Home / Info & Tips / Bisnis & Keuangan / Sertifikat SSL untuk Keamanan Website, Pentingkah?

Sertifikat SSL untuk Keamanan Website, Pentingkah?

Sahabat Nirmala tentu sudah mengetahui tentang pentingnya memiliki website bagi suatu bisnis. Banyak calon pelanggan yang menjelajah internet dan melihat informasi awal dari suatu produk melalui website. Oleh karena itu, memiliki website resmi dengan tampilan yang menarik dan performa yang baik menjadi keharusan. Bukan itu saja, Sahabat Nirmala juga perlu memperhatikan tentang keamanan website.

Baca Juga : Membuat Website untuk Usaha Online, Penting Gak Sih?

Belum lama ini, Google memberikan label “tidak aman” untuk website yang tidak memiliki sertifikat SSL. Sertifikat SSL atau secure Socker Layer merupakan sistem keamanan yang dipasang pada website sebagai pengalihan data antara komputer yang terhubung. Sehingga data-data transaksi yang dilakukan telah terenkripsi. URL yang digunakan pada website yang telah memiliki sertifikat SSL akan berubah dari HTTP menjadi HTTPS atau hyper text transfer protocol secure.

Protokol yang biasanya digunakan website tanpa sertifikat SSL adalah HTTP atau hyper text transfer protocol. Versi ini tidak terenkripsi dengan aman sehingga bisa saja peretas mengintai saat kamu melakukan aktivitas atau transaksi dengan orang lain melalui internet. Tentu calon pelangganmu lebih memilih untuk berkunjung ke website yang terjamin lebih aman, bukan? Selain itu, sertifikat SSL memiliki beberapa manfaat lain yang tak kalah pentingnya. Simak ulasan Nirmala berikut ini ya!

(foto : shutterstock)

Para peretas memiliki berbagai macam cara untuk mencuri data-data penting melalui internet. Oleh sebab itu keamanan website mencakup beberapa faktor yang saling mendukung satu sama lain. Dengan memiliki SSL Certificate, sebuah website dapat memperoleh beberapa manfaat antara lain :

Melindungi Data dan Informasi Personal

Sertifikat SSL untuk keamanan website sangat penting peranannya. Seperti sudah dijelaskan di awal, sertifikat SSL membuat aliran pertukaran data antara komputer yang terhubung sudah terenkripsi. Sehingga data dan informasi personal seperti nama pengguna, password, dan kode akses lainnya terlindungi dari sistem peretas. Hal ini efektif mencegah pencurian data penting oleh orang-orang tidak bertanggung jawab. SSL menggunakan teknik enkripsi yang paling mutakhir sehingga menjamin keamanan setiap transaksi yang dilakukan di website.

Baca Juga : 5 Tips Memilih Nama Domain yang Tepat untuk Bisnis

Tampilan Website Terlihat Lebih Profesional

Para pengguna internet saat ini semakin detail dalam menilai website yang dikunjunginya. Kebanyakan pengguna internet sangat peduli dengan keamanan website yang dikunjunginya. Hal ini dikarenakan mereka ingin melakukan transaksi dengan aman tanp kekhawatiran adanya pencurian data. Untuk sebuah bisnis, sangat penting untuk membangun image perusahaan yang baik di mata calon pelanggan. Calon pelanggan sangat menghargai perusahaan yang peduli dengan keamanan pengguna website-nya. Salah satu bentuk kepedulian tersebut adalah dengan menggunakan sertifikat SSL. Dengan menggunakan sertifikat SSL, tampilan website akan terlihat lebih profesional.

Membangun Kepercayaan Pengunjung Website

Label tidak aman dan notifikasi peringatan dari Google yang muncul saat pengguna internet meng-klik website yang belum memiliki sertifikat SSL dapat membuat pengguna internet tersebut membatalkan kunjungan ke website. Banyak pengguna internet yang khawatir datanya akan dicuri ketika mengunjungi sebuah website yang tidak terjamin keamanannya. Oleh karena itu sangat penting memasang sertifikat SSL untuk keamanan website. Adanya sertifikat SSL dapat membangun kepercayaan pengunjung website.

Memperbaiki SEO

Secara tidak langsung, adanya sertifikat SSL juga berpengaruh terhadap SEO. Hal ini dikarenakan algoritma Google memberikan label “tidak aman” pada website yang belum memiliki sertifikat SSL. Website yang belum memiliki sertifikat SSL ini tidak disukai oleh Google. Sehingga adanya sertifikat SSL dapat memperbaiki SEO dan meningkatkan kepercayaan Google.

Meningkatkan Performa Website

Seperti yang kita ketahui, Google memberikan peringkat pada masing-masing website. Peringkat ini menentukan performa website pada mesin pencarian Google. Website dengan performa yang baik tentu lebih disukai dan akan lebih sering direkomendasikan oleh Google. Selain untuk keamanan website, sertifikat SSL juga dapat meningkatkan performa website.

Sertifikat SSL untuk Keamanan Website sangat penting (foto : pixabay)

Wah, ternyata sangat penting ya untuk memiliki sertifikat SSL! Kamu tidak perlu ragu lagi untuk menerapkannya pada website-mu. Ada dua jenis SSL yang bisa kamu pilih, yaitu SSL gratis dan SSL berbayar. Tentu saja kedua pilihan ini memiliki keunggulan masing-masing yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhanmu.

SSL gratis bisa kamu dapatkan dari Cloudflare. Namun fitur-fiturnya sangat terbatas. Biasanya SSL ini hanya digunakan untuk kebutuhan pribadi seperti blog personal. Ketika website sudah mulai berkembang, sebaiknya kamu menggunakan SSL yang berbayar. Dengan menggunakan SSL berbayar, kamu dapat memanfaatkan fasilititas fitur-fitur premium. Kamu bisa mendapatkannya di Qwords.

Qwords merupakan penyedia layanan Hosting Indonesia yang berdiri sejak Bulan Juli 2005 dan bergabung dengan PT Qwords Company International pada Bulan November 2011. Qwords menyediakan server dengan kualitas terbaik yang dapat dengan cepat diakses dari seluruh dunia. Selain registrasi nama domain dan web hosting, sebaiknya kamu juga menghubungi Qwords untuk mendapatkan sertifikat SSL yang divalidasi.

About Maya Nirmala Sari

Citizen Journalist. Gemar belajar dan mencoba hal baru. Mencintai bumi dan buah-buahan. Founder Komunitas Kuliner Solo (KuLo). Owner Galeri Craft @Maenequeen

Check Also

Tips Bisnis Mainan Untuk Pemula Agar Laris dan Untung Banyak

Peluang bisnis mainan cukup menjanjikan.Itu karena mainan dan anak-anak merupakan dua hal yang tidak bisa …

24 comments

  1. aku baru tahu ternyata SSL ini ada yang gratis dan berbayar ya mba, dan baru tahu juga Qwords punya layanan SSL berbayar..aku beli domain di qwords sih pun suami juga webnya makanya aku pake qwords karena dari suami

  2. baru tahu akuh soal sertifikat SSL dan manfaatnya juga banyak ternyatah, bisa ngaruh ke SEO juga.

  3. Owwh SSL tuh ada yg free ada yg berbayar ya?
    Klo yg dr Qword ada paket yg including SSL ga mba?
    Biasanya klo bundling afau paketan bs lbh murah yaa

  4. Menggunakan jasa web hosting yang berbayar ini jauh lebih aman ya

    Terus terang bacanya sih ngerti tapi menjabarkan ke bahasa sendiri masih belepotan. Yang jelas paling jengkel itu kalau udah ada tulisan “not secure” dan ditambah ads yang seolah menjanjikan cepat kayalah, menang hape lah… tsk…

    Ga bisa apa ya kita pengguna internet safe dari hal semacam itu?

  5. Sertifikat SSL ini khusus untuk pemakai cms wordpress ya? Kalo blogspot kayaknya tinggal pasang sendiri bisa. PEnasaran juga nih, karena sertifikat SSL kan banyak banget manfaatnya termasuk memperbaiki SEO blog kita

  6. wajib nih dimiliki.. secara keamanan site yang kita punya juga penting banget.. lebih mudah lagi kalo dr tempat kita sewa hosting juga ngasi SSL ini…

  7. Aku baru tau tentang sertifikal SSL lho mbak 😅selama ini cuma taunya nulis ama posting. Wah perlubelajar banyak nih aku apalagi SSL sangat penting untuk melindungi data pribadi dan memperbaiki SEO

  8. Aku awam banget nih, ndak paham soal sertifikat SSL. Blogku pakenya blogspot, jadi waktu diminta upgrade ke HTTPS cuma ngikutin petunjuk aja dari blogspot.

    Emang penting banget ya melindungi keamanan web atau blog milik kita. Hari gini peretas udah makin aktif aja nyusruk kesana kemari duuuhh…. sedihnya ya kalau seperti ini.

  9. Aq masih bingung nih mbak. Kalau SSL berbayar itu kelebihannya gimana? Aq pake blogspot sih, jadi cuma ikutin aja saran dari blogspotnya. Masih perlu pakai SSL lagi nggak? atau itu juga cukup?

  10. Kalau pakai wordpress memang perlu banget ya, sertifikat SSL. Di blogku yang satunya yang di wordpress emang kalau mau jadi https harus ada sertifikat SSL-nya. Tapi sayang, punyaku gak support karena hostingnya masih gratisan 😀

    Kalau yang di blogspot saya pakai https tinggal ngikut aja dari sananya. Entah perlu tambahan sertifikat SSL atau tidak, saya belum mendalaminya.

  11. Nah, idem dengan mba Uniek.

    Aku juga upgrade http ke https saat disarankan oleh blogpost.
    Untung saja prosesnya mudah, ikuti petunjuk, klik sana dan sini, gratis dan langsung jadi!

    Sampai sekarang masih nemu banyak blog sahabat blogger yang belum https , dan suka ada catatan, “belum aman alias not secure”

  12. Saya pribadi kan pakai blogspot, pas beli domain langsung diarahkan untuk atur SSLnya juga. Sejauh ini oke lah. Semoga aman selalu dan makin banyak yg berkunjung

  13. Duh, apa kabar blogku yang masih pakai gratisan dari blogspot, bel yang self hosting. Ternyata self hosting paketannya murah juga ya dan lebih aman..

  14. Iya lho, jadi lebih tenang setelah diubah ke https, lebih secure jadinya ya.
    Btw, aku beli domain juga di QWords dan so far gak ada keluhan, pelayanannya cepat dan akurat, dibantu banget kalau ada yang aku gak ngerti.

  15. MUngkin biasanya untuk web-web perusahaan ya supaya keamanan datanya aman terjaga harus pakai sertifikat SSL. Aku gak terlalu ngerti apakah sebuah blog juga butuh sertifikat seperti itu atau ga

  16. Aku sudah ke HTTPS sih, tapi nggak tahu beneran ngaruh or not ke performa blog-ku. Cuma emang udah nggak pernah dapat pengunjung robot kayak pas http dulu. PV juga lumayan stabil setelah HTTPS. JAdi mungkin emang butuh buat blog pribadi.

  17. Temen-temen sudah heboh pertama kali ada SSL gitu, dan sampai hari ini aku masih belum mulai untuk menambahkan s di belakang https gitu ya. Nanti dech cari waktu khusus untuk mewawancari temen yang waktu itu sudah menambahkan SSL.

  18. oalah baru tahu banget aku kalau SSL ini bisa mempengaruhi SEO juga ya?
    trus iya banget, aku tuh kalau berkunjung ke web jualan, pasi lebih percaya kalau udah SSL, hahaha. karena webnya juga jadi enak dan cepet gitu sih, jd enak belanjanya

  19. Wah, ternyata sertifikat ssl itu memang penting banget ya, selain untuk keamanan, bisa memperbaiki seo juga…

  20. Saya pernah utak-atik SSL tapi ya gitu gagal, namanya saja kurang ilmu dan pengetahuannya. Masih tetap penasaran bagaimana caranya.

  21. Sertifikat SSL ini untuk WordPress aja ya. Kalo di Blogspot Proses perpindahan http ke httpsnya mudah. Gak perlu sertifikat hehe

  22. Dulu aku gak tahu kalo SSL sertifikat ini penting. Soalnya bikin aman dan nyaman. Setelah tahu, jadi ngeri juga deh buka-buka website yang belom pake. Takut kena sadap 😀

  23. Baru tahu banget kalau pentingnya SSL.
    Selama ini kalau browsingya…browsing aja.
    Bisa ketangkep sama anti-virus yang dipasang di laptop gak…kalau ada yang ga aman-aman gitu?

  24. Yuk berbenah dengan SSL supaya blog atau website tetap aman dan ngeblog makin menyenangkan jadinya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *