Home / Tamasya / Jawa / Wisata Kampung Kerapu Situbondo Jawa Timur

Wisata Kampung Kerapu Situbondo Jawa Timur

Berwisata ke pantai dan menghabiskan waktu bermain air dan berenang di sekitar pantai mungkin sudah menjadi sesuatu yang umum. Tetapi berwisata di pantai sembari mengenal tentang budidaya keramba ikan tentu menjadi pengalaman yang berbeda.Wisata Kampung Kerapu Situbondo bisa menjadi pilihanmu untuk berlibur.

Ya, jika Kamu berkunjung ke wisata Kampung Kerapu Situbondo, kamu akan menemui wisata pantai yang tidak biasa. Pasalnya di sini kamu tidak hanya akan bertemu pantai dan air seperti wisata pantai lainnya. Di wisata Kampung Kerapu Situbondo Kamu akan disuguhkan dengan pemandangan puluhan keramba ikan yang ‘dikemas’ dengan sentuhan berbeda. Puluhan Keramba Ikan di sini bisa Kamu nikmati dari atas dermaga cantik yang mengapung dan sengaja dibentuk unik. Penasaran seperti apa? Simak yuk.

Menikmati Senja di Dermaga Apung

Puluhan Keramba ikan yang berjajar rapi di sekitar perairan wisata Kampung Kerapu Situbondo bisa Nikmati dengan berjalan kaki diatasnya, ada Dermaga apung yang menjorok ke tengah laut. Dermaga sepanjang 300 meter yang terbuat dari kayu tersebut dibuat dengan bentuk melingkar diatas air. Bentuknya sangat Instagenic jika dilihat dari atas.

Kamu bisa menyapa ikan-ikan di keramba dengan lebih dekat melalui dermaga apung. Wisata Kampung Kerapu Situbondo berada di perairan yang tenang, berjalan kaki diatas Dermaga Apung menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Terutama jika sore hari, kamu bisa menikmati panorama senja dari atas dermaga apung yang indah diatas perairan yang tenang. Jangan lupa berswafoto dan abadikan momen indah menikmati matahari tenggelam di tengah laut dari atas dermaga apung.

Baca Juga : Liburan Penuh Makna dengan Wisata Budaya di Solo

Dermaga Apung Kampung Kerapu Situbondo (foto : Sigitdim)
Dermaga Apung Kampung Kerapu Situbondo (foto : Sigitdim)

Berperahu wisata di Kampung Keramba Situbondo

Selain berjalan kaki diatas dermaga apung salah satu alternative menikmati wisata Kampung Kerapu adalah dengan memanfaatkan fasilitas yang telah disediakan oleh pengelola tempat wisata tersebut. Salah satunya adalah dengan menyewa perahu wisata. Kamu bisa menggunakan fasilitas perahu wisata untuk berkeliling mengnjungi keramba yang ada di tengah air. Kamu juga bisa menyewa peralatan memancing dan memancing berbagai jenis ikan yang dibudidayakan di sini.

Berwisata di sini memang tidak semata-mata bertujuan sebagai wahana rekreasi tetapi juga sebagai bentuk edukasi pengenalan kekayaan sumber daya perairan dan juga konservasi hayati. Tujuannya agar masyarakat merasa dekat dengan laut dan mau berkontribusi dalam menjaga kelestarian laut dan kekayaan hayati di dalamnya. Buat Kamu yang ingin menikmati keseruan di Kampung Kerapu Situbondo, kamu bisa langsung datang ke Dusun Gundil, Desa Klatakan,  Kecamatan Kendit, Situbondo. Untuk lokasi pastinya bisa ikuti rute di Google Map. Lokasinya mudah di jangkau dan akses jalannya juga cukup bagus.

Baca Juga : Air Terjun Parang Ijo di Lereng Gunung Lawu

Fasilitas Perahu di Kawasan Keramba Situbondo (foto : ngurahsindhudarmawan)
Fasilitas Perahu di Kawasan Keramba Situbondo (foto : ngurahsindhudarmawan)

Menikmati Semilir Angin di Jalur Pedestrian Gundil

Buat Kamu yang ingin bersantai sambil menikmati semilir angin, selain berjalan ke tengah Dermaga Apung, Kamu bisa berjalan kaki di kawasan Pedestrian Gundil.  Jalur pejalan kaki sepanjang 30 meter ini sengaja dibuat untuk para pengunjung. Jika sore hari area ini ramai dikunjungi warga sekitar yang ingin menikmati panorama di sekitar lokasi wisata Kampung Kerapu.

Baca Juga : Pesona Wisata Tebing Batu Putih di Sumenep

Pedestrian di Sekitar Wisata Kampung Kerapu Situbondo (foto : oliviaagstn)
Pedestrian di Sekitar Wisata Kampung Kerapu Situbondo (foto : oliviaagstn)

Wisata Kampung Kerapu Situbondo memang termasuk destinasi wisata baru, namun daya tarik tempat wisata ini telah menjadi bagian dari wisata Situbondo yang wajib dikunjungi. Buat kamu yang pengen bikin acar Outing Kantor atau Family Gathering yang beda, Edu Wisata Kampung Kerapu bisa menjadi salah satu pilihan.

Untuk pengunjung eduwisata dikenakan tarif masuk sebesar 35.000 untuk 3 jam per satu orang. Sedangkan untuk paket memancing di keramba satu hari penuh, tarif yang dibandrol mulai 50.000 per orang, dengan fasilitas antar jemput perahu dan air mineral.

Yang ingin datang bersama keluarga dan menikmati hidangan dengan menu ikan kerapu, kakap atau lobster yang ditangkap sendiri langsung dari keramba, bisa juga mengambil paket yang telah tersedia. Harganya dipatok dari 75.000 s/d 250.000.

Baca Juga : Wisata Sekitar Stasiun Malang yang Layak Dikunjungi

Wisata Kampung Kerapu Situbondo (foto : fiqrimuharik)
Wisata Kampung Kerapu Situbondo (foto : fiqrimuharik)

Wahh, ternyata berlibur ke Situbondo menarik juga, ya! Keseruan berwisata di Kampung Kerapu tentu sayang jika dinikmati sendirian. Jadi Kamu mau mengajak siapa kesana?

Editor : Maya Nirmala Sari

 

About Ivana

Check Also

Wisata Sekitar Stasiun Malang yang Layak Dikunjungi

Kota Malang memang sudah sangat terkenal sebagai salah satu kota wisata. Kota Malang adalah sebuah kota yang terletak di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *