Home / Info & Tips / Bisnis & Keuangan / Cara Mudah Optimalkan Website dengan SEO

Cara Mudah Optimalkan Website dengan SEO

Sudah banyak Sahabat Nirmala yang memiliki website untuk bisnisnya. Karena memang website memiliki peranan penting dalam sebuah bisnis. Namun, sekadar ‘punya’ website saja belumlah cukup. Selain memilih penyedia layanan Hosting Indonesia yang tepat, kita juga perlu untuk mengoptimalkan website dengan SEO. Untuk lebih jelasnya bisa disimak uraian berikut ini 🙂

Optimalkan website dengan SEO (foto : pixabay)

Pengertian SEO dan Cara Kerja Mesin Pencari

SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization. SEO dapat diartikan sebagai seni untuk lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari sehingga dapat meningkatkan kunjungan ke website. Menurut wikipedia, SEO merupakan proses meningkatkan kualitas serta kuantitas lalu lintas suatu website dengan meningkatkan visibilitas website ke pengguna mesin pencari di internet. Sederhananya, SEO merupakan upaya agar tautan artikel di website kita ada di halaman pertama Google saat pengguna internet mengetikkan kata kunci yang relevan.

SEO ada dua macam, yaitu SEO on page dan SEO off page. SEO on page adalah upaya untuk mengoptimalkan website melalui halamannya sendiri, misalnya dengan menentukan kata kunci yang tepat dan memperhatikan struktur dalam satu artikel. Sedangkan SEO off page merupakan upaya mengoptimalkan website dengan SEO dari luar halaman, biasanya dengan cara share di media sosial dan menanamkan backlink di website lain dengan kriteria tertentu.

Baca Juga : Masih Ragu Pakai WordPress? Baca Dulu Kelebihannya Berikut ini!

Untuk bisa menerapkan SEO dengan tepat, kita perlu memahami cara kerja dari mesin pencari atau search engine yang dalam hal ini adalah Google. Google memiliki 3 cara dalam menghasilkan rekomendasi website saat pengguna mengetikkan kata kunci. Berikut ini 3 cara kerja mesin pencari :

1. Crawl

Mesin pencari menggunakan algoritma tertentu untuk merayapi (crawl) setiap website yang ditemuinya secara keseluruhan. Mulai dari halaman depan sampai ke setiap artikel dalam suatu website, mesin pencari akan mendeteksi setiap informasi dan tautan yang ada. Data yang diperoleh dari hasil merayapi ini akan disimpan oleh mesin pencari.

2. Index

Mesin pencari menyusun index dari setiap data yang dimilikinya dari hasil merayapi website. Index ini tentu saja sangat besar dan lengkap. Namun kamu tidak perlu bingung, mesin yang digunakan sangat canggih sehingga mampu menampung data yang sangat besar dan dapat digunakan saat dibutuhkan.

3. Result

Ketika pengguna internet mencari informasi tertentu dengan cara mengetikkan kata kunci di mesin pencari, dalam beberapa detik akan terlihat rekomendasi website yang relevan untuk kata kunci tersebut. Hasil yang ditampilkan ini merupakan olahan dari index yang dimiliki mesin pencari.

Optimalkan website dengan SEO (foto : pixabay)

Baca Juga : Sertifikat SSL untuk Keamanan Website, Pentingkah?

Nah, setelah mengetahui pengertian SEO dan cara kerja mesin pencari di internet, kita bisa mengikuti langkah-langkah yang tepat untuk mengoptimalkan website. SEO merupakan ilmu yang terus berkembang mengikuti algoritma mesin pencari yang juga semakin canggih. Namun setidaknya, 7 cara mudah optimalkan website dengan SEO berikut ini dapat kamu lakukan sebagai dasar agar website lebih mudah ditemukan mesin pencari.

5 Cara Mudah Optimalkan Website dengan SEO

Mengoptimalkan website dengan SEO sangat penting dilakukan agar website memiliki peringkat yang baik di mesin pencari. Jika memiliki peringkat yang baik, mesin pencari akan sering merekomendasikan website kita. Ini artinya kunjungan akan meningkat dan tujuan yang kita targetkan dapat lebih mudah tercapai. Untuk itu, kamu bisa melakukan 5 cara mudah optimalkan website dengan SEO berikut ini :

1. Gunakan Kata Kunci yang Tertarget

Kata kunci merupakan kata atau rangkaian kata yang diketikkan di mesin pencari oleh pengguna internet saat membutuhkan informasi tertentu. Nah, untuk mengoptimalkan website dengan SEO, kita perlu memosisikan diri sebagai pengguna internet itu, kira-kira apa kata kunci yang paling populer. Untuk mendapatkan kata kunci yang tepat dan sesuai dengan target market, kita dapat melakukan riset dengan bantuan keyword ools yang disediakan Google secara gratis.

Setelah kita mendapatkan kata kunci yang tepat dan tertarget, pastikan kita menggunakannya dalam porsi yang tepat. Terlalu banyak mengulang penyebutan kata kunci juga dapat berdampak tidak baik karena akan terdeteksi sebagai spam. Sebaliknya, menyebutkan kata kunci terlalu sedikit juga tidak tepat. Aling tidak, penyebutan kata kunci adalah sebanyak 1% dari keseluruhan jumlah kata dalam artikel.

Baca Juga : 5 Tips Memilih Domain yang Tepat untuk Bisnis

2. Utamakan Konten Berkualitas

Bagaimanapun juga, yang membaca artikel kita adalah manusia, bukan mesin pencari. Mesin pencari hanyalah alat untuk memudahkan pencarian website yang relevan. Utamakanlah konten yang berkualitas yang dibutuhkan oleh pembaca. Jika pembaca menyukai konten dalam suatu website, maka di lain waktu dia akan mengunjungi website itu kembali. Buatlah keterikatan dengan pembaca agar website bisa lebih optimal.

3. Gunakan Plugin SEO

Cara mudah optimalkan website dengan SEO berikutnya adalah dengan menggunakan plugin SEO. Ada banyak plugin SEO yang dapat kita gunakan secara gratis. Plugin SEO ini dapat membantu kita menganalisa seberapa optimal SEO yang kita terapkan dalam sebuah halaman website. Plugin SEO ini akan memberitahu kita apa yang perlu diperbaiki agar halaman lebih optimal.

4. Membangun Backlink

Ketika kita menulis sebuah artikel, sertakan juga internal link dan external link di dalamnya. Selain untuk meningkatkan kunjungan halaman, cara ini juga merupakan salah satu cara mudah optimalkan website dengan SEO. Selain itu, menanamkan backlink di website lain yang memiliki performa yang baik dan relevan dnegan isi website kita juga sangat membantu untuk meningkatkan peringkat website kita di mesin pencari.

5. Memilih Penyedia Hosting yang Tepat

Memilih penyedia hosting yang tepat juga berpengaruh untuk mengoptimalkan website. Semua teori SEO yang sudah kita terapkan akan tidak optimal jika tiba-tiba server down atau ada masalah lainnya pada hosting website. Oleh karena itu sebaiknya kita menggunakan Cloud Hosting dari perusahaan penyedia layanan Hosting Indonesia yang tepercaya. Pilihlah Qwords yang sudah berpengalaman bertahun-tahun dalam menyediakan layanan domain dan hosting dengan kualitas terbaik.

Optimalkan website dengan SEO (foto : pixabay)

Ternyata tidak sulit bukan untuk mengoptimalkan website dengan SEO? Untuk memperoleh hasil yang signifikan, kamu perlu untuk konsisten dalam melakukan setiap langkah-langkah optimasi SEO tersebut. Semuanya butuh waktu dan proses, jadi kamu perlu bersabar dan tidak mudah menyerah, ya!

About Maya Nirmala Sari

Citizen Journalist. Gemar belajar dan mencoba hal baru. Mencintai bumi dan buah-buahan. Founder Komunitas Kuliner Solo (KuLo). Owner Galeri Craft @Maenequeen

Check Also

Inilah Kekurangan dan Kelebihan Sistem Konsinyasi yang Harus Diketahui Oleh Pebisnis

Sebagian besar masyarakat mungkin belum familiar dengan sistem konsinyasi dalam dunia bisnis. Bila Anda adalah …

25 comments

  1. Duh baca disini kok jadi mudah dan mungkin ya untuk dilakukan. Semoga aku bisa melaksanakan dengan sesuai biar SEO terbaca google page one

  2. Ternyata penyedia hosting yang tepat juga ngaruh ke SEO ya…Kayaknya perpanjangan domain tahun ini saya pindah ke Qwords saja, penyedia hosting terpercaya di Indonesia:)

  3. Nah blog saya ini belum ramah SEO. Belum ada indexing jadi kadang si robot nggak melakukan crawling ke blog saya.

  4. Kl bunda selesai publish postingan di blog, yowis, gak mikirin tentang SEO. Pokoke nulis, publish, ikutan link BW. Bikin asyik aja. Yang penting dpt job via email, alhamdulillah.

  5. Memang harus jeli menggunakan keyword dalam tulisan ya, biar bisa terindex oleh Google dan tampil di halaman pertama pencarian.

    • Aku nggak pake wp nih jadi enggak bisa merasakan gimana pakai plug in yang mendukung SEO :))

      Tapi sih kata orang yang terpenting kita nulis content yang bagus dulu ya. Baru kemudian ditunjang dengan langkah2 pendukung SEO seperti yang ditulis di atas tadi.

  6. Kegalauan sekarang tuh adalah migrasi ke WP kalau aku, heheheheee… Karena konon katanya lebih mudah terindex oleh Google, lalu galau. Terus mikir lagi, lah nulis aja tergantung mood.

  7. Terima kasih pencerahannya mba, harus lebih telaten dengan SEO di blogku hehe aku nulis kadang sesukanya saja ngga perhatikan SEO

  8. Betul, semuanya butuh waktu dan proses.
    Blog saya juga belum begitu memperhatikan soal SEO ini, bisa rajin nulis aja alhamdulillah.
    Makanya suka gemes kalau ada orang baru belajar ngeblog lalu udah keburu pengen dapet duit dari blog

  9. Nerapin SEO d blog susah gampang ya mba,, dah pdhl ngikutin aturannya tapi Blum nembus page one juga, pernah sih Ada artikel d uratan page 2 gitu seneng bngt,, mesti bnyk bljar ini buat blog tampil paripurna

  10. Dulu, aku kira soal provider hosting gak pengaruh ke seo. Ternyata punya andil besar ya. Soalnya tahu banget, ada temen yang blognya selalu susah diakses. Hostingnya sering bermasalah. Jadinya orang-orang pada males berkunjung. Trafik jadinya drop deh. Dan mesin pencari jadi enggan rekomendasikan blog tsb kayaknya.

  11. Mba, provider hosting ini lebih khusus untuk wordpress kan ya? Aku ada wordpress tapi jarang dipakai. Kalau aku skarang optimalkan seo juga

  12. Kalau baca artikel ini, SEO tuh kayaknya sederhana ya. Tapi giliran mau praktikin, aq auto mabok. Pusing sendiri dah. hiks

  13. Puyeng belajar SEO haha aku menyerah, lebih milih nulis panjang aja deh

  14. Simple ternyata cara penerapan SEO di blog. Aku lagi belajar mengoptimalkan di blog nih mbak biar cepet naik rangkingnya. Terlalu banyak kata kunci bisa terdeteksi spam ternyata. Terima kasih banyak infonya mbak.

  15. Aku lagi belajar dikit-dikit, nih. Ya gampang-gampang susah sih, apalagi kalau udah ke keywped, kadang suka asal nembak aja, gakpakek riset dl,l.Padahal mah ya, penting bgt riset dl. Bbrpnkali masuk page one, tp skrg lagi letoy, hehe. Lagi males main SEO

  16. Sejujurnya aku termasuk yang nggak merhatiin SEO, ternyata memang mengoptimalkannya harus punya perhatian khusus ya. Perhatianku belum sepenuhnya ke blog sih karena aku kerja yang lain.. jadi belum sempat ngulik SEO. Makasih sharingnya mba.

  17. Beberapa kali coba main SEO emang ngaruh sih,baik PV maupun DA.Tapi penyakitnya suka malas riset keyword, jadi ya gitu, kurang ces pleng. Apalagi skrg letoy semangat SEOnya, jadi berasa ribet, padahal kalau baca kayak gini, kayaknya simple aja, hehe

  18. SEO plug in itu khusus wordpress ya mb? Duh, masih harus byk belajar soal SEO nih..

  19. Aku yang masih suka kesulitan nanam backlink, khususnya di web berkualitas gtu. Seringnya emang kadang kita harus bayar gtu kalau mau dapatin backlink. Atau mungkin ada tips khususnya buat dapatin mak tanpa harus mengeluarkan uang? haha ngarep ye 😀

  20. Plugin SEO ini adanya cuma di WordPress ya. Intinya, kudu punya blog WordPress nih biar SEO-nya bagus.

  21. Ilmu SEO bukan 1+1=2
    Semakin diselami maka ditemukan banyak challenge
    Jadi memang perlu kemantapan dalam mempelajarinya

  22. PR besar aku nih… belajar ttg seo dan gimana mulai usaha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *