Home / Wisata / Wisata Alam / Laut dan Pulau / Pantai Penggajawa Flores, Pantai Indah Berhias Blue Stones

Pantai Penggajawa Flores, Pantai Indah Berhias Blue Stones

Pernah jalan-jalan ke Pulau Flores? Pulau yang terletak di Nusa Tenggara Timur ini dikenal memiliki sejumlah tempat wisata yang menakjubkan, khususnya obyek wisata pantai. Dari semua pantai yang ada di wilayah tersebut, salah satu yang tak boleh ketinggalan untuk disambangi adalah Pantai Penggajawa Flores atau yang sering disebut sebagai Pantai Blue Stones. Apalagi kalau kamu Travel Blogger atau Vlogger, wajib banget mengunjungi tempat wisata ini.

Pantai penggajawa Flores (foto : @nevimarunduri )

Seperti namanya, ciri khas dari pantai ini adalah ada banyak bebatuan yang bertebaran. Biasanya kamu melihat hamparan pasir ketika datang ke pantai, tapi tidak dengan tempat ini. Kamu akan disambut oleh kecantikan bebatuan yang menutupi permukaan pasir pantai.

Pantai penggajawa Flores (sumber Foto : gambarwisata.com )

Blue Stones Menjadi Ciri Khas Pantai Penggajawa Flores

Kalau kamu ingin liburan ke Flores, masukkanlah Pantai Penggajawa di daftar kunjunganmu. Lokasi tepatnya ada di daerah Penggajawa, Nanga Panda, Ende, Nusa Tenggara Timur. Pantai ini seringkali disebut dengan Pantai Blue Stones karena mempunyai bebatuan dengan mayoritas warna yang kebiruan. Jumlahnya pun sangat banyak, bahkan mencapai ribuan.Dengan jumlah tersebut, kumpulan bebatuan ini berhasil menutupi pasir pantai yang berwarna kecokelatan.

Sumber foto : @omedBPJ

Bentuk dari blue stones ini bermacam-macam. Ada yang bulat, lonjong, pipih dan sebagainya. Selain warna biru, kamu juga bisa menjumpai warna hijau maupun keunguan pada beberapa batu lainnya.Bagian yang paling menarik dari bebatuan tersebut adalah perubahan warna yang dialami setelah terkena air laut. Perubahan warna tersebut rata-rata menjadi hijau. Bebatuan yang tadinya berwarna ungu pun, setelah terkena air lautakan berubah menjadi hijau tua. Sangat mengagumkan bukan?

Sumber foto : @OmedBPJ

Lalu jika dilihat dari teksturnya, blue stones di Pantai Penggajawa Flores ini sangat halus. Berbeda dengan batuan di sekitar kita yang cenderung kasar. Kakimu pun akan aman jika bertumpu atau berpijak pada blue stones. Justru kalau kamu melepas alas kaki, maka bisa merasakan sensasi refleksi yang akan menyehatkan tubuh. Kamu akan mendapatkan dua manfaat sekaligus ketika datang ke sini, yaitu menikmati pemandangan dan membuat tubuh menjadi lebih bugar.

Baca juga : Taman Nasional Kepulauan Togean, Surga Tersembunyi di Sulawesi Tengah

Satu hal yang juga perlu kamu ketahui, bahwa para penduduk sekitar banyak yang menggantungkan hidupnya dari blue stones ini. Mereka bisa mendapatkan penghasilan dari hasil menjual bebatuan tersebut. Karena karakter bebatuan ini memang unik dan berbeda dari yang lain, maka tak jarang pula yang menginginkannya untuk dijadikan hiasan di taman maupun halaman rumah.

Para penduduk sekitar biasanya menjual bebatuan ini secara karungan.Harganya sekitar 25 ribu – 30 ribu per karung dan didistribusikan hingga ke luar pulau, seperti di Jawa maupun Bali. Blue stones ini jumlahnya pun tak pernah habis, walaupun sudah diambil berkali-kali. Para penduduk sekitar pun mengatakan bahwa bebatuan ini asalnya dari Laut Ende, kemudian terbawa ombak hingga sampai ke wilayah pantai. Walaupun begitu, eksploitasi secara berlebihan juga tetap tidak dibenarkan.

Pantai Penggajawa Flores (sumber foto : @OmedBPJ)

Menikmati Aktivitas Lain di Pantai Penggajawa Flores

Selain merasakan refleksi dari bebatuan dan melihat keindahannya, kamu masih bisa melakukan kegiatan lain di sini. Pantai Penggajawa termasuk obyek wisata yang masih jarang dikunjungi oleh para wisatawan sehingga suasananya masih cukup lengang.Apalagi kalau kamu datang di hari kerja, pasti pantai ini serasa milik pribadi.

Baca juga : Tengkleng Rica Kambing Pak Manto Solo yang Wow Banget!

Nikmatilah waktumu di pantai ini dengan berjemur, bermain ayunan yang disediakan di pinggir pantai, maupun hunting foto.Suasana pantai pun akan lebih terasa jika kamu membawa beberapa makanan ringan dan minuman untuk disantap sambil menyaksikan deburan ombak dan menghayati semilir angin yang menerpa.

Di samping itu, akses untuk ke pantai juga cukup mudah. Kamu hanya perlu melakukan perjalanan mengambil jurusan ke Bandara H. Hasan Aroeboesman di Ende. Setelah itu, sewa mobil atau motor menuju arah barat sekitar 25 km atau sekitar 30-45 menit. Kamu bisa menemukan pantai ini yang terletak di sebelah Jalan Raya Ende – Bajawa. Kamu pun tak akan dipungut biaya apapun untuk masuk ke sini.

Jadi, jangan sia-siakan liburanmu dengan melewatkan Pantai Penggajawa Flores. Karena pesonanya akan sulit kamu temukan di tempat lain. Jangan lupa untuk mencicipi kuliner tradisional khas di Flores. Segera ajak orang-orang terdekatmu untuk merasakan pengalaman yang istimewa di sini.

Sumber Backpacker Jakarta : Menapaki Cantiknya Blue Stone Di Pantai Penggajawa, Ende, Flores, Indonesia

About Wagito Hafidz

Check Also

Wisata Sekitar Stasiun Malang yang Layak Dikunjungi

Kota Malang memang sudah sangat terkenal sebagai salah satu kota wisata. Kota Malang adalah sebuah kota yang terletak di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *