Home / Wisata / City Tour / Wisata Sekitar Stasiun Malang yang Layak Dikunjungi

Wisata Sekitar Stasiun Malang yang Layak Dikunjungi

Kota Malang memang sudah sangat terkenal sebagai salah satu kota wisata. Kota Malang adalah sebuah kota yang terletak di Provinsi Jawa Timur, Indonesia, kota terbesar kedua di Jawa Timur setelah Surabaya, dan kota terbesar ke-12 di Indonesia. Kota ini didirikan pada masa Kerajaan Kanjuruhan dan terletak di dataran tinggi seluas 145,28 km 2 yang terletak di tengah-tengah Kabupaten Malang.

Kota Malang yang berbukit-bukit menyimpan banyak sekali destinasi wisata alam yang menarik dikunjungi. Tapi berwisata di kota malang tidak melulu harus ke wisata alam. Ada pilihan lain lho buat kamu yang hobi jalan-jalan. Kamu bisa berjalan jalan-jalan di tempat wisata di sekitar stasiun Malang.

(foto : nanikaje)
(foto : nanikaje)

Asyiknya Swafoto di  Kampung Warna Jodipan

Berkunjung ke Kota Malang lebih asyik menggunakan moda transportasi kereta api. Pilih rute yang turun di stasiun  Malang. Tempat wisata di sekitar stasiun Malang pertama yang bisa Kamu jelajahi adalah Kampung Warna-warni Jodipan. Kampung yang terletak di kelurahan Jodipan, Kecamatan Blimbing ini cuma 10 menit ditempuh berjalan kaki dari stasiun Kota Malang.

Baca Juga : Bikin Penasaran! Inilah 16 Wahana Permainan di Saloka Park dan Harga Tiket Masuknya

kampung Warna Jodipan, Wisata sekitar Stasiun Malang (foto : dinis_nura)
kampung Warna Jodipan, Wisata sekitar Stasiun Malang (foto : dinis_nura)

Lokasi wisata kekinian yang sengaja dibuat sedemikian rupa agar para pengunjung bisa berswafoto dengan latar belakang yang menarik. Ada banyak pilihan lokasi agar koleksi swafotomu makin menarik saat diunggah ke media sosialmu. Ada tembok dan tangga warna-warni, jembatan kaca, lorong berpayung dan masih banyak lagi yang lainnya . Kamu cukup mengeluarkan biaya 6.000 perorang atau jika menggunakan kendaraan bermotor ada tarif parkir 2000 saja.

Berkeliling kampung warna warni Jodipan, biasanya menghabiskan waktu sekitar satu jam. Ada baiknya datang datang sebelum jam 10 pagi, agar tidak terlalu berdesakan dengan pengunjung lainnya, apalagi jika Kamu datang di akhir pekan atau di masa-masa liburan. Sambil berkeliling Kamu juga bisa sambil menikmati jajanan yang banyak dijual di sekitaran kampung warna-warni Jodipan. Seperti cilok, arbanat, dan jajanan kaki lima lainnya.

Bertemu Iron Man di Kampung Tridi

Kampung Tridi, Wisata sekitar Stasiun Malang (foto : benysatria)
Kampung Tridi, Wisata sekitar Stasiun Malang (foto : benysatria)

Destinasi wisata di sekitar stasiun Malang selanjutnya adalah kampung Tridi, hemm… mungkin Kamu bertanya-tanya Tridi itu nama orang? Atau nama leluhur? Ternyata bukan Tridi diambil dari 3D alias 3 dimensi. Nah langsung paham kan, ada apa saja di kampung Tridi?

Yups, berjarak 5 menit berjalan kaki dari Kampung warna warni Jodipan, Kampung Tridi menyiapkan lukisan-lukisan dinding dengan pola 3 dimensi yang pasti akan memanjakan Kamu berswafoto. Di kampung Tridi, kamu akan dikenakan biaya masuk 5000 per orang.

Baca Juga : Candi Sambisari di Sleman yang Syahdu untuk Piknik Santai

Kampung Tridi, Wisata sekitar Stasiun Malang (foto : muthiakanza)
Kampung Tridi, Wisata sekitar Stasiun Malang (foto : muthiakanza)

Selain lukisan di dinding, banyak sekali lukisan 3 dimensi lain, seperti tanah yang seolah berlubang, orang yang seolah mengintip dari jendela dan masih banyak lagi bahkan ada lukisan beberapa superhero seperti Iron Man dll. Kamu cukup memastikan memakai baju yang pas ya. Jangan lupa optimalkan kamera dan hapemu, karena kamu bebas berfoto di kampung Tridi untuk koleksi media sosialmu.

Segarkan Diri dengan Es Dawet Ayu

Lelah berkeliling, saatnya menikmati kuliner tradisional. Di kampung Tridi, kamu bisa mencari para pedagang makanan dan minuman yang banyak di area sekitaran antara Kampung Tridi dan Kampung warna warni Jodipan. Salah satu minuman favorit di kawasan ini adalah es dawet ayu. Wisata di sekitar stasiun Malang belum lengkap rasanya jika belum menikmati minuman segar yang satu ini.

Harga es dawet ayu murah meriah banget kok, segelas es dawet hanya dihargai 5000 saja. Sambil menikmati lalu lalangnya pengunjung dua kampung tersebut, Kamu bisa bersantai karena biasanya para penjual menyiapkan beberapa kursi plastik yang berjajar rapi di sekitar tempat berjualan mereka.

Baca Juga : Rawon Cak Sukar Jogja dengan Kuah Gurih yang Lezat

Ilustrasi Es Dawet, Wisata sekitar Stasiun Malang (foto : shutterstock)
Ilustrasi Es Dawet, Wisata sekitar Stasiun Malang (foto : shutterstock)

Wah-wah seru banget ya, wisata di sekitar stasiun Malang saja sudah banyak pilihan destinasinya. Tidak perlu membawa bekal terlalu banyak, jika ingin melanjutkan perjalanan ke lokasi wisata lain Kamu bisa menggunakan jasa trasnportasi umum seperti kereta atau bus. Jangan lupa pastikan jadwal keberangkatan kereta berikutnya, jika kamu berencana pergi dan pulang di hari yang sama.

About Wagito Hafidz

Check Also

Wisata Kampung Kerapu Situbondo Jawa Timur

Berwisata ke pantai dan menghabiskan waktu bermain air dan berenang di sekitar pantai mungkin sudah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *