Home / Kuliner / Probolinggo Bak Surga Bagi Pecinta Kuliner Rawon

Probolinggo Bak Surga Bagi Pecinta Kuliner Rawon

Jika kamu berkunjung ke Jawa Timur, seperti ke Surabaya, Pasuruan, Probolinggo dan sekitarnya Kamu akan menemukan menu Rawon ada dimana-mana. Mulai dari Warung makan sederhana di pinggir jalan, hingga ke restoran ternama Rawon banyak menjadi salah satu menu andalan.

Kuliner berkuah hitam ini memiliki citarasa yang unik, gurih dan juga khas. Warna hitamnya berasal dari kluwek, salah satu rempah khas yang hanya ada di Nusantara. Dengan irisan daging sapi yang telah di rebus dengan bumbu dan rempah hingga empuk, rawon disajikan hangat dengan sepiring nasi, taburan tauge kecil, bawang goreng, sambal dan tak lupa krupuk.

Salah satu kota yang memiliki beragam kuliner tradisional rawon antara lain di Probolinggo. Di Probolinggo sendiri ada banyak tempat wisata kuliner rawon yang bisa jadi rekomendasi buat Kamu yang ingin mampir ke sini. Simak Yuk !

Sari Rawon

Dari namanya sudah jelas jika rumah makan satu ini bisa jadi jujugan berwisata kuliner rawon di kota Probolinggo.  Tempatnya sederhana, namun ditata dengan cukup apik dan rapi, didalam ruangannya pun sudah di pasang pendingin ruangan agar pengunjung semakin nyaman namun harga yang ditawarkan sangat bersahabat.

Baca juga : Harus Coba! Pecel Madiun Yu Gembrot yang Legendaris

wisata kuliner rawon di Probolinggo ( Foto : koh_aming )
wisata kuliner rawon di Probolinggo ( Foto : koh_aming )

Rasa rawonnya nikmat, dengan empal yang empuk. Tambahan lagi kuah raon di sini tidak terlalu kental. Jika Kamu ingin mencoba sensasi makan Rawon yang beda Kamu bisa kesini dan mencoba menu nasi pecel yang disiram dengan kuah rawon. Rasanya sungguh membuat ketagihan.

Depot yang terletak di Jl. Raya Pesisir, Sumberasih, Probolinggo biasanya buka mulai dari jam 06.00 WIB sampai dengan 22.00 WIB. Ada menu lain yang juga banyak dipesan yakni nasi cumi hitam.  ntuk harga rawonnya sendiri cukup bersahabat di kantong, satu porsi rawon dihargai Rp 17.000.

Rumah Makan  Tongas Asri

Tempat lain yang bisa Kamu coba kelezatan rawonnya antara lain di Rumah Makan Tongas Asri. Wisata kuliner rawon di Probolinggo yang satu ini juga cukup tersohor dengan citarasa rawon yang pas, dagingnya pun sangat empuk. Selain rawon Kamu juga bisa memilih menu lainnya, semisal semur lidah, bakmoy, mie goreng dan lain-lain.

Baca juga : Berburu Kuliner Nasi Punel di Pasuruan, Yuk!

wisata kuliner rawon di Probolinggo ( Foto : horizonhoman )
wisata kuliner rawon di Probolinggo ( Foto : horizonhoman )

Wisata kuliner rawon di Probolinggo ini tepatnya berlokasi di Jl. Raya Tongas KM 84, Bulak, Tambakrejo, Tongas, Probolinggo. Siap melayani dari pukul 05.00 WIB pagi hingga tengah malam pukul 24.00 WIB. Harga yang ditawarkan untuk seporsi rawon sedikit lebih mahal daripada Sari Rawon namun masih cukup terjangkau. Harga seporsi rawon dibanderol Rp 20.000 saja.

Depot Warket

Wisata kuliner rawon di Probolinggo selanjutnya ada Depot Warket. Meski tak hanya menawarkan menu rawon namun, rawon di depot warket terkenal sedap.  Kamu bisa berkunjung ke Depot Warket kapan saja, pasalnya Depot ini beroperasi selama 24 jam. Berlokasi di Jl. Raya Pasuruan-Probolinggo, Tongas, Probolinggo membuat depot yang satu ini selalu ramai dengan pengunjung yang ingin melepas lelah dan menghilangkan rasa lapar dalam perjalanan.

Baca juga : Kuliner Legendaris Mie Kedondong Surabaya

wisata kuliner rawon di Probolinggo ( Foto : salmanphotographyku )
wisata kuliner rawon di Probolinggo ( Foto : salmanphotographyku )

Depot Warket sangat memanjakan pengunjung dengan fasilitas yang memadai, seperti toilet yang bersih, mushola dan parkir yang luas. Tak hanya menawarkan rawon, Depot Warket juga menawarkan beragam menu lainnya, selain rawon menu andalannya adalah Ketan. Jika Kamu kebetulan lewat jangan ragu untuk mampir ya.

Rawon Nguling

Wisata kuliner rawon di Probolinggo yang terakhir adalah Rawon Nguling, Salah satu tempat makan yang telah populer tak hanya di Probolinggo tetapi juga di  Indonesia. Rawon Nguling yang telah hadir sejak 1942 ini menjadi salah satu tempat wisata kuliner rawon di Probolinggo yang melegenda.

Baca juga : Rawon Cak Sukar Jogja dengan Kuah Gurih yang Lezat

wisata kuliner rawon di Probolinggo ( Foto : njajansik )
wisata kuliner rawon di Probolinggo ( Foto : njajansik )

Berlokasi di Jl. Raya Tongas no.75, Tambakrejo, Tongas, Probolinggo. Beroperasi mulai pukul 05.00 hingga pukul 21.00 WIB, dan sudah dilengkapi dengan fasilitas memadai. Tempatnya yang luas dan parkirannya yang sangat cukup untuk menampung banyak mobil menjadikan Rawon Nguling menjadi salah satu tempat wisata kuliner rawon di Probolinggo yang banyak diburu oleh para wisatawan.

Jangan sampai melewatkan mampir kesini jika kamu berkunjung ke Probolinggo, rawon satu ini bahkan sudah membuka cabangnya di malang. Dan rasanya tak kalah nikmat dari pusatnya, mencicipi seporsi Rawon Nguling dihargai Rp 37.000 saja.

Wah, jadi penasaran kan? Jangan lupa jika Kamu berkunjung ke Ponorogo untuk mampir ke wisata kuliner rawon di Probolinggo ya.

About Wagito Hafidz

Check Also

Berburu Kuliner Nasi Punel di Pasuruan, Yuk!

Sudah pernah makan nasi? Tentu saja siapa yang tidak kenal dengan nasi. Salah satu makanan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *