Home / Events / Event Solo Raya / Wajib Coba! Kreasi Bakso Bonanza yang Menggoyang Lidah

Wajib Coba! Kreasi Bakso Bonanza yang Menggoyang Lidah

Siapa sih yang nggak kenal bakso? Bisa dibilang, bakso merupakan makanan sejuta umat, saking banyaknya orang yang menggemari makanan berbentuk bulat ini.  Sahabat Nirmala pasti pernah mencicipi beraneka ragam jenis bakso, bukan? Yap, bakso memang bisa dibuat dari beberapa jenis daging. Seperti bakso sapi, bakso ikan, dan bakso ayam.

Secara etimologi, Bak-So berasal dari bahasa Hokkian yang artinya “daging giling”.  Kuliner yang dipercaya berasal dari Tionghoa ini memang dibuat dengan daging yang dihaluskan dengan cara digiling kemudian dicampurkan dengan bahan-bahan lain. Kualitas dari daging yang digunakan sebagai bahan baku sangat mempengaruhi rasa dan tekstur bakso yang dihasilkan. Sayangnya, karena harga daging berkualitas baik terbilang mahal, ada oknum pembuat bakso yang menggunakan banyak bahan pengawet dan pengenyal dalam olahan baksonya. Bahan-bahan kimia tersebut masih aman digunakan dalam makanan, namun sebaiknya tidak dikonsumsi terlalu sering. 

Nah, kabar baik nih! Kalau ada bakso premium daging sapi dari peternakan sendiri dan tanpa bahan pengawet, pasti kita bisa lebih tenang saat menyantap bakso tersebut bukan? Baca artikel ini sampai selesai ya, Nirmala bisikin tentang rahasia Bakso Bonanza kenapa bisa empuk dan kenyal dengan rasa yang lezat. Penasaran ga itu sapi dikasih makan apa? Hehehe.

(foto : bonanza-beef.co.id )

Bonanza Beef Bakso, Berasa Banget Dagingnya!

Belum lama ini, Nirmala menghadiri Event Demo Masak Kreasi Bakso yang diselenggarakan oleh Bonanza Beef. Event yang bertempat di Atrium Utama Solo Square ini menghadirkan Chef Brian Wicaksono. Sudah tahu bukan kalau Chef Brian ini merupakan juara 2 ajang Masterchef Indonesia session 3? Selain berwajah rupawan dan pinter masak, chef ini juga pandai memeriahkan suasana. Gak heran kalau banyak pengunjung yang menghadiri event ini. Mau belajar masak apa mau ketemu Chef Brian, Sist? Hehehe.

Sebelum Chef Brian mulai mendemonstrasikan memasak bakso, pengunjung diperkenalkan dengan bakso premium pendatang baru di Solo nih, apalagi kalau bukan Bakso Bonanza! Ternyata, Bakso Bonanza merupakan bakso daging sapi asli dengan kualitas premium. Bakso yang dibuat tanpa tambahan pengawet ini menggunakan daging sapi berkualitas dari peternakan sendiri, lho. Peternakan sapi yang terletak di Lampung Tengah ini berada di area kebun nanas. Jadi selain diberikan pakan dengan kandungan nutrisi terbaik, sapi-sapi di peternakan ini juga dikasih pakanbuah nanas. Mengingat buah nanas mengandung banyak vitamin dan nutrisi penting, sehingga daging yang dihasilkan akan lebih tasty serta teksturnya lebih empuk dan kenyal. Pantesan Bakso Bonanza rasanya maknyuss banget, sapinya mamam buah nanas, sih.  OMG, unik ya!

Bakso daging sapi asli dari Bonanza Beef itu tanpa diolah pun rasanya sudah enak. Tinggal direbus atas dikukus saja trus dicemilin kalau Nirmala sih sudah doyan banget, hehehe. Nah, apalagi kalau bakso premium dari Bonanza Beef ini dikreasikan menjadi kuliner lezat ala Chef Brian Wicaksono. Dijamin gak mau pulang sebelum nyicipin sendiri!

Dalam Event Demo Masak Kreasi Bakso bersama Chef Brian Wicaksono ini, ada 3 masakan yang diperagakan. Bakso Bonanza dikreasikan menjadi Bakso Bakar Saus BBQ, Bakso Kuah Kari, dan Bakso Kuah Spesial. Semua masakan ini tidak membutuhkan waktu lama dalam persiapan dan proses masaknya, cuma sekitar 30-60 menit saja. Praktis banget, kan?

Resep Kreasi Bakso Kuah Bonanza

Kalau kamu penasaran mau mencicipi Bakso Premium Bonanza Beef ini, nih Nirmala kasih resep praktis yang bisa kamu coba di rumah ya. Kamu bisa beli dulu Bakso Bonanza Beef di Hypermart atau Superindo. Ada yang kemasan 250 gram (isi 16 butir) dan ada yang kemasan 500 gram (isi 33 butir). Terus langsung cuzz deh berkreasi di dapur dengan resep dari website bonanza-beef.co.id berikut ini 🙂

(foto : bonanza-beef.co.id )

Bahan-bahan :

500 gram Bakso Sapi

100 gram Daging Sapi

200 gram Sawi Hijau

200 gram Mie Telur (rebus)

100 gram Bihun (rendam air hangat)

10 siung Bawang Putih

5 siung Bawang Merah

3 sdm Bawang Goreng

1 sdt Garam sesuai selera

2 sdt Minyak Goreng

½ sdt Gula Pasir

1 sdt Kaldu Sapi Bubuk

1/2 sdt Merica Bubuk

1 batang Bawang Daun, ambil bagian hijaunya, iris tipis.

Cara Membuat :

1. Didihkan air, dan masukkan Daging Sapi.

2. Kemudian kecilkan di api sedang lalu masukkan bakso sapi dan rebus sampai bumbu siap. 

3. Haluskan Bawang Putih dan bawang merah dan tumis sampai harum dengan minyak goreng.

4. Setelah ditumis harum masukkan di panci berisi Bakso & Air.

5. Masukkan Merica, Garam, Gula, Kaldu, Bawang goreng, Bawang Daun, dan Sawi Hijau. Masak ± 5 menit sambil diaduk. Sesuaikan rasa dengan selera Anda.

6. Sajikan di atas mangkuk Mie Telur & Bihun kemudian tuang Bakso & Kuahnya ke atas mangkuk.

Mom Blogger Community (MBC)

Wah, senang sekali Nirmala bisa berbagi informasi tentang produk yang lezat dan aman dikonsumsi seperti Bakso Bonanza Beef ini. Apalagi bisa belajar masak bareng chef Brian Wicaksono dan teman-teman dari Mom Blogger Community. Jadi punya rencana buat masak kreasi bakso buat menu ramadhan nanti. Kalau kamu biasanya lebih suka Bakso dimasak apa?

About Maya Nirmala Sari

Citizen Journalist. Gemar belajar dan mencoba hal baru. Mencintai bumi dan buah-buahan. Founder Komunitas Kuliner Solo (KuLo). Owner Galeri Craft @Maenequeen

Check Also

Siapa Peraih Penghargaan Abiwara Pariwisata 2019 sebagai Hotel Berbintang Terbaik Jawa Tengah?

Di Provinsi Jawa Tengah, ada banyak sekali hotel. Mulai dari hotel kelas melati sampai dengan …

52 comments

  1. Bakso Bonanza ini makin bikin penasaran.. membayangkan makan bakso sapi yang sudah makan nanas terlebih dahulu, hehe. Kalau aku suka bakso sih cuma dikasih kuah dan sedikit mie. Tapi lebih suka bikin sendiri, makanya bakso Bonanza ini cocok keknya.

  2. Duh, mbaaaa… aku ngeceeesss iki 😀
    Baksonya wuenak menul menul ndaging banget yhaaa

  3. Bakso selalu jadi makanan favorit ya mbak, apalagi dicampur iga dan dikasih perasan jeruk nipis, sambal pedas… huiiiiihhhh

  4. Baksonya menggoda , jadi ada ide nich untuk stock persiapan bulan Ramadhan

  5. Kalo. Baca resepnya kayanya mudah ya. Nanti aku coba praktekin ah. Apalagi ada baksonya yang sehat gini

  6. boleh dicoba untuk menu berbuka puasa bulan depan ya 😀

  7. wah, aku baru tahu kalau bakso itu dari china mbak, hahahaha.. kudet banget tak.

    Ih, ada bakso ini jadi mau menyajikan bakso di rumah jadi lebih gampang ya mbak. Jadi pengen beli

  8. Penasaran, ih. Kudu dicobain ini. Pengen banget tahu beda dagingnya ya, sebab maem si sapi ajah udah khusus gitu.

  9. Habis masak bakso terus makan ramai-ramai, sedaaap banget jadinya.

    Bakso ini salah satu makanan kesukaan saya kalau hujan. Kuah yang panas, bakso sapi yang enak, hmm.. Makin lahap.

    Sekarang udah bisa bikin bakso sendiri nih kalau udah ada bakso sapi Bonanza.

  10. Aku dan keluargaku termasuk pecinra baso loh mba.. kayaknya bakal ketagihan deh kalau nyobain baso Bonanza ini. Gak usah repot2 beli ke kang bakso.. bisa bikin sendiri dirumah.. mantaapp

  11. Bakso tuh dimasak apa aja enak. Kesukaan si ayah dan anak lanang nih. Selalu sedia bakso di rumah.
    Bonanza udah nyampe Semarang apa belum ya peredarannya? Mupeng pengin nyobain.

  12. Aku jadi lapar pagi-pagi lihat penampakan bakso bakar barbeque, ntar kalo ke Jogja bakalan mampir deh. Dari minggu kemarin pas kesana, gak sempet mampir karena akhirnya pulang lewat Klaten

  13. Aku jadi lapar pagi-pagi lihat penampakan bakso bakar barbeque, ntar kalo ke Solo bakalan mampir deh.

    Tapi bisa dicoba sih resep bakso yang udah ditulis, buat stok buka puasa nanti. Makasih ya udah berbagi resep ala bakso Bonanza

  14. Rasanya memang juara ya mba.. dan memang kalau daging segar pasti hasilnya lain yaaa mba…

  15. Iyap jadi pilihan aku juga nig bakso Bonanza simpen d freezer karena enak halal Dan bener bngt dari daging pilihan jadi rasanya enak

  16. Menggiurkan sekali baksonya, unik lagi sapinya, makan nenas hehe..semoga ada acara beginian juga di Semarang..

  17. Waduuuh judulnya bikin aku jd dejavu sm bakso zaman legendaris di kampung waktu masih di cirebon dulu mba
    Namanha bakso GL alias goyang lidah hahhaa

  18. Aku mau cari Bakso Bonanza juga deh buat stok puasa nanti. Apalagi kan dagingnya betulan daging, gak tipu2. Kalau dibuat kuah dan buka puasa pakai ini, kayanya seger gitu ya

  19. Oh ternyata sapinya diberi makan nanas ya?
    Masuk akal juga sih, kalau kita masak daging tambahkan nanas supaya dagingnya terasa empuk.
    Dan buktinya Bakso Bonanza memang empuk ya …

  20. Nah ini yang aku cari-cari Mak, bakso yang berasa daging sapinya dan kenyal. Soalnya beli bakso yang di warung biasa hanya tepung kanji saja kebanyakan. Nggak berasa daging. Btw, sudah ada belum ya Bonanza di daerah-daerah?

  21. Biasanya saya bikin campuran sop. Jadi gak cuma sayur ajah tapi makin semangat ambil sop banyak2 karena ada baksonya. Bakso yang mbak kreasikan itu gurihnya yg tanpa msg itu kan? Waaah sehat yaaa bisa dimakan anak2

  22. Aku ngiler lihat penampakan bakso Bonanzanya
    Aku beli bakso Bonanza biar praktis Mbak..Tinggal dibikin sop, capcay, bikin bakso sendiri, camouran ke mie….atau dimakan gitu saja sama saus sambal
    Endeuss!!

  23. Aku baru tahu lho mbak kalau bakso itu buatan orang-orang Tionghoa. Pantas saja, banyak film2 Tiongkok yang makanannya daging yg dibulat2 begitu

  24. Bayangin bakso aja bisa bikin aku ngileerr~
    Secara bakso ini beneran makanan paling membuat cewe-cewe merasa berdosa setelah memakannya.
    Hhahaa…
    Saking enaknya, pasti suka lupa kalo uda habis semangkok

  25. Bonanza emang beda dari bakso2 kemasan yang lain soalnya dagingnya beneran lbh banyak dr campuran lain2nya. Biasanya kalau beli suka aku goreng dan aku jadikan lauk mbak hehe

  26. Kalau saya masak bakso di sop, kadang digoreng aja anak-anak udah seneng.

    Wah bakso bonanza pas di buat persediaan di freezer selama ramadhan, klo bangun sahur kesiangan tinggal goreng aja

  27. enak banget ini baksonya, berasa daging tapi gak keras, anak2ku doyan banget dan udah minta beli lagi :))

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *