Home / Info & Tips / Bisnis & Keuangan / Harus Siap! Inilah Tantangan Manajemen SDM di Era Digital

Harus Siap! Inilah Tantangan Manajemen SDM di Era Digital

Tantangan manajemen SDM di era digital dari tahun ke tahun mengalami perubahan yang cukup pesat. Terutama perubahan pada kebutuhan internet yang semakin tinggi. Satu contoh paling sederhana yaitu dalam urusan merekrut karyawan. Jika zaman dahulu karyawan akan datang langsung ke alamat perusahaan, maka kini tidak lagi. Pelamar cukup menyerahkan berkas dan mengirimnya melalui internet. Hal-hal seperti ini tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi manajemen SDM.

Agar tetap bisa relevan di dunia bisnis dan menaklukkan setiap tantangan zaman, maka dalam hal ini adalah Divisi HR harus memahami tantangan-tantangan manajemen SDM di era digital seperti sekarang ini. Berikut ini beberapa tantangan manajemen SDM di era digital yang perlu Anda ketahui.

Photo by rawpixel.com from Pexels
  • Workforce Planning

Perencanaan karyawan menjadi salah satu tantangan terbesar HR di era digital seperti sekarang ini. Hal ini terjadi karena lingkungan kerja global yang terus menerus mengalami perubahan, sehingga membuat pelaku bisnis, terutama manajemen SDM dihadapkan oleh berbagai isu kritis. Salah satu isu kritis tersebut adalah meningkatnya pengguna teknologi. Pihak manajemen SDM harus responsif dan menyambut dengan pikiran terbuka, agar keberlangsungan bisnis akan dapat berjalan dengan baik.

Untuk menghadapi tantangan ini, maka manajemen SDM perlu memikirkan perencanaan yang matang. Jika Anda adalah bagian dari divisi ini, maka sudah menjadi tugas Anda untuk menjembatani gap antar generasi karyawan. Karena pasti dalam satu perusahaan memiliki golongan atau generasi yang tidak hanya satu. Salah satunya dengan menggunakan software yang berbasis cloud, seperti Sleekr HR.

Photo by Helena Lopes from Pexels
  • Mencari Bakat Unggulan

Tantangan manajemen SDM di era digital seperti ini salah satunya adalah menghadapi kenyataan bahwa akan semakin banyak karyawan dari generasi baby boomer yang mulai memasuki masa pensiun dan harus digantikan dengan generasi millennial, bahkan generasi z.

Oleh sebab itu, sebagai divisi yang memiliki tugas untuk merekrut karyawan dan memiliki tanggung jawab yang besar pada hal demikian, Anda sudah harus siap untuk mencari tahu secara rinci mengenai kedua generasi yang akan menggantikan generasi baby boomer tersebut. Hal ini menjadi sangat penting, karena dengan mengerti kedua generasi tersebut, maka Anda bisa mencari dan mendapatkan talent unggulan dan terbaik untuk perusahaan Anda.

  • Cyber Security

Kebocoran data bukan tantangan baru sebenarnya, karena hal serupa juga pernah marak di sepanjang tahun 2017 lalu. Bahkan di tahun 2018 ini keamanan data dan cyber security masih menjadi salah satu tantangan Manajemen SDM di era digital. Salah satu solusi dalam menghadapi tantangan ini, Anda bisa menggunakan software yang dienkripsi dengan standar kelas dunia dan infrastrukturnya di-host, seperti salah satunya adalah software Sleekr HR.

  • Kemajuan Teknologi yang Semakin Pesat

Tidak dapat dipungkiri memang bahwa di era digital seperti sekarang ini teknologi sudah sangat maju sekali. Mulai dari sisi produksi, pemasaran, sistem keuangan dan akuntansi, maupun manajemen SDM. Meskipun memiliki sisi positif, namun kemajuan tersebut tetap memiliki tantangan yang harus ditaklukan oleh divisi HR.

Apabila Anda menggunakan software seperti Sleekkr HR, Anda akan sangat terbentuk dalam menyelesaikan pekerjaan administrasi dengan cepat, dari mulai mengurus data absensi, gaji karyawan, cuti, hingga menghitung pajak. Prosesnya bersifat otomatis, sehingga Anda bisa memanfaatkan waktu untuk melakukan tugas lain yang lebih krusial.

Perubahan akan terus ada, selagi manusia masih ada di bumi ini dan memiliki pikiran untuk semakin maju. Meskipun setiap perubahan, apapun itu, pastilah memiliki sisi positif dan sisi negatif. Sisi negatif yang biasa terjadi adalah dengan munculnya tantangan untuk menghadapi perubahan yang ada. Tantangan manajemen SDM di era digital seperti yang telah dijelaskan pada point di atas mampu membantu perusahan Anda dalam beradaptasi dan menjadi lebih baik lagi.

About Maya Nirmala Sari

Citizen Journalist. Gemar belajar dan mencoba hal baru. Mencintai bumi dan buah-buahan. Founder Komunitas Kuliner Solo (KuLo). Owner Galeri Craft @Maenequeen

Check Also

Tolong! Saya Butuh Bantuan Bersih-bersih Rumah!

Bahagia berawal dari rumah yang rapi. Kalimat tersebut bukan tanpa alasan, pernahkah Sahabat Nirmala mengalami …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.