Home / Kuliner / Harus Coba! Pecel Madiun Yu Gembrot yang Legendaris

Harus Coba! Pecel Madiun Yu Gembrot yang Legendaris

Madiun selain terkenal dengan jajanan khas Brem-nya, juga sudah sangat tersohor dengan pecel. Yups, berkunjung ke Madiun, kamu tak akan kesulitan menemukan tempat makan yang menyajikan pecel sebagai menu utamanya. Cita rasa pecel  di kota berjuluk Kota Gadis ini bahkan tidak hanya terkenal di daerah Jawa Timur sendiri tetapi juga juga di daerah lain. Salah satu tempat menikmati pecel khas Kota Madiun adalah Warung Nasi Pecel Yu Gembrot.

Kuliner Pecel Madiun Yu Gembrot (foto : Jogjaeatguide)
Kuliner Pecel Madiun Yu Gembrot (foto : Jogjaeatguide)

 

Warung Pecel Legendaris Sejak 1942

Kuliner tradisional Pecel Madiun Yu Gembrot ini bisa dibilang melegenda, pasalnya ditengah persaingan usaha kuliner restoran dan kafe yang banyak bertebaran, Warung Nasi Pecel Yu Gembrot masih tetap eksis. Dari tahun-ketahun bukannya tenggelam, kuliner Pecel Yu Gembrot di Madiun malah semakin dikenal banyak orang, terbukti dengan dibukanya beberapa anak cabang Warung Nasi Pecel Yu Gembrot, antara lain di kota Jogja dan di Kota malang.

Usaha Kuliner Pecel Yu Gembrot di Madiun disebutkan telah dimulai sejak tahun 1942, berawal dari Sarinem yang memulai menjual nasi pecel dengan berkeliling dari kampung ke kampung. Rupanya inilah yang menjadi cikal bakal berdirinya kuliner Pecel Yu Gembrot di Madiun. Barulah pada tahun 1974 salah satu anak Sarinem mulai mempopulerkannya.

Baca Juga : Berburu Kuliner Nasi Punel di Pasuruan, Yuk!

Kartini tidak turut berjualan keliling seperti Sarinem, tetapi membuka warung yang berlokasi di area Pasar Besi. Kartini yang sejak kecil diberi julukan Yu Gembrot sejak masih kanak-kanak, memutuskan untuk memberi makan warung nya dengan nama Warung Nasi Pecel Yu Gembrot. Saat ini sudah 3 generasi yang mengelola warung nasi, karena pengelola yang sekarang adalah Hendro yang tak lain adalah anak dari Kartini.

Kuliner Pecel Madiun Yu Gembrot (foto : Jogjataste)
Kuliner Pecel Madiun Yu Gembrot (foto : Jogjataste)

 

Pecel Madiun Langganan Para Pejabat

Cita rasa khas dari kuliner Pecel Yu Gembrot di Madiun serta kenikmatan rasanya sudah sangat tersohor keseluruh penjuru negeri. Tak sedikit petinggi negeri ini yang sering datang dan mencicipi kelezatan dari kuliner Pecel Yu Gembrot di Madiun. Hal ini bisa di lihat dari foto-foto yang banyak dipajang di dinding warungnya. Bahkan Presiden Jokowi tak mau ketinggalan menikmati kelezatan dari racikan pecel di sini.

Rahasia yang membuat kuliner Pecel Yu Gembrot di Madiun begitu melegenda  adalah dari cara penyajiannya yang khas, alih-alih menggunakan piring keramik seperti di tempat makan lainnya, Pecel di sini disajikan dalam wadah yang terbuat dari daun pisang yang segar. Daun pisang dibentuk sedemikian rupa agar berbentuk seperti mangkuk. Hal ini membuat nasi di sini terasa lebih wangi dan terasa lebih lezat. ‘

Baca Juga : Rawon Cak Sukar Jogja dengan Kuah Gurih yang Lezat

Selain penyajiannya yang masih dengan cara sederhana, salah satu ciri khas dari kuliner Pecel Yu Gembrot di Madiun adalah dari bumbu pecel yang kental, sangat terasa bumbu kacangnya. Perpaduan antar bumbu dan rempah-rempahnya pun terasa pas dilidah, perpaduan antara gurih dan pedas.

Layaknya seporsi nasi pecel pada umumnya Kamu akan menemukan sayuran rebus atau dalam bahasa Jawa di sebut kulupan, yang terdiri dari bayam, kacang panjang, tauge, Kembang turi atau kemangi dan sayuran lain tergantung apa yang sedang musim panen. Kamu juga bisa memilih beragam lauk yang tak kalah lezat, ada jerohan sapi, daging ayam, keripik peyek, telur, tempe atau juga tahu.

Baca Juga : Kuliner Legendaris Mie Kedondong Surabaya

Kuliner Pecel Madiun Yu Gembrot (foto : Jogjakakilima)
Kuliner Pecel Madiun Yu Gembrot (foto : Jogjakakilima)

Lokasi dan Harga Kuliner Pecel Yu Gembrot di Madiun

Jika kamu ingin mencicipi kuliner Pecel Yu Gembrot di Madiun, kamu bisa langsung datang ke pusatnya yang berlokasi di Jl. Imam Bonjol, Madiun. Warung ini beroperasi sejak pukul 06.30 pagi sampai dengan pukul 20.00 WIB. Namun jika kamu sedang bertandang Ke Malang atau Jogja, kamu bisa juga mampir ke cabang Pecel Yu Gembrot di sana.  Lokasi tepatnya ada di Jl. Sigura-gura V no 23B, Malang dan di Jl. Kaliurang KM 9.3, Tambakan, Sinduharjo. Yang buka 07.00 sd 20.00 WIB setiap harinya. Untuk menikmati seporsi kuliner Pecel Yu Gembrot di Madiun Kamu tak perlu merogoh kocek terlalu dalam, karena harga seporsi pecel Yu Gembrot harganya mulai dari Rp 12.000 saja.

Baca Juga : Mencicipi Mangut Lele Yu Temu Bantul, Penasaran?

Jadi, apakah kamu tertarik untuk mencicipi kuliner legendaris ini? Cintai produk lokal agar kekayaan nusantara ini bisa lestari dan bisa dinikmati anak cucu kita nantinya. Yuk, makan pecel Madiun 🙂

About Maya Nirmala Sari

Citizen Journalist. Gemar belajar dan mencoba hal baru. Mencintai bumi dan buah-buahan. Founder Komunitas Kuliner Solo (KuLo). Owner Galeri Craft @Maenequeen

Check Also

Rawon Cak Sukar Jogja dengan Kuah Gurih yang Lezat

Jogja memiliki banyak tempat kuliner yang lezat. Masih bingung memilih yang mana? Bahkan, ada kuliner …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *