Tips Cuan Cari Supplier dari Marketplace Grosiran

Kehadiran marketplace grosiran online semakin memudahkan pelaku usaha untuk mendapatkan supplier tangan pertama yang terpercaya. Pelaku usaha, khususnya UMKM, dapat mencari pemasok dengan lebih mudah melalui B2B marketplace Indonesia.

Marketplace harga grosir atau sering disebut pusat grosir online merupakan tempat bertemunya pebisnis dengan pemasok yang menjual berbagai produk dengan harga grosir. Melakukan transaksi melalui platform B2B seperti ini memiliki banyak keunggulan.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa keunggulan belanja di marketplace grosiran serta tips bisnis UMKM agar bisa mendapatkan supplier yang tepat.

Keunggulan Belanja di Marketplace Grosiran

Pada era digital seperti saat ini, berbagai kemudahan dapat kita nikmati dengan memanfaatkan akses internet dan smartphone. Ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang pesat di berbagai bidang, termasuk bisnis perdagangan.

Aktivitas perdagangan yang dilakukan oleh pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) biasanya dimulai dari survey pasar, memilih supplier, dan belanja barang dagang untuk dijual kembali. Dengan cara konvensional, pelaku UMKM harus menghubungi pemasok satu demi satu untuk mendapatkan informasi produk beserta harganya.

Kehadiran B2B marketplace di Indonesia dapat memberikan keuntungan bagi supplier produk maupun pengusaha kecil. Aktivitas jual beli business to business dapat berlangsung lebih praktis dan efisien serta relatif lebih terjamin keamanannya.

Secara umum, keunggulan belanja di marketplace grosiran online antara lain:

  • Lebih Aman

Tidak dapat dipungkiri, membangun kepercayaan dan menjalin kerja sama yang saling menguntungkan membutuhkan waktu. Selama proses tersebut, kadang-kadang kita akan berjumpa dengan orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Alih-alih mendapatkan barang dagangan dengan harga murah, tidak jarang malah terjadi kasus penipuan dan penggelapan uang. Bukannya untuk, bisa jadi malah buntung. Meskipun telah hati-hati, sistem jual-beli langsung rentan terjadi fraud.

Untuk kamu yang baru terjun di dunia bisnis, mungkin relasi yang dimiliki belum begitu banyak. Melakukan transaksi melalui marketplace harga grosir cenderung lebih aman karena ada verifikasi ganda dari pihak ke tiga.

  • Praktis dan Ekonomis
Baca Juga :  Inilah Kekurangan dan Kelebihan Sistem Konsinyasi yang Harus Diketahui Oleh Pebisnis

Aktivitas memilih dan membandingkan kualitas serta harga produk dari beberapa pemasok secara konvensional dapat menghabiskan waktu dan biaya yang tidak sedikit. Pelaku usaha harus mengumpulkan informasi satu per satu dan membandingkan produk yang beragam.

Dengan adanya B2B marketplace Indonesia, kulakan atau belanja barang dagangan dapat dilakukan secara lebih praktis dan ekonomis. Biaya transportasi dan komunikasi dapat ditekan karena data produk dari berbagai supplier telah tersedia dalam satu platform.

  • Produk Lebih Lengkap

Pada pusat grosir online, para pemasok berlomba-lomba untuk bergabung dan menampilkan informasi produk sesuai standar agar dilirik pelaku usaha. Supplier dari berbagai wilayah di Indonesia hadir untuk menawarkan produk berkualitas dengan harga terbaik.

Tersedia berbagai produk yang lebih lengkap dalam satu platform menjadi keunggulan tersendiri dari marketplace grosiran. Sehingga pelaku usaha memiliki lebih banyak pilihan barang dagangan dengan spesifikasi yang beragam.

  • Promo Menarik

Sebagai pebisnis, jeli melihat peluang menjadi salah satu modal penting untuk bisa meraih keuntungan yang ditargetkan. Keuntungan ini bukan hanya harga barang dagangan yang murah dan diskon dari pemasok, tapi juga keuntungan lain yang bisa didapatkan.

Marketplace harga grosir biasanya menawarkan berbagai program promosi menarik yang bisa dimanfaatkan, baik oleh penjual maupun pembeli. Keuntungan tersebut antara lain berupa poin rewards, cashback, voucher belanja, dan lain-lain.

Marketplace grosiran 99% Usahaku
Marketplace grosiran 99% Usahaku (Pict. Pexels)

Tips Cari Supplier Tangan Pertama di Marketplace Grosiran

Salah satu keunggulan dari marketplace grosiran adalah banyak supplier atau pemasok yang menawarkan barang dagangannya. Namun, hal ini bisa jadi malah membuat bingung dalam memilih supplier mana yang paling tepat.

Agar bisnis bisa makin cuan, ketahui tips mencari supplier tangan pertama di marketplace berikut ini.

  • Tentukan Produk
Baca Juga :  4 Cara Membangun Branding Produk Jasa yang Efektif, Mudah Dilakukan!

Ada banyak sekali produk yang dijual di pusat grosir online. Sebelum mencari supplier tangan pertama yang terpercaya, kamu perlu menentukan terlebih dahulu jenis dan spesifikasi produk atau barang dagang yang diinginkan.

Jika kamu baru berencana berbisnis dan belum mengetahui produk apa yang akan dijual, kamu perlu melakukan riset terlebih dahulu. Kamu dapat melihat produk-produk apa saja yang paling laris dan melakukan analisis terhadap prospek bisnis produk tersebut dalam jangka panjang.

Untuk menentukan jenis produk yang tepat, kamu juga dapat menyebarkan form survey untuk mengumpulkan pendapat dari target pasar yang dibidik. Jangan lupa untuk mempertimbangkan adanya kompetitor yang menjual produk yang sama.

  • Urutkan Produk Terlaris

Setelah menentukan akan kulakan produk apa, mulailah mencari supplier yang menjual produk tersebut. Salah satu caranya kamu bisa mengurutkan produk-produk tersebut berdasarkan jumlah penjualan tertinggi. Bisa dibilang produk yang terlaris akan lebih menarik untuk dipilih.

Dari beberapa produk dengan jumlah penjualan tertinggi, kamu bisa mendata siapa saja pemasoknya. Dari data pemasok tersebut kamu bisa melakukan analisis lanjutan untuk memilih supplier yang tepat.

  • Pemasok Terverifikasi

Sangat penting untuk memastikan bahwa akun pemasok yang menjual barang dagangan yang kamu tentukan adalah akun terverifikasi. Hal ini untuk menghindari kemungkinan adanya fraud di kemudian hari.

Kamu juga bisa menganalisis integritas supplier dengan melihat beberapa parameter di akunnya, seperti berapa lama bergabung di marketplace, kecepatan dalam membalas pesan, serta bahasa yang digunakan dalam menjelaskan produk.

  • Baca Review Pelanggan Lain

Review dan tingkat kepuasan dari orang-orang yang telah membeli produk dapat menjadi gambaran awal tentang kualitas suatu produk. Hal ini berguna untuk memastikan apakah kualitas produk sesuai dengan apa yang dijanjikan.

Baca Juga :  Harus Siap! Inilah Tantangan Manajemen SDM di Era Digital

Kamu juga perlu membaca ulasan pelanggan lain sebelum membeli barang dagangan. Hal tersebut untuk mengetahui tips dalam berbelanja barang grosir, keamanan pengiriman, serta kemungkinan kesalah pahaman dalam membaca deskripsi produk.

  • Pilih Marketplace Grosiran Terbaik

Saat ini, salah satu marketplace grosiran terbaik di Indonesia adalah 99% Usahaku. Platform yang diluncurkan sejak Tahun 2019 ini diinisiasi oleh Telkomsel untuk mendorong pemulihan bisnis UMKM di Indonesia.

Sebagai bagian dari B2B marketplace Indonesia, 99% Usahaku ditujukan untuk memperluas solusi digital untuk mendorong pemberdayaan sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di tanah air. Sehingga UMKM memiliki akses yang lebih luas untuk bertemu dengan supplier yang tepat.

Marketplace grosiran 99% Usahaku V2.0 yang dirilis pada Juni 2021 dilengkapi dengan fitur “Pemasokku”. Dengan fitur ini, pelaku UMKM dapat lebih mudah menemukan pemasok atau penjual barang grosir yang terpercaya dari berbagai wilayah di Indonesia.

Selain itu, fitur Pemasokku di 99% Usahaku juga ditujukan untuk menambah value bagi seluruh supplier di berbagai sektor usaha. Kapabilitas platform ini akan terus ditingkatkan dan jumlah supplier yang bergabung akan terus bertambah.

Diharapkan marketplace grosiran 99% Usahaku dapat mendorong transformasi digital dan membuka pasar yang lebih luas bagi pelaku UMKM di seluruh Indonesia. Apalagi dengan adanya pandemi selama dua tahun terakhir, pemulihan bisnis UMKM perlu didorong dan difasilitasi untuk meningkatkan perekonomian.

Memilih marketplace grosiran terbaik merupakan salah satu poin penting dalam mencari supplier tangan pertama yang sesuai dengan bisnis yang kamu tekuni. Melakukan pembelian dan penjualan barang grosir melalui platform 99% Usahaku adalah pilihan yang tepat.

Mungkin Anda juga menyukai

1 Respon

  1. 26/04/2022

    […] bersama yang dikelola pihak ketiga berguna untuk meningkatkan keamanan transaksi. Pilihlah marketplace terpercaya untuk membeli HP murah dari penjual yang telah […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *