudah diingat dan mewakili apa yang menjadi tujuan ya. Ngefek banget tuh untuk bisnis 🙂

  11. Bagusnya memang yang mewakili banget citra dan branding usaha. Tapi tetap simpel dan lebih bagus lagi kalau mudah utk di ingat

  12. Blog buku akuu…
    Ada tanda penghubungnya…

    Kalau sudah terlanjur, mending ganti atau gimana, kak?

  13. Nah betul betul banget domain harus punya branding usaha kita biar mudah diingat… Setelah itu perlu update terus tulisan di web nya biar pelanggan makin yakin mau belanja

  14. Pas banget ini, suamiku butuh nyari nama domain untuk website bisnisnya. Susah sih menemukan nama yang pas dan bisa diingat oleh pengunjung website di google. Tapi membaca kelima tips di atas bisa membantu saya untuk mencari nama domain calon website bisnis suami

  15. Perhatikan masa aktif tuh penting ya kalau udah punya domain bisnis dan kudu dikelola sendiri. Soalnya pernah tuh mantan bosku beli domain buat bisnis dan dikelola orang. Eh malah dimatiin. Kan ngeselin

  16. Sepakat, kalau sudah punya nama harus segera di eksekusi. Karena klo nama di dunia nyata, bisa dan boleh sama, tapi nama domain tidak bisa. Jadi jangan sampai kedahuluan dipake orang lain

  17. waktu itu juga aku bingung mau bikin nama domain hehehe apalagi kalau untuk bisnis mesti difikirkan baik2 ya mba

  18. Bikin nama domain untuk bisnis ini sama susahnya kayak bikin nama anak sendiri. Apalagi jaman sekarang bisnis harus terhubung ke sosial media untuk menunjang marketingnya. Jadi saat bikin nama domain, sekalian cek ketersediaan nama akun yang sama di beberapa platform sosial media. Kendalanya suka gak bisa sama persis sih ya.

  19. Betul sekali. Perusahaan tuh kalau sudah punya website terlihat profesional dan nilai tambah. Wah, kek nya aku juga harus punya website untuk bisnisku. Nggak cuman di sosmed aja. Bisa banget buat bantu-bantu promosi, hehe 🙂

  20. Nama domainku yg pertama adalah kata yg pertama kali muncul di pikiran, trus sampai sekarang deh. Kalau domain kedua sudah mulai mikir mau dinamain apa.

  21. kayusirih dan mamakepiting udah cukup mudah diingat belum, Mak? tapi gara-gara nama kayusirih, aku pernah dikira jadi penganut kejawen, Mak. wkwkwk.. mau ganti koq kayusirih udah melekat di diriku. eman-eman jadinya..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *