Home / Info & Tips / Bisnis & Keuangan / Membuat Website untuk Usaha Online, Penting Gak Sih?

Membuat Website untuk Usaha Online, Penting Gak Sih?

Browsing internet. Itulah yang terlintas pertama kali di pikiran banyak orang saat membutuhkan informasi. Baik itu informasi fasilitas umum, kejadian terkini, maupun tentang produk dan layanan yang sedang dibutuhkan. Pada era digital seperti sekarang ini, informasi di internet menjadi rujukan utama karena bisa tersaji lebih cepat, lengkap, dan akurat.

Bagi Sahabat Nirmala yang memiliki usaha, tentu sangat penting untuk membangun brand awareness dan menebar jaring promosi seluas-luasnya. Strategi promosi yang tepat melalui internet atau secara online terbukti efektif untuk meningkatkan penjualan. Bukan itu saja, ada banyak manfaat lain yang dapat kamu peroleh dengan memasarkan produk atau layanan secara online.

Salah satu cara yang dapat kamu lakukan untuk mengoptimalkan perkembangan bisnismu adalah dengan membuat website. Website memiliki andil yang cukup besar dalam strategi bisnis di era digital ini. Sebenarnya apa sih website itu dan apa pentingnya website untuk usaha online? Simak uraian Nirmala berikut ini ya!

Pentingnya Website untuk Usaha Online (foto : Pixabay)

Website Bukan Sekedar Halaman di Internet

Menurut Wikipedia, website atau situs web adalah suatu halaman web yang saling berhubungan yang pada umumnya berada pada peladen yang sama, berisikan kumpulan informasi yang disediakan secara perorangan, kelompok, atau organisasi. Pengguna internet dapat mengetik kata kunci pada kolom pencarian di browser untuk menemukan website yang sesuai. Misalnya kamu menjual pakaian Batik khas Solo, tentu kamu ingin calon pelanggan dapat melihat produkmu ketika mencari Batik Solo, bukan?

Ada banyak sekali website di internet dengan beragam informasi di dalamnya. Spesifikasi dan ulasan mengenai produk kamu mungkin juga sudah dijabarkan di website atau blog milik orang lain. Namun, memiliki website resmi untuk bisnismu sendiri merupakan hal yang sangat penting. Sebaiknya kamu tidak menunda untuk memiliki website usaha online. Jangan khawatir, membuat website tidak sulit kok!

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan untuk membuat website adalah memilih nama domain dan menentukan konsep dari website milikmu. Apakah itu online shop, portofolio, kumpulan testimoni pelanggan, atau mencakup semua itu. Kemudian kamu bisa menghubungi penyedia layanan Hosting Indonesia terpercaya yang menawarkan layanan Cloud Hosting. Kamu bisa meminta bantuan jasa desainer website agar tampilan website-mu lebih menarik.

(Foto : Pixabay)

Pentingnya Website untuk Usaha Online

Masih ragu untuk memiliki website? Wah, mikirnya jangan kelamaan, Guys! Nih, simak ulasan berikut tentang pentingnya website untuk usaha online. Biar kamu semakin yaqueen untuk memiliki website.

1. Lebih Dekat dengan Pelanggan

Sebelum internet mewabah seperti sekarang ini, produk-produk dipasarkan secara door-to-door. Tentu saja para tenaga pemasaran yang memasarkan produk memiliki keterbatasan. Tenaga pemasaran biasanya hanya bekerja pada jam kerja saja karena mereka membutuhkan istirahat. Selain itu, masih banyak daerah-daerah yang belum dapat dijangkau oleh tenaga pemasaran karena terkendala sumber daya yang terbatas. Bagaimana jika pelanggan membutuhkan informasi terkait produkmu sedangkan tenaga pemasaran dan customer service tidak tersedia 24 jam?

Dengan memiliki website resmi, pelanggan dapat mengakses informasiย  terkait produkmu kapan saja dan dimana saja. Pelanggan dapat menyampaikan pertanyaan maupun keluhan melalui website yang bisa di-setting menjawab otomatis untuk jenis-jenis jawaban yang default. Dapat membuat lebih dekat dengan pelanggan merupakan salah satu pentingnya website untuk usaha online.

2. Menekan Pengeluaran

Ketika menggunakan media konvensional, promosi dan pemasaran produk memakan biaya yang tidak sedikit. Sebelum adanya layanan internet, biasanya para pengusaha akan mempromosikan produknya melalui media luar ruang seperti billboard, spanduk, maupun videotron. Ada juga pengusaha yang memilih media massa seperti koran, televisi, dan radio. Walaupun cukup efektif, memasang iklan seperti itu harganya cukup mahal.

Zaman telah berubah. Kebiasaan calon pelanggan kamu mulai bergeser. Jika tadinya banyak orang yang membaca koran dan menonton televisi, saat ini menjelajah internet menjadi kegiatan rutin sehari-hari. Para pengusaha pun berbondong-bondong memasarkan produknya melalui internet. Selain dapat menjangkau target pasar yang diinginkan, memasarkan produk melalui website juga dapat menekan pengeluaran promosi.

3. Meningkatkan Kredibilitas

 Adanya website resmi yang dikelola secara profesional dapat meningkatkan kredibilitas dari usaha dan produk yang kamu pasarkan. Ketika belanja di toko atau offstore, orang akan menilai bagaimana kondisi toko tersebut. Apakah ada toko khusus atau menyatu dengan rumah tempat tinggal. Begitu juga dengan adanya website resmi. Orang akan menilai seberapa kredibel usaha online kamu.

Pada era digital ini, pengguna internet bukan saja generasi muda, namun generasi yang lebih dewasa pun sudah piawai menggunakan internet. Jika membutuhkan informasi atau mencari sebuah produk, kebanyakan orang akan langsung mencarinya melalui internet. Oleh karena itu, pastikan kamu menyajikan informasi yang tepat tentang produkmu melalui website yang dikelola secara profesional. Hal ini efektif meningkatkan kredibilitas dari usaha online yang kamu miliki.

4. Menjangkau Lebih Luas

Pentingnya website untuk usaha online yang perlu kamu pertimbangan adalah kemampuan website untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Jika selama ini kamu memasarkan produknya terbatas pada jarak tertentu saja, dengan memiliki website kamu bisa menjangkau calon pelanggan lebih luas lagi, bahkan sampai ke luar negeri. Kehadiran website dapat menjadi solusi dalam mengatasi kendala jarak yang jauh.

Seperti contoh sebelumnya, misalnya kamu berjualan baju batik di Solo, pelangganmu bukan terbatas dari orang yang berkunjung ke Solo saja. Namun calon pelanggan dari Palembang, Makassar, dan daerah lain pun dapat melihat, memilih, dan akhirnya membeli produk yang kamu tampilkan di website. Itulah pentingnya website untuk usaha online.

Website punya banyak manfaat untuk usaha online (foto : Pixabay)

Wah, ternyata memiliki website sangat penting ya untuk usaha online! Siap-siap deh penjualan produkmu meningkat. Biar pengunjung website-mu tidak kecewa karena website down, pastikan kamu menggunakan layanan cloud hosting dari penyedia hosting Indonesia yang sudah berpengalaman dan tepercaya seperti Qwords. Semoga usahamu semakin sukses, ya!

About Maya Nirmala Sari

Citizen Journalist. Gemar belajar dan mencoba hal baru. Mencintai bumi dan buah-buahan. Founder Komunitas Kuliner Solo (KuLo). Owner Galeri Craft @Maenequeen

Check Also

Keunggulan Produk Keju Prochiz Gold, Nikmat untuk Bahan Tambah Berbagai Hidangan

Belakangan ini produk makanan yang terbuat dari hasil fermentasi susu yaitu keju memang menjadi begitu …

49 comments

  1. Jangan kan yang punya usaha, yang pribadi seperti aku aja penting punya website hehehe.. btw aku juga pakai domain qwords mba

  2. Betul, website membuat jangkuan pelanggan lebih banyak. Apalagi saat ini orang kalau nyari apa-apa larinya ke internet. Jadi punya web bagi sebuah usaha itu harus…

  3. Bagus sih kalau perusahaan ada websitenya, kan kadang kita suka mencari informasi di google tentang suatu usaha ya.. asalkan websitenya betul2 terjaga dan informasinya bener2 lengkap, karena kadang2 ada usaha yg memiliki website tapi dengan info alakadarnya jadi terkesan tidak serius & abal-abal (menurut saya)

  4. saya juga pakai qwords dari pertama ngeblog, usaha saya ya ngeblog hwhw..ada usaha jualan produk tapi masih blm terlalu fokus kesana

  5. Website memang penting buat bisnis online ya mbak walaupun jualan online via marketplace mudah dan cepat, tapi jika memiliki website sendiri pastinya konsumen akan lebih percaya

  6. Aku sejak awal punya domain pake qwords, sampe sekarang. Memang penting banget juga kalo buat bisnis ya

  7. Penting banget mbak, aku aja yang cuma buat Sharing cerita receh aja merasa penting untuk punya web dengan domain sendiri he he he. Btw saya beli domain di qwords juga lho, suka sama pelayanan mereka yang cepat dan helpful.

  8. Setuju mba. Menurut aku jualan online yang bener-bener jadiin itu sebuah bisnis, baiknya punya website sendiri. Jadi enak ya membangun brandingnya juga dan pelanggan jadi gampang nghubungi kita. Bagusnya nama domainnya emang mencirikan bisnis kita biar orang gampang nyarinya

  9. Uniek Kaswarganti

    Bener banget, bikin web untuk perusahaan tuh penting banget. Biayanya juga ga semahal kalau dibandingkan promosi dengan cara2 konvensional macam iklan di televisi gitu. bayangin aja berapa besaran cost kalau harus ngiklan gitu toh

  10. Iya, jaman sekarang informasi apapun bisa diperoleh asal ada koneksi internet. Tadi saya lewat lobby hotel, dan melihat beberapa yellow pages di situ. terus saya membatin, emang sekarang masih laku tuh yellow pages, kan tinggal tanya paman google aja, lebih cepat

  11. Ini benee banget mba.. aku yang sekaramg sering beli online lebih merasa nyaman kalau ada wibsite nya.. lebih terpecaya dan mudah melakukan transasksinya..

  12. Saya pengguna qwords nih. Meski cuma domainnya aja, tp memang recomended kok ๐Ÿ˜‰

  13. Iya sekarang membuat web untuk jualan online penting ya dan biayanya tidak mahal, memudahkan kita bertemu dengan pelanggan, dan memfollow up pesanan dari medsos

  14. Iyaa bener banget penting juga punya website buat usaha seperti itu.. Karena skrng ini juga web harganya ga semahal dulu

  15. Sy pernah bikin web untuk jualan online tp ga kepegang akhirnya di non aktifkan. Jd jualan via market place dan instagram aja

  16. Pentingggg bangett buat branding usaha online kita mak. Apalagi biayanya terjangkau sekarang

    Biar kalau orang gugling produk ketemu web kita

  17. Penting banget dong, aku kalau mau cari info tentang brand selalu cari websitenya karena menurutku info website resmi lebih akurat dibanding yang lain. Btw aku pun pakai Qwords Mba ๐Ÿ˜€

  18. meskipun market place skrg sudah menjamur, tapi menurut aku sih punya website untuk perusahaan sendiri itu penting banget. supaya partner juga melihat betapa profesionalnya bisnis kita.

  19. Jualan online penting banget punya website. Tambahan lagi harus pakai hosting yang handal. Kalau website sering down bisa bikin runyam segala urusan. Untung ada Qwords yang sudah terpercaya.

  20. Berarti meskipun website hanya untuk jualan, tetap harus di apdet secara berkala yaa…
    Agar semakin meningkatkan kepercayaan customer terhadap profesionalitas seller.

  21. I guess weโ€™ll know that the websites are very important if you are planning to have business online. All the information and details about the products can be found in the website

  22. Bener banget mba. Kalau pengen menekan pengeluaran mesti memanfaatkan the power of sosial media ๐Ÿ˜Š plus minus pasti ada, tp apa salahnya mencoba yah ๐Ÿ˜Š

  23. Aku tuh lagi mikir mau usaha apayang bisa go online, buat nanti sih. Pemilihan web site buat usaha emang penting karena itu kan jadi branding kita juga secara virtual. Sewa lahan di mall kan mahal, ya. Belum lagi baiaya lain-lainnya hihi

  24. Setuju banget soal kredibilitas. Pny web menambah kepercayaan user kita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.