Home / Socmed & Digital Media / Apa Saja Jenis Video yang Layak dan Tidak Layak Dipublikasikan di Youtube?

Apa Saja Jenis Video yang Layak dan Tidak Layak Dipublikasikan di Youtube?

Sebagai salah satu kanal video terbaik di dunia, Youtube memiliki standar komunitas yang cukup ketat. Standar komunitas berisi peraturan-peraturan yang dibuat untuk melindungi pengguna dari paparan konten yang tidak layak. Apa saja video yang layak dan tidak layak dipublikasikan di youtube sesuai standar komunitas ini dapat kamu simak di laman resmi youtube.

Artikel ini bukan membahas tentang jenis video yang layak dan tidak layak dipublikasikan berdasarkan standar komunitas yang ditetapkan youtube. Namun, kamu perlu mengetahui jenis-jenis video yang sebetulnya tidak dilarang untuk dipublikasikan di youtube, tetapi disarankan untuk tidak kamu publikasikan. Sebelumnya, kamu bisa mengenali jenis-jenis video yang bisa kamu pilih sebagai ciri khas dari channel youtube yang kamu kelola.

Apa Saja Jenis Video yang Layak dan Tidak Layak Dipublikasikan di Youtube? (Pict. Pixabay)
Apa Saja Jenis Video yang Layak dan Tidak Layak Dipublikasikan di Youtube? (Pict. Pixabay)

Jenis-Jenis Video Youtube yang Bisa Kamu Pilih untuk Dipublikasikan di Channel Youtube

Sahabat Nirmala yang ingin memulai membangun channel youtube kadang kala merasa bingung jenis video yang bagaimana yang ingin dipublikasikan di youtube. Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut, kamu bisa menyimak jenis-jenis video berikut ini yang bisa kamu pilih salah satu atau beberapa untuk kamu publikasikan di channel youtube.

VLOG 

Seperti blog, video vlog atau VLOG bercerita tentang banyak hal dalam kehidupan sehari-hari. Jenis video ini merupakan video yang paling banyak diunggah para youtuber. Biasanya mereka membuat daily vlog yang berisi kegiatan sehari-hari, seperti jalan-jalan, belanja, memasak, perawatan kecantikan, dan sebagainya. Tantangan membuat daily vlog adalah kita membutuhkan banyak waktu dan tenaga untuk membuatnya, apalagi jika dilakukan setiap hari. Kreatifitas juga diuji agar penonton tidak bosan dengan kegiatan yang itu-itu saja.

Selain daily vlog, ada juga yang disebut “talking head vlog”. Talking Head Vlog ini biasanya dilakukan di lokasi yang sama dengan konsep yang sama, membicarakan berbagai hal menarik sesuai niche yang telah ditentukan. Video tutorial juga termasuk vlog. Video tutorial termasuk jenis video youtube yang banyak dicari orang. Ada berbagai macam tutorial yang bisa kamu buat seperti memasak, merajut, merangkai bunga, bersolek, menyetir mobil, dan tutorial lainnya.

Short Movie 

Jenis video youtube lainnya yang bisa kamu publikasikan adalah short movie atau film pendek. Membuat film pendek termasuk cukup sulit, sama seperti membuat film biasa namun dengan durasi yang lebih singkat. Setiap scene video dibuat dengan serius dengan teknik-teknik tertentu yang membutuhkan keahlian khusus. Beberapa youtuber kenamaan Indonesia juga ada yang membuat short movie dalam channel youtube-nya.

Cover Lagu

Video cover lagu menampilkan seseorang menyanyikan lagu dari penyanyi populer. Biasanya lagu yang dilantunkan merupakan lagu yang sedang hits, maupun lagu populer yang enak didengar sepanjang masa. Hasil dari video cover lagu ini akan berbeda-beda sesuai kemampuan para youtuber. Kadang-kadang, lagu yang dinyanyikan pun hasil aransemen ulang sehingga akan terdengar berbeda dari lagu aslinya.

Comedy

Humor dan tertawa pada tempatnya baik untuk kesehatan. Maka tidak heran jika video dengan jenis comedy laris di youtube. Kita mengenal beberapa komika atau orang yang menampilkan stand up comedy dengan jumlah penonton yang sangat banyak dalam setiap videonya. Tidak perlu saya sebutkan siapa ya, hehe.

Live Video

Jenis video lainnya yang bisa dipublikasikan di youtube adalah video siaran langsung atau live video. Dengan live video ini, kita bisa menyiarkan video secara real-time kepada penonton. Jadi interaksinya bisa dilakukan langsung tanpa jeda yang lama. Misalnya ketika kita sedang menyaksikan sebuah acara, kita bisa menyiarkannya secara langsung kepada penonton di youtube.

 

Jenis-Jenis Video Youtube yang Tidak Perlu Dipublikasikan di Channel Youtube

Seperti yang Nirmala jelaskan di awal, artikel ini tidak membahas tentang video-video yang melanggar standar komunitas youtube, apalagi melanggar pidana, hehe. Tentu kalian sudah memahami bahwa video kekerasan, pornoaksi, dan video yang merusak nama baik orang lain sangat dilarang untuk dipublikasikan. Selain itu, ada jenis-jenis video yang diperbolehkan youtube untuk dipublikasikan, namun sebenarnya video tersebut tidak layak. Maka sebaiknya kamu tidak mempublikasikan video jenis ini. Apa saja ya?

Video Pribadi

Kamu boleh saja mengunggah video pribadimu di youtube, namun sebaiknya kamu mengaturnya privat sehingga orang lain tidak dapat menontonnya. Yang saya maksud video pribadi di sini adalah video dokumentasi pribadi yang sekiranya tidak menarik untuk orang lain, bukan video pribadi terkait hal-hal yang sangat pribadi, ya.

Stok Shot yang Belum Diedit

Walaupun Youtube tidak membatasi berapa banyak video yang bisa kamu unggah, sebaiknya kamu tidak mengunggah ke youtube semua stok shot videomu yang belum diedit. Kamu tetap perlu memilah kembali mana video yang layak diunggah dan mana yang tidak. Pastikan video yang kamu publikasikan di youtube bisa bermanfaat untuk orang lain.

Video Cam

Video cam merupakan video yang direkam tanpa tujuan tertentu, misalnya iseng merekam pertemuan keluarga, merekam anak-anak yang berenang, dan momen lainnya yang direkam tanpa tujuan tertentu. Bisa dikatakan asal rekam saja, begitu. Sebaiknya kamu tidak mempublikasikan video jenis ini karena akan mengganggu penontonmu yang menginginkan video yang bermanfaat dan menghibur.

Content Reupload

Saat ini algoritma youtube sudah semakin canggih, sehingga bisa secara otomatis bisa mengenali video-video reupload. Video reupload ini merupakan video orang lain yang diunduh kemudian diunggah ulang, diakui sebagai video milik sendiri. Jadi orang yang sering reupload video ini sama saja seperti mencuri video orang lain. Mereka biasa disebut blackhat, yang merupakan musuh para content creators.

Apa Saja Jenis Video yang Layak dan Tidak Layak Dipublikasikan di Youtube? (Pict. Pixabay)
Apa Saja Jenis Video yang Layak dan Tidak Layak Dipublikasikan di Youtube? (Pict. Pixabay)

Apapun profesi kamu saat ini, kamu bisa memanfaatkan youtube untuk mendukungnya. Youtube memberikan banyak fasilitas yang bisa kamu gunakan gratis, bahkan kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan dan membangun relasi yang lebih luas dengan youtube. Tidak perlu ragu lagi, mulailah membangun channel youtube-mu. Tulis di kolom komentar ya apa nama channel youtube-mu atau channel youtube favoritmu. Saya penasaran mau nonton videonya!

About nirmala media

Check Also

8 Langkah Mudah Membuat Website Gratis di WordPress untuk Pemula

Pada era digital sekarang ini, informasi di internet menjadi rujukan yang paling banyak dicari. Berbagai …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *