Home / Info & Tips / Bisnis & Keuangan / Tips Bisnis Mainan Untuk Pemula Agar Laris dan Untung Banyak

Tips Bisnis Mainan Untuk Pemula Agar Laris dan Untung Banyak

Peluang bisnis mainan cukup menjanjikan.Itu karena mainan dan anak-anak merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Tidak ada anak yang tidak menyukai mainan. Di usia anak-anak, mereka menghabiskan sebagian besar waktunya untuk bermain.  Tidak hanya membuat senang, bermain juga memiliki manfaat positif bagi pertumbuhan sang anak baik untuk perkembangan motorik maupun fisiknya.

Bahkan, kecerdasan sang anak bisa berkembang dengan optimal melalui  kegiatan bermain. Karena hal inilah, banyak orang yang melirik untuk berbisnis mainan. Bisnis ini cocok dilakukan oleh pemula sekalipun karena menjalankannya mudah. Berikut ini adalah tips bisnis mainan yang bisa Kamu perhatikan supaya dapat meraup keuntungan yang besar.

Baca Juga : 5 Tips Bisnis Hijab agar Meraih Keuntungan yang Besar

Tips bisnis mainan (Pict : Pixabay)
Tips bisnis mainan (Pict : Pixabay)

Pilih Jenis Mainan

Tips bisnis mainan yang pertama adalah pilih jenis mainan yang akan dijual. Dari tahun ke tahun perkembangan jenis mainan begitu cepat. Jenis mainan beragam sesuai dengan jenis kelamin dan usia sang anak. Kamu bisa menentukan anak usia berapa yang akan menjadi target market Kamu. Misalnya, Kamu akan menjual mainan untuk anak bayi atau di bawah 2 tahun. Maka jenis-jenis mainan haruslah memenuhi stKamur keamanan yaitu bentuknya besar sehingga tidak akan tertelan.

Tentukan Lokasi Penjualan

Tempat untuk berjualan juga sangat penting. Jika Kamu dapat memilih lokasi berjualan yang strategis, hal ini akan berpengaruh terhadap kemajuan bisnis Kamu. Karena Kamu berjualan mainan, carilah lokasi yang sering dilalui oleh anak-anak.Sebagai contohnya, Kamu bisa memilih tempat yang dekat dengan sekolah atau tempat bermain anak. Sebagai pemula, bila Kamu belum punya modal untuk menyewa tempat, Kamu bisa memulai bisnis mainan secara online.Di era digital ini, jualan online memiliki peluang yang bagus. Kamu bisa menjangkau banyak pembeli yang berada di berbagai wilayah Indonesia.

Baca Juga : Pentingnya Visual Merchandising dalam Bisnis Ritel, Harus Tahu!

Tips bisnis mainan (Pict : Pixabay)
Tips bisnis mainan (Pict : Pixabay)

Pintar Memanfaatkan Momen Tertentu

Jika ada yang bilang bahwa bisnis mainan itu bisnis musiman, itu ada benarnya. Terkadang, bisnis mainan akan mengalami masa-masa sepi seperti pada saat kenaikan kelas. Moment tersebut akan digunakan oleh orang untuk memikirkan keperluan sekolah. Namun, mainan akan laku keras saat moment liburan, idul fitri atau hari natal. Jika Kamu sudah paham mengenai siklus ini, Kamu bisa merencanakan strategi yang tepat sebagai tips bisnis mainan. Sebagai contoh, Kamu bisa menjual mainan dengan promo gratis perlengkapan sekolah pada waktu kenaikan kelas. Hal ini akan memancing para pembeli untuk membeli mainan.

Berikan Diskon 

Jenis permainan mengikuti trend yang sedang berkembang seperti layaknya fashion. Jika jenis permainan sudah tidak ngetrend, maka jenis permainan tersebut akan sepi peminat. Selain masalah itu, anak-anak mudah bosan. Hal tersebut akan membuat Kamu memiliki banyak stok permainan yang tidak laku dengan cepat. Agar tidak terlalu lama menyimpan stok mainan tersebut, Kamu bisa menggunakan sistem diskon. Lebih baik jual murah daripada Kamu harus menanggung rugi.Mainan yang terlalu lama disimpan sangat beresiko mudah rusak.

Pilih Suplier yang Tepat

Agar mendapatkan keuntungan yang besar, Kamu harus pintar mencari supplier.Tips bisnis mainan yang bisa Kamu lakukan adalah pilihlah supplier yang memberikan harga murah sehingga Kamu bisa mengambil laba yang lumayan.Sebelum mengambil barang, Kamu bisa melakukan negosiasi harga agar mendapatkan harga yang lebih murah. Selain negosiasi mengenai diskon, Kamu juga bisa diskusi mengenai sistem pembayaran.

Ada beberapa supplier yang mau bekerja sama dengan cara memberikan pinjaman mainan. Jadi, Kamu hanya perlu membayar jenis permainan yang laku di pasaran saja.Sementara itu, jenis permainan yang tidak laku di pasaran boleh dikembalikan. Sistem kerjasama seperti ini sangat cocok bagi pemula karena akanmeminimalisir kerugian. Selain itu, Kamu bisa menjalankan bisnis mainan tanpa modal yang besar.

Baca Juga : 3 Tips Bisnis Laundry agar Punya Banyak Pelanggan

Tips bisnis mainan (Pict : Pixabay)
Tips bisnis mainan (Pict : Pixabay)

Selain bisnis di bidang kuliner, bisnis mainan ini cukup menggiurkan. Kamu bisa menjalankan tips bisnis mainan di atas sehingga usaha yang kamu rintis dapat mengalami kemajuan. Semoga bermanfaat 🙂

About Maya Nirmala Sari

Citizen Journalist. Gemar belajar dan mencoba hal baru. Mencintai bumi dan buah-buahan. Founder Komunitas Kuliner Solo (KuLo). Owner Galeri Craft @Maenequeen

Check Also

7 Tips Jitu Meningkatkan Traffic Website

Trafic website yang tinggi menjadi salah satu indikator bahwa website disukai pengguna internet. Bagi sebuah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *