Home / Info & Tips / Bisnis & Keuangan / Pentingnya Visual Merchandising dalam Bisnis Ritel, Harus Tahu!

Pentingnya Visual Merchandising dalam Bisnis Ritel, Harus Tahu!

Visual merchandising dalam bisnis ritel itu sangat penting. Apa itu visual merchandising? Visual merchandising adalah cara untuk membuat tampilan produk menarik sehingga bisa memikat hati para pembeli. Tampilan yang menarik ini sangat penting apapun jenis barang dagangan Anda, baik itu produk house ware, snack, maupun kuliner tradisional. Banyak para pebisnis yang berada di ambang kehancuran karena mengalami kerugian akibat produknya tidak laku. Bisa saja hal ini terjadi karena kurang memperhatikan strategi visual merchandising.

Agar dapat menghasilkan visual merchandising dalam bisnis ritel yang sempurna, ada beberapa strategi yang harus Anda perhatikan.

Visual merchandising dalam bisnis ritel (pict : jurnal.id)

Pahami Sudut Pandang Pembeli

Sebelum melakukan visual merchandising, sebaiknya Anda fokus terhadap target market terlebih dahulu.Pahami sudut pandang dan selera mereka. Sebagai contoh, apabila Anda menjual produk untuk anak-anak, maka buatlah visual merchandising dalam bisnis ritel dengan menyusunnya seperti selera mereka.

Baca Juga : Harus Siap! Inilah Tantangan Manajemen SDM di Era Digital

Anda bisa bermain peran sebagai pembeli. Coba bayangkan seperti apa pengaturan produk ini supaya bisa memikat hati. Sebagai referensi, Anda bisa berkunjung ke toko ritel lain. Dari situ, Anda akan mendapatkan ide yang kemudian bisa dikembangkan. Teknik amati, tiru dan modifikasi ini cukup efektif untuk menghasilkan hasil karya yang kreatif.

Fokus Pada Produk Prioritas

Saat akan melakukan pengaturan visual merchandising dalam bisnis retail, Anda harus membuat daftar produk-produknya terlebih dahulu. Anda harus mengelompokkannya mulai dari kategori prioritas. Pastikan Anda menonjolkan produk prioritas pada visual merchandising tersebut.dengan begitu, pelanggan yang melihat akan tertuju perhatiannya pada produk yang menjadi “fokus” di toko Anda. Harapannya ialah produk tersebut laku keras.

Desain Ruangan dengan Sebaik Mungkin

Desain ruangan perlu diperhatikan karena memberikan peran yang penting. Anda bisa membuat ruangan terlihat menarik sehingga membuat pelanggan senang melihatnya. Desain ruangan sesuai dengan tema produk yang akan ditempatkan. Sebagai contohnya, Anda bisa menempatkan produk pembersih lantai pada posisi bawah lantai dalam kondisi lantai bersih. Contoh lainnya adalah saat Anda ingin menjual produk sprei kamar tidur, buatlah desain kamar tidur lengkap dengan tempat tidur yang melibatkan produk sprei tersebut. Cara ini akan membuat pelanggan merasakan manfaat produk tersebut secara nyata.

Baca Juga : 5 Tips Bisnis Hijab agar Meraih Keuntungan yang Besar

Visual merchandising dalam bisnis ritel (pict : Jurnal.id)

Perhatikan Posisi Produk

Strategi visual merchandising dalam bisnis ritel yang tak kalah penting adalah posisi produk.Pahami pola pikir, selera dan derajat mereka. Masing-masing pembeli memiliki standar sendiri-sendiri.Anda harus membedakan posisi produk yang sifatnya mewah, untuk kegiatan sehari-hari ataupun produk kebersihan. Dengan adanya pengelompokan ini, pelanggan akan lebih mudah mengakses produk-produk sesuai dengan kebutuhan mereka.

Ajukan Proposal Presentasi yang Menarik

Jangan anggap bahwa proposal presentasi itu tidak penting. Melalui proposal inilah, Anda akan mendapatkan kepercayaan dari calon klien. Sebagai pemilik toko ritel, Anda bisa memberikan strategi visual merchandising yang berkualitas.Agar terlihat menarik, perhatikan kombinasi warna, grafik dan foto.

Baca Juga : 5 Cara Ajarkan Anak Bijak Mengatur Uang

Libatkan Pelanggan Untuk Menggunakan Produk

Salah satu strategi yang bisa dilakukan adalah mempersilakan pelanggan untuk menggunakan produk secara langsung. Cara ini akan membuat pelanggan mengetahui kualitas produk tersebut. kemudian, mereka bisa membeli produk tanpa ragu karena sudah kenal lebih dekat dengan produk yang dicobanya.

visual merchandising dalam bisnis ritel (pict : jurnal.id)

Visual merchandising dalam bisnis ritel sangat penting bagi kelangsungan bisnis Anda. Dari strategi ini, harapannya adalah pelanggan akan membeli produk yang tersedia di toko Anda. Buatlah display yang unik dan berbeda dari toko ritel lainnya.  Daya kreativitas sangat diperlukan dalam hal ini. Jika Anda berhasil menampilkan produk dengan menarik, bukan hal yang tak mungkin jika penjualan produk tersebut akan meningkat sehingga membuat Anda memperoleh laba yang banyak.

About Maya Nirmala Sari

Citizen Journalist. Gemar belajar dan mencoba hal baru. Mencintai bumi dan buah-buahan. Founder Komunitas Kuliner Solo (KuLo). Owner Galeri Craft @Maenequeen

Check Also

4 Tips Bisnis Tour & Travel Untuk Pemula Agar Sukses

Salah satu bisnis yang menjanjikan saat ini adalah jasa tour dan travel.Sebab, semakin banyak orang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.