Home / Info & Tips / Bisnis & Keuangan / 7 Tips Jitu Meningkatkan Traffic Website

7 Tips Jitu Meningkatkan Traffic Website

Trafic website yang tinggi menjadi salah satu indikator bahwa website disukai pengguna internet. Bagi sebuah bisnis, traffic yang tinggi dapat diartikan sebagai potensi untuk meraup omzet yang lebih besar. Oleh karena itu, meningkatkan traffic website merupakan hal penting yang perlu dilakukan.

Sejak pertama kali memiliki website, mungkin Sahabat Nirmala sudah menargetkan berapa pengunjung website setiap harinya. Jika target ini belum tercapai, boleh jadi cara yang dilakukan belum optimal. Perlu berbagai cara untuk meningkatkan traffic website secara signifikan. Hal ini dikarenakan cara yang satu dengan yang lainnya akan saling mendukung dan berkaitan.

Baca Juga : Membuat Website untuk Usaha Online, Penting Gak Sih?

Tips Jitu Meningkatkan Traffic Website (pict : Pixabay)
Tips Jitu Meningkatkan Traffic Website (pict : Pixabay)

 

Berikut ini akan dijelaskan 7 tips jitu meningkatkan traffic website yang bisa dilakukan. Cara meningkatkan traffic website ini diolah dari berbagai sumber dan telah dipraktikkan langsung untuk beberapa website yang Nirmala kelola. Selamat menyimak!

1. Tentukan Kata Kunci yang Tepat

Keywords, Tips Jitu Meningkatkan Traffic Website (pict : Pixabay)
Keywords, Tips Jitu Meningkatkan Traffic Website (pict : Pixabay)

 

Kata kunci atau keyword merupakan salah satu hal penting yang perlu diperhatikan  sebelum membuat artikel. Sebaiknya kita melakukan riset terlebih dahulu untuk menentukan kata kunci ini. Ada beberapa macam perangkat yang bisa digunakan untuk riset kata kunci, misalnya Google Trends, Ubersuggest, dan Kwfinder.

Baca Juga : Cara Mudah Optimalkan Website dengan SEO

Selain melakukan riset, kamu juga sebaiknya menentukan long tail keyword. Long tail keyword merupakan kata kunci dengan panjang sekitar 3 sampai 5 kata. Jangan lupa untuk merangkai kata-kata dalam long tail keyword tersebut agar enak dibaca manusia, bukan bahasa mesin pencari. Pengguna internet akan lebih tertarik dengan kata kunci yang menggambarkan apa yang mereka cari.

2. Judul Menarik dan Ulasan Lengkap

Tips Jitu meningkatkan traffic website berikutnya adalah dengan menggunakan judul yang menarik. Tips ini terdengar klise karena mungkin hampir semua penulis konten telah melakukannya. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa judul yang menarik memang menjadi salah satu poin penting untuk membuat pengguna internet mau berkunjung ke sebuah website. Dalam menentukan judul yang menarik ini, sebaiknya kita tetap menjaga etika dan memegang teguh kejujuran. Hindari menjebak pemaca dengan memberikan judul yang tidak sesuai dengan isi artikel.

Selain judul yang menarik, artikel dengan ulasan yang lengkap juga disukai oleh pembaca. Panjang artikel yang ditentukan oleh jumlah kata menjadi salah satu faktor yang dinilai oleh Google dalam memberikan ranking di hasil pencarian. Usahakan untuk menulis artikel dengan panjang 1800 sampai 2500 kata. Tentu saja kamu juga perlu memperhatikan ulasanmu jangan sampai bertele-tele, ya.

Baca Juga : 4 Cara Membangun Branding Produk Jasa yang Efektif

3. Tambahkan Visual yang Menarik

Artikel dengan tulisan yang panjang dan bertele-tele akan membuat pembaca bosan. Untuk menyiasatinya, sebaiknya kamu menambahkan visual yang menarik untuk melengkapi artikelmu. Tambahkanlah foto-foto, infografis, atau video yang menarik dan relevan dengan isi artikel. Selain membuat pembaca tidak bosan, foto-foto juga dapat menambah informasi dari artikel yang kamu buat.

Visual yang Menarik, Tips Jitu Meningkatkan Traffic Website (pict : Pixabay)
Visual yang Menarik, Tips Jitu Meningkatkan Traffic Website (pict : Pixabay)

4. Optimalkan Internal Link

Ketika menulis artikel, pancing rasa ingin tahu pengguna internet dengan topik-topik menarik lainnya. Sisipkan internal link untuk mengajak pengunjung website membaca artikel lainnya. Penempatan internal link ini sebaiknya menyebar di badan artikel, bukan menumpuk di satu tempat saja. Pilihlah artikel yang masih berkaitan dengan artikel pertama untuk direkomendasikan kepada pembaca.

5. Penempatan Konten di Website Lain

Penempatan konten di website lain atau bisa disebut guest post merupakan salah satu cara untuk meningkatkan traffic website. Pilihlah website yang memiliki traffic lebih tinggi dan performanya lebih baik dibandingkan website kita. Sisipkan backlink menuju website kita. Hal ini merupakan salah satu teknik SEO off-page yang cukup populer. Selain penempatan konten di website yang lebih baik, kita juga bisa mengundang influencer untuk membuat konten di website kita. Strategi ini untuk mengajak pengikut setia influencer tersebut mengunjungi website kita.

 Baca Juga : Revolusi Industri 4.0, Pastikan Bisnismu Siap Mengongsongnya!

6. Bagikan di Media Sosial

Tips mudah meningkatkan traffic website yang bisa kamu lakukan salah satunya adalah membagikan link artikel di media sosial. Cara ini cukup efektif dalam mengajak teman-temanmu untuk membaca artikel yang dibagikan. Namun, kamu juga perlu bijaksana dalam membagikan link artikel tersebut. Jangan sampai temanmu jadi bosan dan platform media sosial yang kamu gunakan menganggap kirimanmu sebagai spam.

Share Social Media (pict : Pixabay)
Share Social Media (pict : Pixabay)

7. Tingkatkan Performa Website

Pengguna internet tidak sabar menunggu loading website yang lemot alias lama. Apalagi jika server sering bermasalah alias down, traffic website bisa terjun bebas. Gak mau kan? Untuk meningkatkan traffic website, pastikan performa website baik dan anti lemot. Walaupun kamu menggunakan layanan Hosting Murah, pastikan kualitasnya tidak murahan. Gunakan layanan dari Qwords untuk meningkatkan performa website-mu.

Qwords telah menjadi andalan para pemilik website karena layanannya yang memuaskan. Sebagai penyedia layanan Hosting Indonesia yang telah berpengalaman bertahun-tahun, Qwords tahu persis apa yang dibutuhkan pelanggan. Qwords akan mendukungmu untuk meningkatkan traffic website dengan cara menjaga performa website.

(pict : Pixabay)
(pict : Pixabay)

 

Itulah 7 tips jitu meningkatkan traffic website yang bisa kamu lakukan. Untuk mendapatkan kunjungan yang tinggi setiap harinya memerlukan konsistensi yang berkelanjutan dan belajar terus-menerus. Jadi, jangan bosan untuk menerapkan cara-cara tersebut pada website. Semoga artikelnya bermanfaat, ya 🙂

About Maya Nirmala Sari

Citizen Journalist. Gemar belajar dan mencoba hal baru. Mencintai bumi dan buah-buahan. Founder Komunitas Kuliner Solo (KuLo). Owner Galeri Craft @Maenequeen

Check Also

Bagaimana Cara Membangun Brand Equity? Yuk Cek 4 Strategi Berikut Ini!

Sudah tahukah kamu apa itu Brand Equity? Brand Equity adalah nilai pada sebuah brand atau …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *