Home / Info & Tips / Bisnis & Keuangan / Masih Ragu Pakai WordPress? Baca Dulu Kelebihannya Berikut Ini!

Masih Ragu Pakai WordPress? Baca Dulu Kelebihannya Berikut Ini!

Sahabat Nirmala pasti sudah tahu kan ya tentang pentingnya memiliki website untuk bisnis. Website memang dapat meningkatkan brand awareness danefektif dalam menjaring pelanggan baru. Kamu juga dapat memanfaatkan Website untuk memberikan layanan purna jual kepada pelanggan. Hal ini cukup berpengaruh dalam membentuk loyalitas pelanggan.

Baca juga : Membuat Website untuk usaha Online, Penting Gak Sih?

Untuk membuat sebuah website, diperlukan platform seperti WordPress. Mungkin kamu masih ragu untuk menentukan platform apa yang akan kamu gunakan. Ada beberapa pilihan platform yang semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Nah, kali ini Nirmala akan membahas tentang kelebihan dari WordPress. Kamu bisa menjadikan ulasan ini sebagai bahan pertimbanganmu dalam membuat website. Inilah beberapa kelebihan dari WordPress!

1. Mudah Digunakan

Kelebihan WordPress yang banyak diakui oleh para penggunanya adalah platform ini mudah digunakan. Tidak perlu memiliki keahlian khusus dalam hal coding dan script php. Bahkan pengguna pemula pun dapat dengan mudah menggunakan WordPress. Kamu dapat membuat website untuk berbagai kebutuhan seperti website portofolio, online shop, website perusahaan, dan kebutuhan lainnya.

2. Pilihan Tema Beragam

Tema atau biasa disebut template/themes merupakan hal yang pertama kali dilihat calon pelanggan saat mengunjungi website. Oleh karena itu pilihan tema menjadi faktor penting untuk membuat website yang menarik. Tampilan website dengan template yang menarik dan simple dapat membuat pengunjung betah berlama-lama mengunjungi website kamu.

Banyaknya tema yang dapat kmu pilih menjadi kelebihan tersendiri bagi WordPress dibandingkan dengan platform lainnya. Pilihan tema di Wordpress sangat beragam dengan jumlah yang tidak terbatas. Kamu dapat memilih tema yang sesuai untuk website milikmu secara gratis. Jika kamu ingin membuat tampilan yang lebih unik dan personal, kamu bisa mengedit atau membeli tema custom sesuai keinginanmu. Asyik ya?

3. Permalink yang Dapat Diedit

Ketika membuat sebuah artikel yang akan dipublikasikan di website, akan ada permalink yang dibentuk secara otomatis sebagai alamat untuk membaca artikel tersebut. Tampilan permalink yang dibentuk oleh WordPress menyesuaikan dengan judul artikel tanpa kode-kode tertentu yang ribet. Hal ini sangat baik untuk meningkatkan kunjungan ke website karena permalink yang dibentuk ramah SEO. Kamu juga dapat mengedit permalink tersebut sesuai dengan keinginanmu. Gampang!

Foto : Pixabay

4. Tersedia Banyak Pilihan Plugins

Kelebihan WordPress dibandingkan platform lainnya adalah WordPress menyediakan banyak pilihan plugins. Kamu bisa memasang dan mencopot plugin-plugin ini sesuai dengan kebutuhanmu. Semuanya sudah tersedia di dashboard WordPress. Kamu tinggal memilih saja plugins apa yang kamu butuhkan lalu meng-install-nya. Selesai! Jadi kamu tidak perlu mencari plugins dari sumber lain yang belum tentu terjamin keamanannya.

5. Pengaturan Widget Lebih Mudah

Kelebihan lain dari WordPress salah satunya adalah tersedianya fasilitas pengaturan widget. Kamu dapat menambahkan, menghapus, dan mengatur blok-blok di website sesuai dengan keinginanmu. Widget ini termasuk main bar, side bar, dan footer. Untuk mengatur widget ini, kamu bisa melakukannya dengan cara drag dan drop dengan mudah.

Baca juga : 5 Tips Memilih Nama Domain yang Tepat untuk Bisnis

6. Anti Spam Mumpuni

Pernahkah website-mu diserang oleh komentar-komentar tidak jelas yang tujuannya menanamkan link aktif? Wah, hal ini tentu sangat mengganggu sekali ya! Selain merusak tampilan konten, banyaknya spam ini juga dapat memperburuk performa website. Bahkan, bisa saja website bisnismu diblokir oleh Google. Ngeri deh L

Kalau kamu menggunakan WordPress untuk website-mu, kamu tidak perlu khawatir dengan serangan spam. Wordpress memiliki plugin khusus anti spam yang dapat kamu install dengan mudah. Anti spam bawaan dari Wordpress ini terbilang mumpuni dalam melindungi website dari serangan spam.

7. Fasilitas Multiple Authors

Fasilitas multiple authors sangat berguna bagi website yang memiliki lebih dari satu penulis atau content creator. Dengan adanya fasilitas ini, masing-masing penulis dapat memiliki akun sendiri yang terpisah dengan penulis lainnya. Akun dari penulis ini juga hanya bisa digunakan untuk membuat konten di website, tidak bisa untuk melihat maupun mengatur hal lain di website. Kendali untuk menambahkan atau menghapus plugins, mengatur widget, melihat statistik pengunjung, dan tindakan lainnya hanya dapat dilakukan oleh administrator website.

Kelebihan WordPress (Foto : Pixabay)

Ada banyak kelebihan lain dari Wordpress yang bisa kamu rasakan ketika kamu sudah menggunakannya. Kamu akan dapat lebih mudah untuk mengatur website sesuai dengan keinginanmu jika menggunakan WordPress. Namun tentu saja, lebih baik kamu menggunakan WordPress hosting yang berbayar dibandingkan menggunakan yang gratis. WordPress hosting berbayar ini membuatmu lebih leluasa untuk mengembangkan performa website-mu.

Apakah kamu masih ragu untuk menggunakan WordPress? Mungkin kamu pernah mendengar testimoni orang lain yang mengeluh tentang masalah website miliknya? Walaupun memiliki banyak kelebihan, tapi performa website juga ditentukan oleh kualitas penyedia layanan hosting yang kamu pilih. Pastikan kamu memilih penyedia layanan hosting Indonesia yang sudah berpengalaman dan memiliki rekam jejak yang baik dalam menyediakan hosting Wordpress. Jangan ragu lagi ya, sebaiknya kamu memilih Qwords saja sebagai penyedia layanan hosting untuk website milikmu.

About Maya Nirmala Sari

Citizen Journalist. Gemar belajar dan mencoba hal baru. Mencintai bumi dan buah-buahan. Founder Komunitas Kuliner Solo (KuLo). Owner Galeri Craft @Maenequeen

Check Also

Mau Jadi Jutawan SOBATKU dari Tabungan Online? Begini Caranya!

Gajian masih lama, tapi uang sudah habis. Jangankan menabung, bisa menyambung hidup sampai akhir bulan …

15 comments

  1. Aku nuga belum pasang nih mba. Masih nyaman pake blogspot. Ma kasih sharingnya

  2. awal banget tertaris sama dunia blog semept nanya nanya ke yang udah nge blog duluan dan di saranin wordpress niih, tai setelah nyoba ternyata aku ga ngerti huhu, jadilah sampe sekarang aku pake blogspot hehehe

  3. Aku juga awalnya bingung mau blogspot atau wordpress pas migrasi dari Tumblr. Eh ternyata lebih tertarik ke wordpress karena kebebasannya hihi. Sampai sekarang tidak menyesal 😀

  4. OK banget wordpress ini
    Tengkyuuu Kak sharing-nya

  5. Aku tuh pengen pake WordPress tapi masih belum sempat nih pindah-pindah dan adaptasinya hehe

  6. iya mbakkk aku juga seneng pake wordpresss sebenernya itu lebih enak

  7. Awal ngeblog, aku pakai wordpress. Tp sayangnya hampir 2tahun lalu situs tulisanku di wp, terdeteksi lost tanpa aku tau apa sebabnya. Sdh diutak atik tp ttp ilang. Diduga tulisan2 aku dianggap copas krn memang aku menyimpan bnyk tulisan yg seblmnya sdh kusetor ke sebuah perusahaan tempat aku menjadi penulis konten.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.