Home / Info & Tips / Bisnis & Keuangan / Revolusi Industri 4.0, Pastikan Bisnismu Siap Menyongsongnya!

Revolusi Industri 4.0, Pastikan Bisnismu Siap Menyongsongnya!

Sahabat Nirmala pasti sudah sering mendengar tentang Revolusi Industri 4.0. Revolusi Industri 4.0 memang telah dimulai. Mau tidak mau kita harus siap menyongsongnya. Apalagi jika kamu memiliki bisnis. Apapun bidangnya, pastikan bisnismu siap untuk era Revolusi Industri 4.0. Selengkapnya simak ulasan berikut ini ya!

Revolusi Industri (pict : Pixabay)
Revolusi Industri (pict : Pixabay)

Sejarah Revolusi Industri

Revolusi Industri merupakan suatu keadaan ketika terjadi banyak perubahan dalam berbagai aspek kehidupan terutama industri yang terjadi secara global di hampir seluruh dunia. Proses produksi yang sebelumnya lebih lama dan membutuhkan biaya yang mahal berubah menjadi lebih efisien. Demikian juga dengan proses distribusi dan cara orang-orang dalam melakukan transaksi. Semuanya menjadi lebih mudah dan praktis.

Awalnya, manusia membuat produk atau jasa hanya mengandalkan air, angin, dan manusia. Teknologi yang digunakan masih sangat sederhana. Kemudian terjadilah Revolusi Industri 1.0 yang diawali dengan ditemukannya mesin uap oleh James Watt pada tahun 1976. Mesin uap ini dapat membuat proses produksi lebih efektif dan efisien dibandingkan mengandalkan tenaga-tenaga yang digunakan sebelumnya.

Revolusi Industri 2.0 mulai terjadi pada tahun 1913. Saat itu proses produksi sudah mulai berkembang, namun masih sangat sederhana. Revolusi Industri 2.0 terkenal dengan majunya sistem transportasi. Terciptanya “assembly line” juga menjadi pertanda munculnya revlusi, dimana satu pekerja tidak mengerjakan proses produksi dari awal sampai akhir, melainkan fokus pada satu lini produksi saja.

Jika Revolusi Industri 1.0 terkenal dengan ditemukannya mesin uap sebagai pengganti tenaga angin atau air, Revolusi Industri 2.0 dikenal dengan berkembangnya sistem transportasi, maka pada Revolusi Industri 3.0 yang digantikan adalah tenaga manusia. Hadirnya mesin-mesin produksi yang bekerja secara otomatis mulai menggantikan peran para pekerja dalam jumlah yang signifikan. Komputer mulai ditemukan walaupun masih sangat sederhana.

Revolusi Industri 4.0 yang kita masuki saat ini terkenal dengan sebutan “era digital”. Teknologi informasi mulai dimanfaatkan dalam berbagai aspek kehidupan. Internet mengambil peran besar dalam kehidupan sehari-hari. Yang dibutuhkan manusia bukan hanya perangkat komputer atau hardware saja, namun juga sistem informasi dan pendukung lainnya seperti koneksi internet dan Cloud Hosting.

Revolusi Industri 4.0 di Berbagai Bidang

Revolusi Industri 4.0 telah berlangsung. Tentu Sahabat Nirmala sudah merasakan dampaknya. Banyak orang sangat bergantung pada informasi  dari internet. Data menjadi semacam mata uang baru yang punya nilai jual tinggi. Digitalisasi ini bukan hanya terjadi pada sektor produksi saja, namun dalam bidang lainnya seperti keuangan, asuransi, gaya hidup, transportasi, dan masih banyak lagi.

1. Revolusi Industri 4.0 di Bidang Transportasi

Saat ini, kita sudah akrab dengan layanan transportasi berbasis online. Sebuah perusahaan transportasi tidak harus emmiliki armada atau kendaraan sendiri yang tentu membutuhkan modal yang besar, namun bisa bermitra dengan pemilik kendaraan. Dengan bantuan aplikasi di smartphone, pelanggan dan layanan transportasi dapat terhubung dengan lebih efektif dan efisien. Biaya produksi menjadi lebih murah dan pelayanan menjadi lebih cepat.

2. Revolusi Indusri 4.0 di Bidang Retail

Adanya kecerdasan buatan atau AI yang menjadi salah satu pertanda kemunculan Revolusi Industri 4.0 sangat berpengaruh dalam bidang retail. Banyak bermunculan toko online yang bisa secara otomatis menampilkan produk-produk yang kita inginkan. Proses pembelian barang pun menjadi lebih mudah dengan pilihan produk yang lebih banyak. Secara tidak langsung, kehadiran toko online ini membuat pusat pertokoan menjadi sepi pengunjung.

3. Revolusi Industri 4.0 di Bidang Keuangan

Bidang keuangan juga tak lepas dari pengaruh Revolusi Industri 4.0. Sekarang kita banyak mengenal financial technology atau fintech yang merupakan teknologi di bidang keuangan. Aplikasi di smartphone berperan sebagai branchless banking. Kita bisa menabung dan meminjam uang layaknya layanan perbankan melalui aplikasi di smartphone. Selain itu, orang-orang juga mulai terbiasa menggunakan dompet digital dalam melakukan transaksi. Proses pembayaran tagihan juga lebih mudah dilakukan dengan aplikasi fintech payment.

4. Revolusi Industri di Bidang Asuransi

Revolusi Industri 4.0 juga berdampak dalam bidang asuransi. Industri asuransi menggunakan perangkat digital dan sensor untuk memantau kesehatan penggunanya. Perangkat ini dapat melacak kebiasaan mengemudi untuk menentukan besarnya harga premi. Sensor yang dipasang di kendaraan juga dapat digunakan sebagai data tambahan ketika terjadi sesuatu pada mobil yang diasuransikan.

Revolusi Industri 4.0 (pict : Pixabay)
Revolusi Industri 4.0 (pict : Pixabay)

Itu adalah contoh adanya Revolusi Industri 4.0 dalam beberapa bidang. Masih banyak bidang lainnya yang mulai menyongsong era digital ini dengan segala inovasinya. Tentu saja setiap bisnis harus berani untuk berinovasi. Jika memang bermanfaat, ada baiknya untuk mengikuti perkembangan teknologi.

Apakah bisnismu sudah siap bertarung dalam era Revolusi Industri 4.0? Salah satu hal mendasar yang penting untuk diperhatikan suatu bisnis adalah memiliki website yang bagus. Website yang bagus merupakan website yang dapat mencitrakan yang baik untuk bisnis. Informasinya tepat dan dapat meningkatkan brand awareness. Pastikan website-mu menggunakan layanan hosting dari Qwords.

Qwords sudah terkenal sebagai penyedia layanan Hosting Indonesia.  Berdiri sejak Juli 2005 dan pada Bulan November 2011 bergabung dengan PT Qwords Company International, saat ini Qwords telah menyediakan server dengan kualitas yang terbaik untuk bisa diakses dari seluruh dunia dengan cepat. Jadi tidak salah jika kamu mempercayakan layanan domain dan hosting website-mu pada Qwords.

About Maya Nirmala Sari

Citizen Journalist. Gemar belajar dan mencoba hal baru. Mencintai bumi dan buah-buahan. Founder Komunitas Kuliner Solo (KuLo). Owner Galeri Craft @Maenequeen

Check Also

Mau ke Taman Bermain Anak di Yogyakarta? Beli Tiketnya di Traveloka Xperience!

Hmmm, setelah satu minggu anak-anak merasakan penat dengan segala aktifitas sekolahnya, alangkah serunya jika akhir …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *