Home / Wisata / City Tour / Bikin Penasaran! Inilah 16 Wahana Permainan di Saloka Park dan Harga Tiket Masuknya

Bikin Penasaran! Inilah 16 Wahana Permainan di Saloka Park dan Harga Tiket Masuknya

Akhir tahun 2018 lalu, pencinta traveling di Indonesia khususnya di Jawa Tengah dikejutkan dengan sebuah kabar gembira yaitu dibukanya taman bermain tematik terbesar di Jawa Tengah. Yup, Saloka Park yang terletak tidak jauh dari Salatiga, tepatnya di Tuntang Kabupaten Semarang ini berhasil mencuri perhatian publik. Walaupun baru soft opening, wahana permainan yang ditawarkan sudah cukup memuaskan.

Saloka Park akan menghelat Grand Opening pada pertengahan tahun 2019 ini. Ada 16 wahana permainan di Saloka Park Tuntang yang siap untuk memberikanmu keceriaan yang tiada habisnya. Walaupun ada beberapa wahana yang saat ini masih belum beroperasi, Nirmala bakalan kasih kamu bocorannya nih! Stay tune 🙂

Saloka Park Tuntang Semarang (foto : menggapaiangkasa)

Wahana Permainan di Saloka Park Tuntang

Area Saloka Park atau disebut juga sebagai Negeri Saloka dibagi menjadi 5 zona dengan tema berbeda. Dalam setiap zona ini, kamu akan memperoleh pengalaman yang berbeda. Berikut ini 5 zona di Saloka Park Tuntang Semarang dan wahana permainan yang ada di dalamnya :

  1. Zona Pesisir : Wahana Lumbung Ilmu Galileo, Arena Jejogedan, dan Cakrawala.
  2. Zona Balalantar : Wahana Angon-Ingon, Kumbang Layang, Jamur Apung, Safari Bocah, dan Adu Nyali.
  3. Zona Segara Prada : Wahana Gonjang-ganjing.
  4. Zona Kamayayi : Wahana Kupu-kupu, Pinguin, dan Polah Bocah.
  5. Zona Ararya : Wahana Paku Bumi, Bengak-bengok, Senggal-senggol, dan Lika-liku.

Wah, makin penasaran ga sih, seperti apa aneka macam wahana permainan di Saloka Park itu? Nirmala sudah cobain naik sebagian besar dari wahana permainan itu dong *pamer* hahaha. Jangan khawatir, baca postingan ini sampai selesai untuk mengetahui lebih lengkap tentang 16 wahana permainan di Saloka Park Tuntang Semarang.

1. Lumbung Ilmu Galileo

Lumbung ilmu Galileo yang terletak di zona pesisir disebut sebagai pusat pengetahuan di Negeri Saloka. Memasuki Lumbung Ilmu Galileo ini, kita dapat belajar dengan cara yang menyenangkan. Ada penjelasan tentang antariksa, proses erupsi gunung api, aneka flora dan fauna, dan kehidupan di zaman purba. Jangan kaget juga kalau kamu disambut hewan purba besar yang bisa bergerak dan bersuara. Seru!

2. Arena Jejogedan

Arena Jejogedan, wahana di Saloka Park Tuntang Semarang (foto : menggapaiangkasa)

Masih di zona pesisir, arena Jejogedan menjadi tempat favorit untuk melewati senja di Negeri Saloka. Konon, alunan musik di negeri ini punya keajaiban yang mampu membuat air danau menari. Bukan itu saja, air danau ini pun memancarkan cahaya warna-warni yang indah. Tentu saja ini bukan seperti sihir atau semacamnya, melainkan teknologi canggih untuk membuat air mancur menari, hehe. Kamu dapat menikmati pertunjukan “Jejogedan” ini mulai jam tujuh malam setiap harinya.

3. Cakrawala

Cakrawala di malam hari (foto : menggapaiangkasa)

Cakrawala merupakan wahana kincir angin yang dapat kamu naiki untuk dapat menikmati pemandangan Negeri Saloka dari ketinggian. Cakrawala ini berputar sangat perlahan, sehingga cukup nyaman dan bukan termasuk wahana yang menguji adrenalin. Dari atas Cakrawala ini, Sahabat Nirmala dapat melihat Rawa Pening dan pemandangan alam yang memesona dan masih asri.

4. Angon Ingon

Nah, untuk wahana di Saloka Park Tuntang Semarang yang bernama Ingan-Ingon ini sendiri belum beroperasi. jadi Nirmala belum bisa cerita banyak. Katanya sih, di wahana ini kita akan kenalan dengan Si Kurkur, penjaga peternakan terbaik di Negeri Saloka. Ingan-Ingon ini berada di Zona Balalantar.

Memasuki Zona Balalantar, kita akan disambut dengan sebuah pohon kebijaksaan bernama Resi Waringin. Pohon ini seperti penjaga di depan zona balalantar. Awalnya pasti kamu mengira pohon ini dilengkapi dengan rekaman suara, namun kenyataannya kamu dapat berbincang-bincang dengan pohon ini. Salah satu hal yang selalu ditanyakan pohon ini kepada pengunjung adalah “Kamu mau kejutan tidak?”. Nah, kalau kamu bilang mau, siap-siap saja untuk mendapatkan kejutan! Nirmala ga akan kasih tau apa kejutannya, RAHASIA. Kalau kamu bilang tidak mau pada pohon ini, kamu bakalan penasaran terus kejutannya seperti apa :p

5. Kumbang Layang

Wahana Kumbang Layang ini akan segera beroperasi. Saat ini kita bisa amelihat rel di udara yang menghubungkan wahana ingan-ingon dnegan wahana jamur apung. Tebakan Nirmala sih, wahana ini semacam sepeda yang dikayuh diatas rel yang tinggi dengan bentuk seperti kumbang. Jadi ga sabar pengen segera mencoba kumbang layang ini!

6. Jamur Apung

Mau berlayar menyusuri sungai di Negeri Saloka? Yuk, naik perahu ajaib di wahana jamur Apung saja. Sayang sekali, Nirmala tidak naik wahana ini, huhu. Cerita dari teman-teman yang sudah naik wahana jamur apung ini, wahana ini ramah untuk anak-anak namun sebaiknya tetap didampingi oleh orang dewasa.

7. Safari Bocah

Taman bermain tematik atau theme park merupakan tempat piknik favorit nomor satu buat Nirmala. Jadinya, begitu menginjakkan kaki di Saloka Park, Nirmala langsung disusupi euforia yang membuncah, duilee bahasanya. Nah, inilah mengapa Nirmala suka ga konsen dan kayaknya wahana Safari Bocah ini luput dari perhatian. Padahal, wahana Safari Bocah ini sangat recommended. Kita bisa keliling di taman bunga dan pohon unik naik mobil antik. Kapan-kapan harus coba!

8. Adu Nyali

Masih di Zona Balalantar Negeri Saloka Park, kita akan menjumpai sebuah bangunan megah yang disebut Puri Peri. Wah, menyenangkan bukan bisa melihat istana para peri? Eits, jangan salah! Semua peri sudah melarikan diri ke taman karena Buto jahat menyerang dan menguasai puri. Adu nyalimu dengan memasuki puri ini, tapi hati-hati ya jangan sampai membangunkan Buto. Hiyyy!

9. Kupu-Kupu

Lanjut ke zona berikutnya yang bakalan bikin adik-adik kecil betah berlama-lama di sini. Yup, Zona Kamayayi namanya. Wahana Kupu-kupu jadi wahana favorit Nirmala di zona ini. Naik beberapa kali juga ga bosan! Wahana permainan ini semacam komidi putar yang ketika dikayuh, kupu-kupu yang dinaiki bisa naik turun.

10. Pinguin

Masih di zona Kamayayi yang ramah anak, ada wahana pinguin. Walaupun sudah besar, Nirmala dan teman-teman naik wahana ini seperti anak kecil. Kami naik perahu berbentuk pinguin yang berjalan sangat pelan di sungai kecil. Ada semacam undakan untuk membuat sensasi seperti jeram, tapi tetap saja ini tidak mengerikan untuk orang dewasa. Buat adik-adik pasti wahana ini seru sekali 😀

11. Polah Bocah

Ibu-ibu mana suaranya? Suka teriak-teriak saat mendampingi anak-anak bermain karena khawatir berbahaya untuk mereka? Yah, namanya juga anak-anak, polah atau tingkahnya ada-ada saja. Berlari, melompat, mendaki, dan bermain seolah tidak pernah lelah. Di wahana polah bocah ini, anak-anak usia 3-6 tahun dapat bermain dan melatih fisik dengan cara yang menyenangkan dan aman. Pasti betah deh berlama-lama di sini.

12. Paku Bumi

Yakin ga teriak? (foto : saloka.info)

Jreng Jreng! Kita sudah masuk ke Zona Ararya di Negeri Saloka nih! Selamat datang untuk para pencinta tantangan! Wahana Paku Bumi jadi andalan di zona ini. Kamu dapat merasakan sensasi diluncurkan ke langit dengan kecepatan penuh, kemudian di mendarat dengan kecepatan yang tak kalah bikin jantung terasa mau copot. Berani coba?

13. Bengak-Bengok

Wahana Bengak-Bengok di Saloka Park Tuntang Semarang (foto : menggapaiangkasa)

Bengak-bengok dalam bahasa Jawa bisa diartikan sebagai teriak-teriak. Yup, siapa sih yang nggak teriak-teriak saat naik wahana ini? Wahana permainan ini diibaratkan seperti parabola raksasa yang berfungsi untuk menangkap sinyal di Negeri Saloka. Jadi, parabola ini akan selalu berputar dan meluncur untuk mencari sinyal dengan kecepatan yang ekstrem. Bayangkan kamu ada di dalam parabola itu!

14. Senggal-Senggol

Nirmala biasa menyebutnya bom-bom-car. Dimanapun wahana ini berada, ke sanalah Nirmala akan berlari. Pokoknya minimal 5 kali main, hehehe. Area bermain untuk mobil senggal-senggol di Saloka Park ini cukup luas, sehingga lebih enak saat menyetir, berbelok, dan menabrak sasaran. Kendaraannya pun masih baru dan terawat dnegan baik. Gaspoooll!

15. Lika-Liku

Lika-liku, wahana permainan di Saloka Park Tuntang Semarang (foto : menggapaiangkasa)

Masih di Zona Ararya, Sahabat Nirmala bisa melepaskan beban masalah dengan teriak-teriak di wahana lika-liku ini, hihihi. Tadinya Nirmala kira zona ini seperti permainan mencari jalan keluar di area penuh belokan dan jalan buntu, ternyata ini wahana roller coaster mini. Nirmala naik wahana ini sebanyak tiga kali. I LOVE IT!

16. Segara Prada Gonjang-Ganjing

Zona yang ditunggu-tunggu nih, zon segara prada. Dalam zona ini ada wahana pamungkas bernama Gonjang-Ganjing. Wahana ini semacam arung jeram yang melewati sungai dan terowongan gelap. Gonjang-ganjing ini akan segera beroperasi. Tunggu tanggal mainnya!

Nah, itulah 16 wahana di Saloka Park Tuntang Semarang. Untuk dapat menikmati semua wahana permainan tersebut sepuasnya, Sahabat Nirmala cukup membayar satu tiket terusan saja loo. Harganya Rp.120.000. untuk Senin-Jumat, dan Rp.150.000. untuk Sabtu Minggu dan libur nasional. Cukup terjangkau bukan?

Fasilitas di Saloka Park Tuntang Semarang

Shutle car gratis untuk antar jemput pengunjung dari lokasi parkir

Kenyamanan pengunjung menjadi prioritas bagi Saloka Park. Mulai dari pintu masuk, Sahabat Nirmala akan disapa ramah oleh petugas keamanan yang mengarahkan kendaraan ke lokasi parkir. Area parkir sangat luas dan cukup menampung banyak kendaraan mulai dari sepeda motor, mobil, dan bus besar. Saking luasnya, kita akan capek nih kalau harus jalan kaki dari tempat parkir menuju tempat pembelian tiket. Jangan khawatir, ada shutle car gratis yang bisa kamu tumpangi dari lokasi parkir ke tempat penjualan tiket maupun sebaliknya.

Fasilitas lainnya di Saloka Park ini terbilang lengkap. Tersedia cukup toilet yang tersebar di beberapa titik di dalam kawasan Saloka Park. Kebersihannya pun terjaga dengan baik. Tidak ketinggalan dengan tempat ibadah dengan perlengkapan yang memadai dan ruang laktasi untuk memberi kenyamanan kepada Ibu yang menyusui dan mengganti popok. Yang tak kalah pentingnya, Saloka Park juga menyediakan fasilitas kesehatan berupa klinik dan tenaga medis untuk membantu memulihkan kesehatan pengunjung yang membutuhkannya.

Bagaimana dengan makanan dan minuman? Setiap pengunjung di Saloka Park Tuntang Semarang ini tidak diperkenankan untuk membawa makanan dan minuman dari luar. Namun, jangan khawatir. Di dalam area Saloka park tersedia beberapa titik foodcourt dan restoran. Kamu memilih jenis kuliner lezat yang ingin kamu nikmati. Berbagai macam menu ditawarkan dengan rasa yang enak dan harganya normal seperti di tempat makan pada umumnya.

Beef Burger dengan patty yang tebal dan enak harganya hanya 25K nett

Wah, sudah terbayang kan gimana serunya berwisata ke Saloka Park? Nirmala sangat senang nih ada theme park atau fun park yang lokasinya cuma 20 menit dari rumah (lewat tol). Sudah bikin rencana, pokoknya sekeluarga mau piknik ke sini terus at least 2-3 bulan sekali tiap ada diskon (tetep cari diskon, HAHAHA).

So, Sahabat Nirmala paling suka wahana yang mana di Saloka Park?

Teman-teman Travel Blogger Solo piknik ke Saloka Park

Saloka Park
Jl. Fatmawati No. 154 Lopait.
Tuntang, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.
Phone : +62-298-322266

Jam Operasional :
Senin-Jumat (10.00 – 18.00),
Sabtu-Minggu (10.00 – 20.00)

Tiket Masuk :
Senin-Jumat (Rp.120.000),
Sabtu-Minggu/Libur Nasional (Rp.150.000)

About Maya Nirmala Sari

Citizen Journalist. Gemar belajar dan mencoba hal baru. Mencintai bumi dan buah-buahan. Founder Komunitas Kuliner Solo (KuLo). Owner Galeri Craft @Maenequeen

Check Also

Pantai Penggajawa Flores, Pantai Indah Berhias Blue Stones

Pernah jalan-jalan ke Pulau Flores? Pulau yang terletak di Nusa Tenggara Timur ini dikenal memiliki …

23 comments

  1. Lucu2 ya desain wahana dan nama2nya. Jadi pingin ke sana juga deh 😍

  2. Wah theme park baru di semarang niiihhh? Seru kayanya yaaaaa.. harga tiketnya juga masih acceptable lah yaaaa.. Wah warga semarang pasti bahagia nih punya tempat rekreasi baruuuwww

  3. Waaaah..enak bangwet …tapi wahananya bikiiin sport jantung

    Itu view malamnya keren banget kak

  4. Aduhhh seru banget. Suka deh kalo udah wahana permainan gini tuh. Tiketnya juga murah mak. Sekalian jalan jalan ah ke semarang sekalian mampir yah. Keren nih jawa tengah makin digodog pariwisatanya. Salut.

  5. Ini tempat wisata kalau seharian full aja bakal nggak terasa waktunya, bisa-bisa kurang ya ahahaha. Lengkap bangettttttt duh kepengen banget kesana

  6. Jadi nggak sabar nyobain wahana – wahana di Saloka Park.. libur lebaran besok mudik ke Ungaran, bakal disempetin ngglundung sebentar ke Tuntang, hehehe

  7. Wew.. Komplit tenan mbak..
    Aku malah g ngerti sebanyak ini e.. haha

  8. Keren bangeet tempatnya mbaaa! Suka dengan berbagai wahana yang ada.. pastj kalau main ke sini seharian bisa betah banget yaa

  9. Wah aku belum ke sini, wahananya sudah jadi semuakah? Seru banget ramai-ramai dengan temam blogger ya mainnya..

  10. Nunggu full beroperasi wahananya, baru kesana. Apalagi nggak terlalu jauh ya dari Solo.
    Tapi keknya naik wahana yang nggak ekstrim aja lah, hahaha.

  11. Nunggu grandlaunching aja aku. Belum pernah nyobain, tapi penasaran juga. Harga tiket masuknya dah sekelas jatimpark ya mba… Semoga wahana2nya juga keren, jadi nggak berasa rugi

  12. Ya Allah keren banget ini. Sayangnya jauh banget dari kota saya. Andai bisa ajak anak-anak main 16 wahana pasti mereka akan senang sekali.

  13. Aah keren banget nih lokasi nya.. semoga bisa mampir bareng anak2. Tiketnya juga lumayan yak…

  14. Wahh seru sekali yaa.. kebayang anak-anak gak akan mau pulang saking betahnya.. permainanya jg kumpit lg.. kalau jalan2 ke kota Semarang boleh nih dicoba.

  15. Tiket masuknya lumayan juga ya harganya. Beberapa wahana juga belum jadi yaaa..
    Lumayan nih dekat2 sini ada park yang pilihan wahananya beraneka ragam. Bisa dijadikan destinasi wisata bareng anak2 pas liburan nanti yeaayy…

  16. Wah ini di Semarang ya. Bener-bener lengkap wahana permainannya. Anak-anak pasti senang. Karena permainan-permainan seperti di Ancol sudah pindah ke dekat tempat tinggal mereka. Sekarang jadi tambah satu alasan lagi untuk jalan-jalan ke Semarang

  17. Nama setiap wahanya unik banget. Kental dengan bahasa jawa klo pas mudik ke solo, bisa kali ya mampir kesini.

  18. Wih seru banget wahana di saloka park ya, wahananya gak kalah unik sama yang ada di dufan ancol, keren!

  19. Aku belum sempat eksplorasi Lumbung Galileo deh, hiks

  20. Terima kasih sharing nya mbaaaa.. penasaran sama apa aja isinya, skrg udah kejawab deh.. tau jg harga tiket masuknya..

  21. Pengen nyobain Paku Bumi sama masuk ke Adu Nyali, mbak. Wkwkwkkk~
    Kelihatan seru banget!! Roller coaster-nya juga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.