Home / Wisata / Wisata Alam / Laut dan Pulau / Mengintip Indahnya Karya Tuhan di Manjarite Island Labuan Bajo

Mengintip Indahnya Karya Tuhan di Manjarite Island Labuan Bajo

Menjelang liburan yang panjang, rangkaian rencana pun harus segera dipersiapkan. Ke manakah tujuan wisata yang harus dikunjungi? Pertanyaan seperti ini yang paling sering diajukan. Rekomendasi paling pas adalah Nusa Tenggara Timur. Provinsi ini menjadi salah satu destinasi favorit bagi mereka yang ingin menghabiskan waktu menikmati keindahan alam ciptaan Tuhan. Untuk kebutuhan hunting foto pun, Manjarite Island Labuan Bajo menjadi pilihan yang tepat. Karena di sana kamu akan disuguhi keelokan dari atas maupun bawah permukaan air laut. Siapa sih yang tahan dengan pemandangan seperti ini?

Manjarite Island Labuan Bajo (foto : Kikyamaleader backpackerjakarta.com )

Foto Instagramable di Manjarite Island Labuan Bajo

Dari semua obyek wisata yang ditawarkan di wilayah Nusa Tenggara Timur, ada satu destinasi yang tak kalah mempesona, yaitu Pulau Manjarite yang terletak di Labuan Bajo. Pulau ini biasanya masuk dalam daftar rangkaian tur ke Pulau Komodo. Banyak agen wisata yang menyempatkan diri singgah di tempat ini untuk memenuhi ekspektasi para wisatawan yang menginginkan foto instagramable.

Manjarite Island Labuan Bajo bisa diakses dengan menggunakan fast boat dari Pulau Kelor yang waktu tempuhnya hanya sekitar 40 menit saja. Dari kejauhan, kamu akan melihat teduh dan hijaunya perbukitan dengan dermaga yang memanjang hingga 30 meter, dan itulah Pulau Manjarite. Sebenarnya pulau ini termasuk pulau kecil yang tidak berpenghuni. Isinya hanyalah pepohonan dan gugusan bukit kehijauan yang dihiasi dengan bebatuan besar atau tebing berwarna kehitaman.

Ciri khas dari pulau tak berpenghuni ini adalah dermaganya. Oleh karena itu, banyak wisatawan yang tertarik datang ke sini demi mendapatkan foto instagramable dengan berbagai pose di dermaga kayu ini. Latar belakang yang diambil bisa berupa perbukitan atau pemandangan lautan jernih berwarna gradasi hijau dan biru di sekelilingnya.

Baca Juga : Pantai Penggajawa Flores, Pantai Indah Berhias Blue Stones

Manjarite Island Labuan Bajo (foto : Kikyamaleader backpackerjakarta.com )

Snorkeling di Pulau Manjarite

Selain hunting foto untuk kebutuhan feed instagram, kamu pun bisa menikmati waktu dengan snorkeling. Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, bahwa lautan di sekitar Pulau Manjarite ini mempunyai warna yang sangat mengagumkan. Bergradasi dari hijau muda hingga ke biru. Rata-rata kedalaman pun hanya sekitar 5 meter saja. Sehingga lautannya sangat aman untuk dijelajahi dengan snorkeling.

Kamu dapat melihat berbagai macam biota yang ada di bawah laut. Baik itu rumput laut, ikan-ikan, karang, maupun jenis hewan lainnya. Perasaan yang kamu rasakan selama berkunjung ke sini pun tak akan terlupakan. Sebab tak ada daerah lain yang bisa menandingi keistimewaan yang dimiliki oleh Manjarite Island Labuan Bajo. Kamu dan rombongan pun dijamin tak akan menyesal.

Oleh karena itu, jangan sampai lupa membawa peralatan snorkeling agar bisa melihat betapa besarnya karya Tuhan yang telah diciptakan untuk manusia. Kamu pasti akan lebih bersyukur dengan semua keindahan yang dapat disaksikan dengan mata kepala sendiri.

Baca Juga : Pulau Ternate Alor NTT, Penghasil Tenun Khas NTT yang Indah

Manjarite Island Labuan Bajo (foto : Kikyamaleader backpackerjakarta.com )

Pulau Manjarite Milik Pihak Asing

Kebanyakan para wisatawan memang tidak sampai masuk ke dalam Pulau Manjarite. Artinya, mereka hanya memanfaatkan dermaga dan aktivitas snorkeling saja. Mengapa tidak sampai mengeksplor pulau tersebut? Apakah di dalam pulau pemandangannya tidak seindah luarnya? Hal ini tidaklah benar. Pulau Manjarite pasti mempunyai potensi yang luar biasa di dalamnya. Hanya saja, sebuah fakta akan membuat kamu semua merasa sayang dengan pulau ini.

Ternyata, pulau ini telah dijual kepada pihak asing, sehingga kepemilikannya tidak pada negeri kita sendiri. Belum diketahui secara jelas pihak asingnya dari mana, namun statusnya yang berubah ini sungguh merupakan kenyataan yang pilu. Pulau seindah ini seharusnya bisa menjadi milik bangsa Indonesia seutuhnya. Mungkin teritorinya memang masih di Indonesia, tapi statusnya sudah milik pihak asing. Maka dari itu para wisatawan mungkin merasa sungkan untuk menyusuri pulau ini.

Manjarite Island Labuan Bajo (foto : Kikyamaleader backpackerjakarta.com )

Kalau kamu tertarik dan ingin melihat langsung keindahan Manjarite Island Labuan Bajo, ikutlah paket tur ke Pulau Komodo. Selain di tempat ini, kamu juga bisa menjelajahi wilayah lain yang menjadi surganya Provinsi Nusa Tenggara Timur.

About Maya Nirmala Sari

Citizen Journalist. Gemar belajar dan mencoba hal baru. Mencintai bumi dan buah-buahan. Founder Komunitas Kuliner Solo (KuLo). Owner Galeri Craft @Maenequeen

Check Also

Bikin Penasaran! Inilah 16 Wahana Permainan di Saloka Park dan Harga Tiket Masuknya

Akhir tahun 2018 lalu, pencinta traveling di Indonesia khususnya di Jawa Tengah dikejutkan dengan sebuah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.