Home / Info & Tips / Bisnis & Keuangan / 8 Langkah Mudah Membuat Website Gratis di WordPress untuk Pemula

8 Langkah Mudah Membuat Website Gratis di WordPress untuk Pemula

Pada era digital sekarang ini, informasi di internet menjadi rujukan yang paling banyak dicari. Berbagai informasi bisa kita peroleh hanya dengan mengetikkan kata kunci pada kolom pencarian Google. Termasuk informasi tentang produk maupun catatan harian secara personal. Adanya website memang sangat penting untuk menunjang brand awareness maupun personal branding.

Tentu kamu sudah mengetahui tentang pentingnya website bagi sebuah bisnis, bukan? Jika bisnismu masih skala kecil dan belum memiliki banyak modal untuk memesan website pro, jangan khawatir. Untuk sementara, kamu bisa membuat sendiri website gratis di WordPress. Website gratis di WordPress artinya benar-benar gratis seperti ketika kamu membuat akun di sosial media. Yang kamu butuhkan hanyalah koneksi internet dan konsisten membuat konten yang menarik.

Cara Membuat Website di WordPress untuk Pemula (pict : Pexel)
Cara Membuat Website di WordPress untuk Pemula (pict : Pexel)

 

Bukan hanya orang yang kuliah di bidang komputer dan internet yang bisa membuat website gratis di WordPress. Kamu juga pasti bisa. Cara membuat website gratis di WordPress tidaklah sulit. Ikuti 8 langkah mudah membuat website gratis di WordPress untuk pemula berikut ini, ya!

Cara Membuat Website Gratis di WordPress untuk Pemula

Membuat konten di website akan lebih leluasa dibandingkan hanya melalui media sosial. Kamu bisa menulis lebih panjang dengan informasi yang lebih detail dan lengkap di website. Kamu juga bisa menambahkan foto, video, maupun infografis di konten yang kamu buat. Pengunjung website akan mendapatkan informasi yang lebih lengkap tentang produk maupun jasa yang kamu tawarkan.

Jika kamu masih bingung untuk membuat website, kamu bisa mengikuti step by step cara membuat website gratis di WordPress untuk pemula berikut ini. Tampilan layar di WordPress kadang berbeda sesuai dengan versi pembaruannya, namun kurang lebih langkah-langkahnya tidak berbeda jauh. Kamu bisa menjadikan ulasan berikut ini sebagai gambaran dalam membuat website gratis di WordPress.

  1. Buka website https://com dan klik “Start Your Website”

Langkah mudah membuat website di WordPress yang pertama adalah dengan membuka website https://wordpress.com pada browser-mu. Pastikan koneksi internetmu stabil ya, agar proses pembuatan website berjalan lancar. Jika tampilan halam utama sudah terbuka, kamu bisa klik “Start Your Website” untuk mulai membuat website baru.

  1. Isi Data Diri

Kamu akan diminta mengisi data diri berupa alamat email, nama pengguna, dan kata kunci untuk bisa login ke wordpress. Kemudian klik “create your account”. Kamu juga bisa menggunakan akun Google dengan memilih “continue with Google”.

  1. Pilih Jenis Website

Cara membuat website gratis di WordPress berikutnya adalah dengan memilih jenis website atau website yang kamu inginkan. Ada pilihan untuk personal blog, business, profesional, dan online store. Kamu bisa pilih “Business”.

  1. Pilih Bidang Bisnis

Setelah memilih jenis website, layar akan menampilkan jenis-jenis bidang bisnis seperti travel agency, digital marketing, restaurants, real estate agents, dan masih bayak lagi. Pilihlah bidang bisnis yang sesuai dengan bisnismu yang sebenarnya.

  1. Periksa Tampilan Pratinjau

Misalnya saya pilih bidang bisnis restoran, maka akan tampak pratinjau website tentang restoran. Untuk melihat lebih lengkap, kita bisa scroll website ke bawah. Jika telah sesuai, kemudian klik continue”.

  1. Ketik Nama Bisnis

Nama bisnis yang kamu ketikkan akan tercantum di bagian atas website-mu. Sehingga pegunjung website akan langsung mengetahui nama bisnis dari website tersebut. Sebaiknya nama bisnis ini diisi nama yang sama sesuai dengan nama bisnismu yang sebenarnya. Nama yang berbeda-beda akan embingungkan calon customer.

  1. Pilih Tema yang Menarik

Langkah mudah membuat website gratis di WordPress berikutnya adalah memilih tema. Kamu bisa klik pilihan modern, calm, profesional, dan banyak lagi. Pratinjau tampilan website dengan menggunakan tema yang dipilih juga dapat langsung kamu lihat.

  1. Ketik Nama Domain

Tentukan nama domain yang unik dan mencerminkan bisnismu. Kamu bisa membaca artikel tentang cara memilih domain yang tepat. Untuk mendapatkan domain gratis, kamu bisa memilih nama domain dengan ekstensi wordpress.com. Klik “select”. Kemudian kamu bisa memilih klik “start with a free site” pada halaman berikutnya.

Voila! Sekarang website-mu sudah jadi. Kamu bisa mulai untuk membuat post pertamamu. Kamu juga bisa menyesuaikan tampilan website-mu seperti mengubah tema, warna, dan pengaturan lainnya. Dengan menggunakan website ratis dari WordPress ini, kamu bisa belajar adaptasi dan memahami tentang website sebelum memiliki website profesionalyang berbayar. Tentu saja website gratis ini akan lebih hemat karena tidak ada biaya bulanan maupun tahunan yang harus kamu bayar.

Selain kelebihannya yang bisa menghemat budget, tentu saja website gratis di WordPress ini memiliki keterbatasan. Salah satu keterbatasannya adalah nama domain atau alamat website-mu akan lebih panjang karena ditambah akhiran wordpress.com. Misalnya jika kamu menggunakan domain berbayar maka alamat website-mu www.tokobaju.com, namun jika menggunakan domain gratis maka alamat website-mu menjadi www.tokobaju.wordpress.com.

Keterbatasan lain dari website gratis juga terkait dengan kemampuan website ketika menerima kunjungan yang banyak di waktu bersamaan. Hal ini dikarenakan kapasitas hosting juga terbatas dan kita tidak memilki akses untuk mengatur cpanel. Jika website-mu sudah memiliki performa yang baik dan banyak yang berkunjung setiap harinya, sebaiknya kamu menggunakan WordPress Hosting berbayar.

WordPress Hosting berbayar dapat kamu peroleh dengan melakukan transaksi di penyedia layanan hosting. Salah satunya yang direkomendasikan adalah Qwords. Qwords merupakan penyedia layanan Hosting Indonesia yang telah berpengalaman sejak tahun 2005 dan memiliki reputasi yang baik. Layanan yang ditawarkan antara lain hosting, domain, dan sertifikat SSL. Jadi, tidak perlu ragu untuk memilih Qwords untuk meningkatkan performa website yang kamu miliki.

About Maya Nirmala Sari

Citizen Journalist. Gemar belajar dan mencoba hal baru. Mencintai bumi dan buah-buahan. Founder Komunitas Kuliner Solo (KuLo). Owner Galeri Craft @Maenequeen

Check Also

Cara Mudah Optimalkan Website dengan SEO

Sudah banyak Sahabat Nirmala yang memiliki website untuk bisnisnya. Karena memang website memiliki peranan penting …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.