Kenali Modus Penipuan Jual HP Murah dan Cara Menghindarinya

Banyak orang mencari tempat belanja grosir murah agar bisa membeli barang dengan harga terendah. Pada umumnya penjual akan memberikan potongan harga untuk pembelian dalam jumlah tertentu. Hal ini juga berlaku untuk mendapatkan handphone murah dan aksesoris HP murah.

Seperti diketahui, saat ini smartphone telah menjadi salah satu kebutuhan yang cukup penting untuk menunjang pekerjaan dan membangun relasi. Spesifikasi smartphone pun beragam dengan standar harga masing-masing. Kita bisa memilih jenis smartphone sesuai dengan kebutuhan dan budget yang dimiliki, baik itu HP murah maupun mahal.

Sayangnya, ada orang-orang yang menginginkan smartphone canggih dengan harga mahal namun tidak memiliki dana yang cukup. Kondisi inilah yang menjadi celah masuk para penipu untuk melancarkan modus penipuan jual HP.

Kita harus selalu waspada terhadap ada penipuan dalam bentuk apapun. Oleh karena itu, kenali berbagai modus penipuan jual HP dan bagaimana cara yang efektif untuk menghindari penipuan.

Kenali Modus Penipuan Jual HP Murah dan Cara Menghindarinya
Kenali Modus Penipuan Jual HP Murah dan Cara Menghindarinya (Pict. Pexels)

Modus Penipuan Jual HP Murah

Tujuan penipu adalah untuk mendapatkan uang dari korbannya dengan cara apapun. Modusnya bisa bermacam-macam, seperti undian berhadiah, keluarga kecelakaan, teman lama mengajak ikut lelang, termasuk modus penipuan jual HP dengan harga tidak masuk akal.

Berikut ini beberapa skenario yang biasanya dipakai para penipu yang berpura-pura menjual handphone murah dan aksesoris HP murah. Biasanya para penipu akan menawarkan HP murah di Facebook, Instagram, Twitter, dan media sosial lainnya.

1. HP Blackmarket Original

Pada umumnya penipu menawarkan smartphone kelas atas merk tertentu yang paling digandrungi masyarakat. Harga yang ditawarkan tidak main-main, bahkan bisa sampai seperempat harga normal.

Misalnya harga pasaran jenis smartphone tertentu sekitar 10 juta. Maka penipu menawarkan hanya dengan harga 2,5 juta saja. Alasan HP murah karena merupakan produk original HP black market yang tidak membayar bea cukai, pajak, dan lain-lain.

Baca Juga :  Jenis Pencatatan Transaksi Pada Akuntansi Perusahaan Dagang

Walaupun terdengar tidak masuk akal, tidak dapat dipungkiri bahwa masih saja ada korban berjatuhan. Penipu yang mahir membujuk mampu meyakinkan korbannya untuk mentransfer sejumlah uang. Akhirnya bisa ditebak, smartphone yang dijanjikan tidak pernah datang, sedangkan uang melayang.

2. HP Murah Hasil Lelang

Selain HP blackmarket, modus penipuan jual HP yang kerap terjadi adalah iming-iming barang hasil lelang. Penipu menawarkan handphone murah dan aksesoris HP murah dengan alasan barang lelang yang sedang banting harga.

Tentu saja harga yang ditawarkan sangat jauh dari harga pasaran. Hal ini menjadi senjata ampuh bagi para penipu untuk menjerat korbannya. Penipu akan mendesak korbannya segera mengirimkan uang agar HP murah hasil lelang tidak jatuh ke orang lain. Padahal, semua cerita tersebut hanyalah karangan belaka.

3. HP Murah Overstock

Modus penipuan jual HP lainnya adalah penipu yang berpura-pura menawarkan handphone murah dan aksesoris HP murah dengan alasan overstock. Jadi penipu mengaku sebagai distributor tempat belanja grosir murah yang penjualan menurun karena suatu hal, misalnya pandemi atau krisis ekonomi.

Alasan penipu untuk membohongi korbannya bisa bermacam-macam. Kita perlu jeli dan mengasah intuisi untuk bisa mengenali penipu. Sebaiknya kita waspada dengan modus penipuan jual HP.

Cara Menghindari Penipuan Tawaran HP Murah

Dari waktu ke waktu, para penipu selalu ada dengan modus yang berganti-ganti. Maka sangat penting bagi kita untuk menjaga diri sendiri dan orang-orang terdekat agar terhindar dari penipuan.

Tawaran HP murah memang menggiurkan. Namun alih-alih mendapatkan smartphone dengan harga murah, jangan-jangan malah uang kita melayang. Ikuti tips berikut agar terhindar dari modus penipuan jual HP.

1.  Tetap Rasional

Ketika sedang menginginkan smartphone baru namun belum punya dana yang cukup, sebaiknya kita tetap rasional. Tetaplah melakukan pertimbangan yang logis dengan pemikiran yang sehat agar tidak mudah tergiur penawaran harga yang tidak masuk akal.

Baca Juga :  Tingkatkan Skill Bidang HRD dengan Ikut Human Resource Bootcamp Harisenin.com

Harga pasaran HP 10 juta tapi hanya dijual 2-3 juta merupakan indikasi yang mencurigakan. Apapun alasan yang digunakan, sebaiknya kamu tidak langsung percaya tanpa penelusuran lebih lanjut.

2.  Kenali Ciri-Ciri Akun Media Sosial Penipu

Modus penipuan jual HP lewat Facebook, Instagram, dan lain-lain dapat dikenali dengan memeriksa akun media sosial penjual. Pada umumnya akun penipu merupakan akun anonim yang baru dibuat dengan menggunakan nama dan foto orang lain.

Akun media sosial penipu juga sering menonaktifkan kolom komentar. Hal ini dilakukan agar para calon korban tidak dapat membaca komplain dari korban lain. Selain itu, akun penipu biasanya juga menampilkan screenshot testimoni yang direkayasa.

3.  Cek Contact dan Nomor Rekening

Penipu biasanya menggunakan nomor telepon, Whatsapp, SMS, dan nomor rekening bank yang berganti-ganti. Namun tidak ada salahnya jika kamu cek contact dan nomor rekening yang digunakan penipu.

Biasanya korban lain telah memberikan label negatif untuk contact dan nomor rekening para penipu. Kamu juga bisa browsing berbagai modus penipuan jual HP untuk mengetahui apakah ceritanya mirip dengan yang kamu alami.

4.  Gunakan Rekening Bersama

Rekening bersama yang dikelola pihak ketiga berguna untuk meningkatkan keamanan transaksi. Pilihlah marketplace terpercaya untuk membeli HP murah dari penjual yang telah terverifikasi.

Kamu bisa membeli handphone murah dan aksesoris HP murah di marketplace 99% Usahaku. Platform tersebut dipersembahkan Telkomsel untuk mendorong kemajuan bisnis UMKM, khususnya di bidang digital.

Platform 99% Usahaku merupakan marketplace belanja grosir murah yang terpercaya. Ada banyak pemasok pilihan yang menjual smartphone dengan harga terbaik lengkap dengan aksesorisnya. Kamu juga bisa memilih penjual yang lokasinya paling dekat dengan tempat tinggalmu untuk mempermudah proses pengiriman barang.Itulah beberapa modus penipuan jual HP serta cara yang efektif untuk menghindarinya. Setelah membaca artikel ini, jangan lupa share agar lebih banyak orang yang waspada terhadap penipu dan tidak ada korban lagi.

Baca Juga :  Cara Mudah Optimalkan Website dengan SEO

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *