Home / Events / Event Pilihan / Olimpiade Sains Nasional 2019 : Mencintai Sains, Mengukir Masa Depan

Olimpiade Sains Nasional 2019 : Mencintai Sains, Mengukir Masa Depan

Ketika sekolah, mata pelajaran apa yang paling kamu sukai? Setiap orang memiliki minat dan bakat yang berbeda-beda. Kalau saya sangat suka dengan ilmu sains. Jadi gak heran, ketika saya terpilih sebagai official blogger partner untuk Olimpiade Sains Nasional 2019, saya sangat senang luar biasa! Mau tahu lebih jauh tentang OSN 2019? Yuk, simak ulasan berikut ini!

Apa itu Olimpiade Sains Nasional?

OSN  atau Olimpiade Sains Nasional merupakan ajang kompetisi tahunan yang diselenggarakan secara rutin oleh Dikdasmen Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Pada tahun 2019 ini, OSN yang diselenggarakan merupakan yang ke delapan belas. Event bergengsi ini merupakan wahana strategis bagi para pelajar di Indonesia untuk mengukir prestasi di bidang sains.

Adanya OSN mulai dari tingkat daerah sampai tingkat nasional telah terbukti mampu meningkatkan semangat para pelajar untuk berprestasi, khususnya bidang matematika dan IPA. Semangat untuk mengukir prestasi terbaik bagi para pelajar sekolah dasar dan menengah ini begitu menggelora di seluruh penjuru tanah air. Begitu pula dengan para pendidik, kepala sekolah, dan pemangku pendidikan, semuanya sangat antusias menyambut OSN ini. Bahkan banyak bermunculan bimbingan-bimbingan belajar khusus olimpiade sains di berbagai daerah.

Baca Juga : Detik-detik Provinsi Bali Mencetak Sejarah Baru pada Malam Penutupan O2SN 2018

Olimpiade Sains Nasional atau OSN 2019 berlangsung di dua provinsi. Untuk tingkat SMA, Provinsi Sulawesi Utara menjadi tuan rumah perhelatan ini. Sedangkan DI Yogyakarta menjadi tuan rumah untuk perhelatan OSN 2019 tingkat SD dan SMP. Event ini berlangsung sejak tanggal 30 Juni sampai 6 Juli 2019. Info lengkap tentang penyelenggaraan OSN 2019 ini dapat kamu peroleh melalui akun media sosial resmi Dikdasmen Kemendikbud di twitter @DikdasmenDikbud dan instagram @dikdasmen_kemdikbud.

OSN 2019, Olimpiade Sains Nasional 2019 resmi digelar.

Tujuan Olimpiade Sains Nasional 2019

Ilmu sains memang sangat bermanfaat bagi kehidupan kita sehari-hari. Dengan adanya Olimpiade Sains Nasional ini diharapkan mendorong para pelajar untuk mencintai sains dan dan dapat mengukir masa depan yang lebih gemilang. Sesuai tema Olimpiade Sains Nasional yaitu mewujudkan generasi kompetitif, berkarakter, berkualitas, dan adaptif terhadap perubahan.

Berdasarkan keterangan dari Kemendikbud, tujuan pelaksanaan OSN 2019 ada empat, yaitu :

  1. Mengembangkan bakat, kompetensi, dan kecintaan siswa dalam bidang sains.
  2. Menumbuhkembangkan karakter siswa yang kompetitif, jujur, pekerja keras, menghargai prestasi, tangguh, dan cinta tanah air.
  3. Menjaring siswa-siswa unggul di bidang matematika, fisika, kimia, biologi, komputer, astronomi, kebumian, geografi, dan ekonomi, untuk dipersiapkan menjadi anggota tim dalam kompetisi sains internasional.
  4. Memacu peningkatan mutu pendidikan khususnya dibidang sains, serta menumbuhkan rasa persatuan dan persahabatan di antara siswa berprestasi dari seluruh Indonesia.

Baca Juga : Cara Mudah Bikin Vlog Bareng Komunitas DCC Indonesia

Dalam buku panduan OSN SD 2019, KEMENDIKBUD menyatakan bahwa tujuan umum pelaksanaan OSN 2019 ini adalah sebagai wahana kompetisi dalam bidang matematika dan ilmu pengetahuan alam (IPA) bagi peserta didik SD dan atau yang sederajat. Hal ini sebagai bagian dari upaya komprehensif dalam penumbuhkembangan budaya belajar, kreativitas, dan motivasi berprestasi. Kompetisi ini dirancang sebagai kompetisi yang sehat serta menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas.

Pembukaan Olimpiade Sains Nasional 2019 Tingkat SD di Yogyakarta

Opening ceremony yang berlangsung di DI Yogjakarta pada tanggal 1 Juli 2019 diselenggarakan di dua lokasi, yaitu di The Rich Hotel untuk OSN SD 2019 dan di The Alana Hotel untuk OSN SMP 2019. Duh, rasanya ingin membelah diri biar bisa menghadiri semuanya, hehe. Tapi akhirnya saya fokus untuk menyaksikan acara pembukaan Olimpiade Sains Nasional 2019 tingkat SD di The Rich Hotel Yogyakarta.

Pembukaan Olimpiade Sains Nasional 2019 tingkat SD di Yogyakarta

Acara pembukaan Olimpiade Sains Nasional 2019 tingkat SD di The Rich Hotel Yogyakarta berlangsung dengan meriah. Dimulai dengan hiburan dari pelajar SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta yang menampilkan pantomim dan tarian tradisional. Kemudian tidak lupa untuk berdoa bersama demi kelancaran OSN 2019 dan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya 3 stanza. Peserta juga secara serentak menyanyikan Mars OSN lengkap dengan teriakan yel-yelyang menambah semangat.

Baca Juga : Membingkai Kenangan Manis bersama Horisan Ultima Riss Jogja

Pembukaan Olimpiade Sains Nasional 2019 tingkat SD di Yogyakarta

Sambutan Kemendikbud dan Tuan Rumah

Secara keseluruhan, OSN SD 2019 ini diikuti oleh 374 peserta. Jumlah ini terdiri dari 272 pelajar untuk bidang IPA dan matematika, 34 orang ketua tim, dan 68 orang pembina. Kita semua perlu bangga karena pada pelaksanaan OSN 2019 ini upaya pemerataan pendidikan telah dibuktikan dengan turut sertanya 42 orang yang berasal dari daerah 3T yaitu terdalam, terluar, dan terjauh. Hal ini disampaikan oleh Khairullah selaku Kasubdit Peserta Didik Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar KEMENDIKBUD dalam keterangan  tertulis.

Khairullah, Kasubdit Peserta Didik Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar Kemendikbud.

Dalam sambutannya sebagai tuan rumah, Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Provinsi DIY, Drs kadarmanta Baskara Aji menyatakan bahwa pemerintah DIY sangat bangga menjadi tuan rumah penyelenggaraan OSN SD 2019. Beliau juga berpesan kepada para peserta untuk tetap semangat dan bersyukur apapun hasil dari OSN SD ini, karena semua peserta OSN sejatinya adalah juara. Harapannya, perhelatan OSN 2019 ini bisa berlangsung lancar dan sukses serta dapat menghasilkan generasi yang dapat mengharumkan nama bangsa dengan prestasinya di kancah internasional.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Provinsi DIY, Drs kadarmanta Baskara Aji.

Di tengah acara, para hadirin di ballroom The Rich Hotel Yogyakarta menyaksikan live streaming acara Opening Ceremony Olimpiade Sains Nasional 2019 yang berlangsung di Manado, Sulawesi Utara. Berbeda dengan pembukaan event lainnya, pembukaan OSN di Manado ini diperagakan dengan cara sains yaitu mencampurkan beberapa bahan kimia ke dalam air. Acara ini dihadiri oleh Grace Puluh (Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sulawesi Utara), Didik Suhardi (Sekjen Kemendikbud RI), Olly Dondokambey (Gubernur Sulut), dan Andrei Angow (Ketua DPRD Sulut).

Menonton live streaming Pembukaan Olimpiade Sains Nasional 2019 di Manado

Semangat itu menular, loh. Beneran! Setelah menyaksikan langsung antusiasme para peserta Olimpiade Sains Nasional 2019, saya jadi tambah semangat untuk mengukir prestasi.  Bagaimana dengan kamu? Yuk, kita tingkatkan semangat sportivitas dan mengukir masa depan di bidang masing-masing.

About Maya Nirmala Sari

Citizen Journalist. Gemar belajar dan mencoba hal baru. Mencintai bumi dan buah-buahan. Founder Komunitas Kuliner Solo (KuLo). Owner Galeri Craft @Maenequeen

Check Also

Wajib Coba! Kreasi Bakso Bonanza yang Menggoyang Lidah

Siapa sih yang nggak kenal bakso? Bisa dibilang, bakso merupakan makanan sejuta umat, saking banyaknya …

22 comments

  1. Emang yang namanya kompetisi membuat anak anak jadi termotivasi ya sehingga terpacu untuk belajar lagi. Sayang olimpiade sejarah belum ada ya. Apa kita aja yang bikin gimanaaa

  2. Memang bagus ya olimpiade sains ini, untuk memotivasi anak2 agar semakin berprestasi, acara pembukaannya juga seru banget ya…

  3. Aku ngikutin bangeettt twit tentang acara OSN ini. Sembari berdoa semoga pas anakku udah masuk SMP, dia dapat kesempatan buat ikutan ajang kompetisi ini 😀

  4. Saya ikut bangga dengan putra-putri Indonesia yang berlaga di Olimpiade Sains Nasional 2019 ini. Terbayang kalau lihat sendiri juga tertular semangat saya ini..baca aja ikut senang dengan anak muda yang akan menjadi generasi penerus mumpuni bangsa ini. Salut semuanya dan semoga bermanfaat ilmu dan prestasinya

  5. meriah banget ya mba OSN ini, aku jadi inget teman SMAku mba jago banget matematikanya ga cuman ikut olimpipade cem gini tapi kalau guru kasih soal kita semua buntu dia punya cara sendiri pengen nangis liatnya wkkwkw sekarang temenku sudah jadi Doktor diusia 31 tahun dengan 4 anak NO ART aku sampe terkagum-kagum sama dia mba semoga nanti anakku juga jago nih sains begini aamiin

  6. Anak saya kayaknya harus tahu deh ajang kompetisi ini biar dia semangat. Tipe anak saya harus ada motivasi dulu baru bisa terlecut. OSN ini memang efektif buat para siswa dan guru dalam mengejar prestasi.

  7. Aku jadi inget waktu SMA, pernah ikutan seleksi OSN di bidang matematika, dan soal-soal nya itu sungguh tydack lah mudah. Salut buat adek-adek yang bisa lolos sampai tahap nasional. Kalian luar biasa

  8. Saya dulu sering banget nih nganterin murid ikut OSN. Memang OSN ini selain mencari bibit unggul, melatih keberanian anak2 pintar untuk berani berkompetisi dengan orang banyak

  9. Waah keren iiih
    Seru pulak
    Pasti bangga banget klo anak2 bs ikut dan dot pengalaman dr event ini yaaa…

    Memupuk jiwa kompetitif dan mengasah keberanian

  10. Ternyata Jogja menjadi tuan rumah OSN untuk tingkat SD dan SMP. Acaranya seru banget dan sangat menarik. Dan tentunya acara seperti ini dibutuhkan di dunia pendidikan untuk memacu semangat anak-anak agar meraih prestasi lebih baik.

  11. Aku kagum dengan para peserta OSN 2019 ini. .kecil-kecil cabe rawit… Seneng lihatnya…

  12. Jadi ingat Yasmin pernah juga ikut OSN tingkat SMP, namun belum lolos seleksi sampai ke nasional.

    Buat aku pribadi, ajang seperti ini itu bagai investasi bagi buah hati untuk meningkatkan kepercayaan diri, meski tidak harus selalu jadi pemenang.

    … dan selaku orang tua, kita kudu jadi supporter di barisan utama, saat buah hati jadi pemenang, dan terutama saat doi beluml jadi pemenang.

  13. Seru banget ya adanya acara olimpiade sains seperti ini.. Jadi para siswa berprestasi bisa lebih terpacu belajar

  14. Seru banget bisa meliput OSN ini. Aku sendiri akrab banget sama situasi kayak gitu karena si nomor dua juga udah pernah ikut Olimpiade Nasional.

    Cita2nya mau ikut OSN ini kalau udah kelas 6 😁.

  15. Senang banget kalau ada olimpiade sains begini. Anak anak juga makin terpacu untuk berbuat prestasi ya

  16. Wah senangnya bisa liputan acara ini…jadi bisa lihat langsung anak-anak Indonesia yang berprestasi..Jadi ikutan semangat berkompetisi ya..

  17. OSN ini semacam ajang pembuktian bagi anak-anak yang memiliki kesukaan sains ya. Bisa terpilih jadi peserta pasti merupakan kebanggaan dan menambah rasa percaya diri. Semangat mereka patut ditunjukkan kepada masyarakat luas, agar makin banyak anak Indonesia cinta sains

  18. Lihat OSN sukses membawa kenangan saya waktu ikutan juga plus Olimpiade Matematika pernah juga
    Meskipun belum menang, saya senang karena bisa berkumpul dengan orang orang hebat

  19. Dulu tu ya mba, aku gak pernah berani ngebayangin ikut olimpiade karena merasa otak pas2an 😂

  20. Zaman sekolah dulu pernah ikutan olimpiade2 tapi blm pernah sampai lanjut haha, kurang jenius 😛
    Seneng yaaa ketemu anak2 berprestasi calon pemimpin bangsa ini kelak. Moga sukses buat semuanya 😀

  21. Belajar Sains itu menyenangkan…
    Ada banyak hal yang bikin kita amazing karena serasa menemukan dunia baru.
    Kagum sama anak-anak yang cinta belajar ilmu eksak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.