Home / Kuliner / Kreasi Kuliner / Kuliner Legendaris Mie Kedondong Surabaya

Kuliner Legendaris Mie Kedondong Surabaya

Masyarakat Indonesia umumnya memilih nasi sebagai makanan pokoknya, sampai-sampai jika seseorang tidak makan nasi maka belumlah dianggap makan. Tapi selain nasi, salah satu makanan favorit di Indonesia adalah Mie. Mulai dari Mie Instan yang dijual bebasa di warung dan supermarket, sampai dengan tempat makan yang menjadikan Mie sebagai menu andalannya. Di kota Surabaya ada sebuah tempat makan mie yang cukup tersohor. Mie Kedondong Surabaya namanya. Eits, dinamakan Mie Kedondong karena tempat makan ini berlokasi di sekitaran jalan Kedondong Surabaya, jadi Kamu jangan membayangkan bakal menemukan buah kedondong di sajiannya.

Kuliner Legendaris Mie Kedondong Surabaya merupakan salah satu tempat makan yang bisa dibilang cukup sepuh. Berdiri pertama kali di Kota Malang awalnya bernama Cwie Mie Malang pada tahun 1964. Baru di tahun 1977 pemiliknya menikah dan pindah ke Kota Surabaya. Tepatnya di Jl.  Kedondong Lor 1/ no 7C. Itulah kenapa dinamai Mie Kedondong.

Kuliner Legendaris Mie Kedondong Surabaya (foto : felixliesar)
Kuliner Legendaris Mie Kedondong Surabaya (foto : felixliesar)

Rahasia Langgeng Mie Kedondong

Salah satu keunggulan kuliner lezat Mie Kedondong Surabaya ada pada Mie nya, dengan menu andalannya Mie Pangsit, sang pemilik tetap menjaga teksturnya yang empuk serta citarasanya yang pas. Untuk Mie Pangsit, sengaja dibuat baru setiap harinya agar kualitasnya tetap terjaga, sang pemilik tak mengganti mie nya dengan mie yang sudah siap beli karena akan merusak cita rasa dari mie itu sendiri. Karenanya sajian Mie Pangsit di tempat ini mampu bertahan ditengah menjamurnya tempat makan baru di Kota Surabaya. Bahkan untuk tetap menjaga tekstur dan citarasa mie yang pas, sengaja dibuat dua kali sehari yaitu di pagi dan siang hari.

Karena tidak dibuat menggunakan pengawet dan pewarna sama sekali, hal ini membuat citarasa yang konsisten dan segar itulah, Mie Kedondong Surabaya bisa melegenda meskipun berawal dari gang sempit di salah satu sudut Kota Surabaya. Meski Mie Pangsit adalah salah satu andalan menu Kuliner Legendaris  Mie Kedondong Surabaya, tetapi di sini kamu juga bisa menemukan beragam menu lainnya. Karena selain Mie Pangsit, di sini juga ada Bakso, Siomay, nasi rawon, nasi gule, nasi campur, bahkan kamu bisa menemukan menu penyetan di sini. Tak kalah dengan deretan makanannya, minuman yang di tawarkan pun sangat beragam yang akan membuat Kamu bingung memilihnya.

Baca Juga : Rawon Cak Sukar Jogja dengan Kuah Gurih yang Lezat

Kuliner Legendaris Mie Kedondong Surabaya (foto : miekedondong)
Kuliner Legendaris Mie Kedondong Surabaya (foto : miekedondong)

Tetap Sederhana Meski Punya Banyak Cabang

Di Pusat Mie Kedondong surabaya yang berada di Jl. Kedondong Lor 1, Kamu tidak akan menemukan tampilan tempat makan yang mewah. Di dalamnya hanya ada 4 meja panjang dengan desain interior rumah jadul. Tapi Kamu bisa menemukan cabang Mie Kedondong di beberapa tempat lain di Kota Surabaya. Antara lain di Jl. Tumapel 29, belakang SMAK Santa Maria, di ruko Gwalk dan juga di area Food Court City Of Tomorrow lt 1.

Baca Juga : 6 Warung Ayam Betutu Paling Laris di Bali yang Harus Kamu Coba

Untuk menikmati Kuliner Legendaris Mie Kedondong Surabaya, Kamu cukup mengeluarkan uang di kisaran 20.000-an per porsi. Seperti Mie Pangsit Bakwan yang dibandrol dengan harga Rp 28.000 dan hanya dengan 20.000 kamu sudaha bisa menikmati seporsi mie pangsit ayam.

Jangan lupa jika kamu bertandang ke Kota Pahlawan, sempatkan mampir dan mencicipi Kuliner Legendaris Mie Kedondong di Surabaya ini. Lokasinya sendiri ada di tengah kota meski agak sedikit terpencil. Jika dari arah jalan Basuki Rahmat Kamu bisa berbelok ke kiri di depan Gedung Gramedia ekspo. Atau jika kamu dari arah Kedungdoro Kamu bisa belok kanan ke jalan Kedungsari lalu lurus ke arah Jl. Kombes M Duriat.

Baca Juga : Mencicipi Mangut Lele Yu Temu Bantul, Penasaran?

Kuliner Legendaris Mie Kedondong Surabaya (foto : miekedondong)
Kuliner Legendaris Mie Kedondong Surabaya (foto : miekedondong)

 

About Ivana

Check Also

Wajib Coba! Kreasi Bakso Bonanza yang Menggoyang Lidah

Siapa sih yang nggak kenal bakso? Bisa dibilang, bakso merupakan makanan sejuta umat, saking banyaknya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *